Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 1 “Benda-Benda di Sekitar Kita”

Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 1 “Benda-Benda di Sekitar Kita”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 1 dengan kajian tentang Benda-Benda di Sekitar Kita.

Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya?

Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.

Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang.

Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas?

Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.

Ayo kit alanjutkan belajar materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 1 ini….

Benda Terbuat dari Kayu

Di sekitarmu banyak sekali benda yang terbuat dari kayu. Beberapa di antaranya adalah meja, kursi, dan lemari. Kayu juga digunakan untuk membuat benda kerajinan. Misalnya, patung dan pigura.

Kayu adalah bagian dari pohon. Untuk memperoleh kayu, kita harus menebang pohon. Kemudian mengambil bagian batang untuk diolah menjadi berbagai macam benda. Perubahan dari batang kayu menjadi benda-benda tersebut melalui proses yang berbeda-beda.

Pertama, batang pohon ditebang. Batang pohon yang telah ditebang disebut kayu gelondongan atau log. Kemudian, log dikirim ke pabrik atau pusat penggergajian. Pengiriman log menggunakan angkutan khusus. seperti truk melalui darat atau kapal melalui sungai.

Setelah itu, log dipotong-potong sesuai keperluan. Untuk menghindari jamur dan serangga yang dapat menyerang kayu, maka kayu perlu dikeringkan. Cara hanya dengan dijemur. Kayu dijemur sekitar 2 hingga 4 minggu. Setelah dijemur, kayu siap diolah sesuai keperluan.

Kayu dapat dipilih menjadi bahan dasar benda. Mengapa? Karena kayu mempunyai banyak keunggulan.

Keunggulan kayu adalah mudah dibentuk. Beberapa benda yang terbuat dari kayu jati dapat bertahan sampai puluhan bahkan ratusan tahun. Kelemahan benda berbahan kayu adalah tidak tahan api, sehingga mudah terbakar. Namun, ada beberapa jenis kayu yang mudah terserang rayap atau serangga lainnya.

Kertas di Sekitar Kita

Banyak benda yang terbuat dari kertas. Seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran juga terbuat dari kertas.

Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas. Pembuatan kertas dilakukan secara bertahap di pabrik. Kayu-kayu besar dipotong hingga sebesar korek api. Setelah itu, kayu dipanaskan hingga menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.

Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan airnya habis. Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan.

Cobalah kamu menulis di atas kaca. Apakah hasil tulisanmu di atas kaca seperti di kertas? Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta pulpen dengan baik. Dengan demikian, semua yang kamu tulis di kertas dapat dibaca dengan jelas.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Benda

Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayu, kertas, dan plastik. Perhatikan benda-benda yang ada di rumahmu. Benda yang kamu gunakan sehari-hari. Adakah benda yang bukan berasal dari kayu, kertas, atau plastik? Tuliskan bahan yang digunakan untuk membuat benda-benda tersebut.

Benda dari Kaca

Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain gelas, piring, mangkuk, kaca mata, akuarium, jendela, dan peralatan laboratorium.

Kaca memiliki sifat kedap air dan tembus cahaya. Oleh karena itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.

Benda dari Logam

Coba amati benda yang ada di rumahmu! Adakah benda yang dibuat dari logam? Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok makan, kerangka mobil, dan pagar rumah.

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

Benda dari Karet

Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet.

Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan.

Video Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 1 “Benda-Benda di Sekitar Kita”

  

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 1 tentang Benda-Benda di Sekitar Kita di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 1 “Benda-Benda di Sekitar Kita”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 1 tentang Benda-Benda di Sekitar Kita di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5fc64c76ec3162001b4ccd70/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 1 “Benda-Benda di Sekitar Kita”

Demikianlah bahan ajar online Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 1 tentang Benda-Benda di Sekitar Kita yang bisa kami sajikan untuk Anda semua. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan