Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 “Wujud Benda”

Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 “Wujud Benda”

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 dengan kajian tentang Wujud Benda. Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya. Keberadaan benda mempermudah manusia melaksanakan aktivitasnya.

Ada benda yang terbentuk di alam dan ada benda yang dibuat oleh manusia. Batu, air, dan pasir merupakan benda yang terbentuk di alam. Mobil, gunting, dan kertas merupakan benda yang dibuat oleh manusia.

Benda dapat dikelompokkan dalam tiga wujud. Wujud apa sajakah itu? Yuk, kita pelajari materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 bersama.

Wujud Benda

Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas.

Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas.

Sifat-Sifat Benda

Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda yang lainnya. Misalnya, sifat meja berbeda dengan sifat cermin, sifat kain berbeda dengan sifat plastik, dan sebagainya.

Dengan melihat, meraba, atau memegang suatu benda, kita akan dapat mengetahui sifat-sifat suatu benda. Sifat-sifat suatu benda, antara lain, ada yang halus, kasar, lunak, basah, bahkan ada benda yang bercahaya.

Contoh benda yang kasar, antara lain, batu, pasir, dan kulit pohon. Contoh benda yang lunak, antara lain, pisang, lilin, dan roti. Contoh benda yang basah, antara lain, air, es batu, dan semangka yang telah dikupas. Contoh benda yang bercahaya, antara lain, api, matahari, dan lampu listrik yang sedang menyala.

Contoh benda yang memiliki permukaan halus, antara lain, kapas, bulu, kain, dan kaca. Tentunya masih banyak sifat-sifat lain dari benda-benda di sekitar kita.

Seperti telah dikemukakan sebelumnya, benda terdiri dari tiga wujud, yaitu benda padat, cair, dan gas. Masing-masing wujud benda memiliki sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat tertentu tersebut dapat dilihat, di antaranya dari bentuk dan isinya.

Sifat-Sifat Benda Padat

Meja dan batu termasuk benda padat. Mengapa demikian? Coba cocokkan sifat meja dan batu dengan sifat benda padat berikut ini!

  1. Bentuk benda padat selalu tetap. Artinya adalah jika benda itu dipindahkan ke mana pun, bentuknya tidak akan berubah.
  2. Besar benda padat selalu tetap. Artinya adalah jika benda itu dipindahkan ke mana pun, besarnya selalu tetap.

Selain meja dan batu, penggaris juga termasuk benda padat. Mungkin kamu dapat mencari contoh benda padat lainnya.

Sifat-Sifat Benda Cair

Air termasuk benda cair. Bagaimanakah bentuk air yang terdapat di dalam botol? Bagaimanakah bentuk air yang terdapat di dalam gelas? Bentuk air tersebut berubah sesuai dengan bentuk wadahnya.

Benda cair memiliki sifat-sifat, sebagai berikut.

  1. Bentuknya selalu berubah menyesuaikan bentuk wadahnya. Artinya adalah jika air dimasukkan ke dalam botol, maka bentuknya akan seperti botol. Jika air dimasukkan ke dalam gelas, maka bentuknya akan seperti gelas. Demikian seterusnya.
  2. Volumenya selalu tetap. Misalnya, air di dalam gelas yang memiliki volume 50 ml dimasukkan ke dalam botol, maka volume air di dalam botol masih tetap 50 ml.

Selain air, contoh benda cair yang lain adalah kecap, sirup, alkohol, dan minyak. Coba sebutkan contoh-contoh yang lain.

Sifat-Sifat Benda Gas

Udara termasuk benda gas. Di dalam paru-paru kita terdapat udara. Bila kita hembuskan udara ke dalam sebuah balon karet, maka balon akan menggelembung besar.

Mengapa balon dapat menggelembung setelah kita tiup? Karena udara dari paru-paru tersebut mengisi seluruh ruangan balon.

Udara di dalam pompa, bentuknya seperti pompa dan volumenya sebesar volume pompa. Bila udara di dalam pompa kita pompakan ke dalam ban sepeda, maka udara tersebut akan berubah bentuk seperti ban sepeda.

Udara di dalam botol, bentuknya seperti botol dan volumenya sebesar volume botol. Bila air kita masukkan ke dalam botol, maka udara yang berada di dalamnya akan terdesak keluar dan bergabung dengan udara sekitar.

Berbentuk seperti apakah udara di dalam kamar tidur kita, di dalam bola sepak, di dalam perahu karet, atau di dalam benda-benda yang lain?

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa udara atau benda gas mempunyai sifat-sifat, sebagai berikut.

  1. Bentuk benda gas selalu berubah sesuai dengan bentuk wadahnya. Artinya, bila udara berada di dalam botol, maka bentuk udara tersebut akan seperti botol.
  2. Volume benda gas selalu berubah dan memenuhi ruangan yang ditempatinya. Artinya, bila udara berada di dalam botol, maka volume udara tersebut akan sama dengan volume botol.

Video Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 “Wujud Benda”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 tentang Wujud Benda di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 “Wujud Benda”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 tentang Wujud Benda di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5bc17531a47a52001adffb74/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 “Wujud Benda”

Demikianlah bahan ajar online Materi IPA Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 tentang Wujud Benda yang bisa kami sajikan untuk Anda semua. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan