Cara Agar Rumah Terhindar Dari Jin dan Setan

Cara Agar Rumah Terhindar Dari Jin dan Setan

Loading...

Cara Agar Rumah Terhindar Dari Jin dan Setan – Memiliki rumah yang aman, nyaman dan harmonis adalah harapan setiap keluarga. Rumah yang memiliki aspek-aspek tersebut bisa disebut dalam pepatah Arab baity jannaty yang berarti rumahku surgaku.

Namun syaitan seringkali mengganggu manusia dari sejak zaman nabi Adam sampai akhir zaman. Rumah adalah salah tempat yang sering didiami syaitan. Syaitan akan menganggu penghuni rumah dengan berbagai tabiat buruknya. Jangan sampai rumah kita dimasuki olehnya.

Maka saya dari itu sobat membaca tulisan tentang cara agar rumah terhindar dari jin dan setan berikut ini:

Selalu ucapkan salam dan berzikir saat masuk rumah

Allah berfirman, “Apabila kalian masuk ke rumah-rumah maka ucapkanlah salam (kepada penghuninya) kepada diri-diri kalian sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberkahi lagi baik.” (QS. An Nur: 61).

Ini adalah perintah Allah agar kita selalu ucapkan salam saat masuk rumah, baik rumah sendiri maupun rumah orang lain. Salam adalah budaya seorang muslim yang menunjukkan tingkat kesopanan. Salam menghindarkan rumah dari dimasuki syaitan.

Berdoa saat makan dan minum

Dari shahabat Jabir bin Abdillah, Rasulullah bersabda,

“Apabila seseorang masuk ke rumahnya lalu ia berzikir kepada Allah saat masuknya, dan ketika hendak menyantap makanannya, maka berkatalah syaithan, “Tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak ada makan malam.” (Namun) jika ia masuk rumah dalam keadaan tidak berzikir kepada Allah ketika masuknya, berkatalah setan, “Kalian mendapatkan tempat bermalam.” Jika ia tidak berzikir kepada Allah ketika makannya, berkatalah setan, “Kalian mendapatkan tempat bermalam sekaligus makan malam.” (HR. Muslim).

Hadist sahih ini menerangkan bahwa berdoa dan berdzikir saat makan, akan menghindarkan syaitan untuk makan makanan tersebut. Sebaliknya jika saat makan kita tidak berdoa, maka syaitan akan ikut makan bersama kita. Makanan yang telah dimakan syaitan akan mengurangi nilai keberkahannya.

Rajin Membaca Al Qur’an

Berbagai manfaat Al Qur’an diantaranya adalah untuk melindungi rumah dari ancaman syaitan. Syaitan teramat suka rumah yang tidak dihiasi dengan amalan ibadah. Syaitan akan nyaman tinggal di tempat yang penuh maksiat.

Maka dari itu jangan sampai rumah kita menjadi rumah untuk syaitan. Kita bisa hiasi rumah dengan membaca Alquran, mendengar murotal, sholat sunah dan amal saleh lainnya. Ini adalah salah satu cara agar rumah terhindar dari jin dan setan yang paling ampuh sekaligus membuat kita dan keluarga kita memiliki kehidupan yang semakin indah.

Membaca Surat Al Baqarah

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya syaithan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah.” (HR. Muslim). 

Kita tidak boleh membuat rumah kita menjadi kuburan, ramaikanlah rumah dengan amal shaleh. Bacalah Al-Qur’an seperti surat Al Baqarah, karena surat ini memiliki keutamaan yang bisa membuat syaitan tidak mau tinggal di rumah kita. Ketika syaitan mendengar lantunan surat ini, mereka akan lari terbirit-birit dan menjauhi rumah orang yang rajin membaca surat Al Baqarah.

Melakukan Sholat Sunnah

Rasulullah bersabda, “Semestinya bagi kalian untuk mengerjakan shalat di rumah-rumah kalian karena sebaik-baik shalat seseorang adalah di rumahnya terkecuali shalat wajib.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Terangilah rumah dengan sholat Sunnah, karena sebaik-baik sholat dilakukan di rumah kecuali sholat wajib, terutama untuk kaum laki-laki, sementara untuk perempuan Sebaik-baik sholat baik wajib maupun Sunnah dilakukan di rumah.

Sholat akan membawa suasana positif untuk rumah. Lakukan Sholat Duha, Sholat Tahajud secara rutin agar rumah kita bebas dari gangguan syaitan.

Demikianlah ulasan ringkas kami mengenai cara agar rumah terhindar dari jin dan setan. Semoga bermanfaat, dan salam bahagia selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan