Tips Mengatur Keuangan Pribadi

Tips Mengatur Keuangan Pribadi ala Raditya Dika

Loading...

Tips Mengatur Keuangan Pribadi ala Raditya Dika – Raditya Dika merupakan publik figur Indonesia yang banyak diikuti orang. Raditya Dika berhasil sukses dalam menjalani bidang penulis buku, sutradara film, stand up comedian serta sebagai Youtuber.

Ternyata kesuksesannya ini dilakukan bukan dengan langkah sembarangan lho. Terutama dalam mengatur masalah uang. Raditya Dika punya langkah-langkah sendiri dalam mengelola keuangannya agar tetap baik.

Daripada menunggu lama, alangkah lebih baik bila kita langsung membaca tips mengatur keuangan pribadi ala Raditya Dika berikut ini.

Belilah sesuatu untuk kesenangan sendiri bukan orang lain

Banyak orang ketika membeli barang melihat kesan orang lain terlebih dahulu. Membeli barang karena ingin dilihat orang lain, mencari barang branded yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan kita. Jika sudah seperti ini jangan heran kalau pengeluaran boros.

Tidak usah malu untuk menghargai diri sendiri, jika kita bekerja dan mendapatkan uang itu adalah hak kita. Belilah sesuatu yang kita sukai, belilah sesuatu yang bisa menambah semangat dan gairah hidup. Barang favorit bukan berarti harus mahal, yang penting makna dari barang tersebut yang bisa membuat kita menyukainya.

Pemasukan lebih banyak dari pengeluaran

Penting untuk merencanakan keuangan secara matang agar tidak terjadi masalah pengeluaran banyak tapi pemasukan sedikit. Masalah seperti ini bila tidak dicari solusinya akan semakin memperburuk kondisi keluarga.

Mulai belajar untuk berhemat dan menyusun skala prioritas. Ini penting agar kita tidak kehilangan petunjuk saat menghadapi situasi sulit. Carilah peluang untuk menghasilkan uang tambahan, ini akan bisa membantu menyeimbangkan pendapat serta pengeluaran.

Belajar Investasi

Belajarlah untuk berinvestasi kalau perlu sejak kecil. Bentuk investasi seperti emas, reksa dana, surat utang negara bisa dijadikan awal pijakan bagi para pemula untuk memulai investasi. Risiko untuk mengalami kerugian juga relatif kecil. Bahkan barang seperti emas harganya bisa meningkatkan dari tahun ke tahun.

Bila sudah berpengalaman kita bisa beranjak untuk belajar Investasi dalam bentuk saham, forex (foreign exchange) dan sebagainya. Zaman sekarang berinvestasi juga tak perlu ribet. Kini dengan 500 perak pun sudah bisa berinvestasi.

Menambah pemasukan

Jika dirasa keuangan kita menipis terus, tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup alangkah baiknya kita berani melangkah untuk mencari pemasukan alternatif. Jangan terpaku dengan satu jenis pekerjaan saja. Eksplorasi kemampuan diri dan jangan ragu untuk mencoba.

Cari kesukaan kita apa, keterampilan kita apa. Ini akan membuat kita lebih terang arah tujuannya. Jika kita bisa mendesain maka bukanlah usaha desain dan contoh kecil lainnya.

Gunakan uang saat bertransaksi

Salah satu tips simpel namun efektif untuk mengatur keuangan keluarga adalah membeli barang pakai uang bukan menggunakan kartu ATM. Ada efek psikologis tersendiri yang terjadi saat kita membeli dengan uang.

Membeli dengan uang menghindarkan kita dari risiko boros. Karena kita benar-benar melihat bentuk fisik dari uang dan ini menimbulkan rasa sayang untuk berbelanja secara boros.

Demikianah beberapa tips mengatur keuangan pribadi dari Raditya Dika yang mungkin berguna untuk Anda. Salam investasi (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan