Penyebab Selalu Kekurangan Uang

Penyebab Selalu Kekurangan Uang Yang Harus Kita Hindari

Loading...

Penyebab Selalu Kekurangan Uang – Pernah gak sobat merasa kalau uang yang dimiliki selalu kekurangan? Sudah bekerja dan melakukan banyak upaya tapi masih saja kurang, kira-kira apa penyebab masalah tersebut?

Sebelum bahas lebih lanjut kita semuanya tahu bahwa antara hidup dengan uang memang sesuatu yang tidak bisa dipisahkan bukan? Meskipun bukan penentu kebahagiaan dalam hidup, akan tetapi kalau tidak ada uang dan selalu kurang akan memicu beberapa masalah.

Yang namanya rezeki memang sesuatu yang unik, datangnya tidak diduga perginya pun juga begitu. Akan tetapi kalau kita bisa lebih pandai dalam mengelola uang pasti tidak akan mengalami masalah kekurangan uang. Baiklah sobat, di kesempatan yang baik ini saya akan mencoba memberikan beberapa Analisa mengenai penyebab selalu kekurangan uang yang perlu kita hindari dalam keseharian kita.

6 Penyebab Selalu Kekurangan Uang Dalam Sehari-hari

1. Tidak Bisa Mengontrol Pengeluaran Uang Dengan Baik

Yang pertama adalah dari segi pengeluaran yang sering tidak terkontrol karena menuruti nafsu belaka. Biasanya orang yang seperti ini adalah orang yang mudah tergoda dengan barang belanjaan, makanan enak dan sejenisnya.

Saat keinginannya muncul dia akan langsung mengeluarkan uang dengan mengucapkan “masalah yang lain pikir nanti saja” dan akhirnya mengeluarkan banyak uang tanpa terkontrol dengan baik.

Hindarilah kebiasaan ini dengan mampu mengontrol diri untuk sesuatu yang sekiranya kurang penting. Kebiasaan ini kalau terus dilakukan, mau uang berapa pun ujung-ujungnya akan habis dan kurang lagi.

2. Tidak Ada Perencanaan Keuangan Yang Matang

Yang kedua tidak adanya perencanaan keuangan yang matang. Jadi buatlah planning atau daftar prioritas keuangan dengan baik agar segala pengeluaran lebih teratur dan bisa tepat sasaran.

Caranya adalah mengelompokkan tingkat kebutuhan dengan benar. Contoh cara merencanakan keuangan antara lain :

  • Hitung dan cukupi kebutuhan pokok terlebih dahulu (makan, bayar sewa, uang transport)
  • Buat perencanaan wajib menyisihkan uang, meskipun nilainya kecil tidak masalah
  • Buatlah planning untuk pembelian barang tertentu dari jauh hari sebelumnya

3. Terlalu Banyak Menuruti Gengsi

Penyebab selanjutnya selalu kekurangan uang adalah terlalu banyak menuruti gengsi. Biasanya orang seperti ini banyak malu, tapi dalam hal yang kurang tepat. Misalkan malu memakai barang murah, malu makan makanan yang murah, malu untuk tidak shooping, malu untuk tidak traveling, padahal keuangannya sebenarnya tidak mampu untuk mencukupi itu semua.

Perilaku seperti ini biasanya juga terpengaruh oleh lingkungan yang saling pamer dan sejenisnya. Kalau bisa abaikan omongan orang lain dan bergayalah sesuai kemampuanmu, dengan begitu kamu akan lebih nyaman dan hidup lebih cukup dalam hal keuangan.

4. Terlalu Banyak Aktivitas Yang Menyebabkan Pengeluaran Lebih

Semua orang memiliki deretan aktivitas dalam sehari-hari. Namun kalau diteliti tidak semua aktivitas yang dilakukan itu penting dan mendesak. Contohnya adalah aktivitas yang kurang penting yang memicu pengeluaran keuangan seperti nongkrong-nongkrong, hangout atau bahkan sampai begadang yang terlalu sering, dan beberapa kegiatan lainnya.

Kalau aktivitas semacam ini tidak hanya membolongkan kantong untuk konsumsi yang tidak perlu, tapi juga berpengaruh buruk pada kesehatan, yang ujung-ujungnya juga keluar dana untuk berobat. Agar tidak merugi dalam hal keuangan, prioritaskan aktivitas mana yang baik dan harus dilakukan dan mana yang sekiranya tidak penting dan harus dikurangi.

5. Penghasilan Terlalu Kecil

Faktor yang lain adalah penghasilan memang terlalu kecil. Misalkan saja Anda sudah mulai bertambah tanggungjawabnya, mungkin sudah memiliki anak, atau anak bertambah besar, atau ada hal-hal lain yang memang menyebabkan peningkatan biaya hidup.

Maka penting untuk meningkatkan penghasilan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mungkin bisa dengan berbisnis atau menambah waktu kerja dan yang lainnya. Banyak kok cara-cara sederhana untuk menghasilkan uang tambahan. Penulis juga selain memang hobi nulis juga karena ada uang tambahan yang didapat selain gaji kerja kantoran.

Untuk ibu-ibu rumah tangga apa lagi. Ada banyak pilihan bisnis yang cocok untuk dicoba. Salah satunya adalah bisnis dengan memanfaatkan barang-barang bekas atau jualan online.

6. Tidak Punya Pengetahuan Tentang Menabung dan Investasi

Yang terakhir adalah tidak adanya pengetahuan atau memang tidak mau membiasakan diri untuk menabung dan berinvestasi. Hal ini juga bisa memicu kekurangan uang, karena tidak adanya cadangan dan juga antisipasi khusus untuk masa-masa tidak ada penghasilan.

Perilaku belajar menabung sangat penting untuk kita praktikkan, meskipun sedikit yang penting rutin. Karena dengan membiasakan menabung meskipun sedikit secara otomatis akan memperbaiki pola pikir dan perilaku kita terhadap uang setiap harinya.

Demikian sobat mengenai penyebab kenapa kita sering atau selalu kekurangan uang yang perlu kita hindari. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih. Salam belajar kapan saja dan di mana saja (maglearning.id).

Loading...

2 comments

Tinggalkan Balasan