begadang dapat menyebabkan

Jangan Begadang! Karena begadang dapat menyebabkan dampak buruk

Bagi sebagian orang menjalani aktifitas di malam hari mereka dengan tidur dan beristirahat, namun ada sebagian lagi yang sangat senang menghabiskan malam mereka untuk begadang. Nah, ternyata kebanyakan begadang bisa berbahaya. Begadang dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan dan mudah sakit.

Begadang sendiri kadang menjadi mengasikkan, apalagi buat sobat yang hobi nongkrong bareng temen atau yang lainnya. Namun tahukah sobat kalau yang namanya kebiasaan begadang ini bukanlah sebuah kebiasaan yang baik. Kebiasaan ini bisa menjadikan seseorang mempunyai imunitas rendah, mudah terkena penyakit dan memberikan beberapa dampak negatif lainnya.

Apakah sobat termasuk orang yang hobi begadang? Lebih baik kurangi dari sekarang, sebelum terlambat. Karena kalau bukan untuk keperluan yang mendesak, selain membuang waktu juga akan merugikan diri sendiri.

Loading...

Yang namanya tubuh punya titik lelah dan harus bersitirahat dengan cukup. Kali ini saya akan menjelaskan beberapa akibat dari kebiasaan ini agar sobat semakin yakin untuk mengurangi dan berhenti begadang.

Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan

1. Imunitas Rendah Dan Mudah Terserang Penyakit

Yang pertama sudah saya singgung di pembukaan di atas yakni menurunnya imunitas tubuh dan menjadikan seseorang mudah terserang penyakit, dari penyakit yang ringan bahkan mampu mengundang penyakit kronis. Karena memang tubuh kita memerlukan istirahat cukup dari berbagai macam rutinitas yang sudah dijalani, saat tidur seseorang akan mengalami metabolisme, penggantian sel-sel dalam tubuh dan juga kesempatan bagi tubuh untuk mengumpulkan energi baru.

Dengan kebiasaan begadang tersebut, tubuh kita tidak mempunyai banyak waktu tersebut yang akibatnya imunitas menurun dan mudah sakit. Jenis penyakit yang dipicu oleh orang yang gemar begadang bisa berupa hipertensi, anemia dan beberapa penyakit lainnya.

2. Susah Berkonsentrasi dan Emosional

Dampak buruk begadang yang kedua adalah sulitnya berkonsentrasi dan juga emosional alias lebih marah. Jika sobat pernah mengalaminya, pasti membenarkan pernyataan saya barusan. Seseorang yang begadang di malam hari, siangnya akan sulit untuk fokus dalam memikirkan sesuatu, entah karena ngantuk atau memang kinerja otak yang lemah karena kurang istirahat.

Selain itu biasanya akan lebih cepat marah, karena saat seseorang kurang tidur otot dan syaraf dalam otak akan lebih tegang. Sementara itu mood seseorang yang kurang tidur akan sangat buruk dan sensitif.

3. Mudah Kecelakaan

Dampak buruk begadang yang selanjutnya adalah berhubungan kecelakaan. Banyak kecelakaan yang terjadi di jalan raya karena mengantuk bukan? Dan hal itu disebabkan salah satunya karena kurang istirahat di malam hari alias begadang. Dalam hal lain juga memicu seseorang mudah kecelakaan dalam bekerja apabila di malam harinya mereka tidak memastikan kecukupan waktu tidur.

4. Menurunkan gairah seksual

Loading...

Selain beberapa dampak diatas, bisa juga menjadikan penurunan gairah dalam berhubungan seksual. Hal ini khususnya yang sudah berumah tangga. Jangan sampai hanya karena kebiasaan begadang menjadikan hubungan rumah tangga tidak harmonis gegara kebutuhan seksual terganggu.

Jelas sekali gairah seksual akan menurun, karena orang yang begadang biasanya akan menjadikannya lebih lemah, mood yang kurang bagus, dan juga berdampak pada organ vital yang kurang sehat tentunya karena kurang istirahat dengan cukup. Selain itu juga ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa seseorang yang terbiasa begadang akan mengalami penurunan libido yang lumayan tinggi.

5. Penurunan Produksi Hormon dan Obesitas

Dampak selanjutnya masih dalam hal kesehatan yakni menurunkan produksi hormon dalam tubuh dan memicu seseorang lebih mudah obesitas. Dalam hal ini menurunnya hormone pertumbuhan hingga hormone testosterone yang bisa mengakibatkan penumpukan lemak berlebih yang mempermudah seseorang terkena obesitas.

Faktor lain yang menyebabkan obesitas adalah tidak terkontrolnya nafsu makan seseorang di siang hari karena malamnya banyak begadang. Hal ini disebabkan karena rasa lapar berlebihan efek begadang di malam hari.

Seperti kata bang haji Rhoma Irama, “begadang jangan begadang, kalau tiada artinya”, memang benar dan perlu kita terapkan dalam keseharian kita. Karena dengan itu, seseorang akan mempunyai imun kuat, sehat tubuh dan sehat otak, serta menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit.

Demikian sobat mengenai dampak buruk begadang yang perlu kita hindari dalam keseharian. Kerena begadang dapat menyebabkan dampak buruk yang bisa membuat kita menyesal. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan