Penyebab kegagalan dalam bekerja

Penyebab kegagalan dalam bekerja, Wajib Tahu!

Loading...

Penyebab kegagalan dalam bekerja bisa bermacam-macam. Ada yang datang dari luar, namun sebagian besar sebenarnya bersumber dari dalam diri kita sendiri. Artikel ini akan membahas sedikit tentang itu.

Setiap orang yang bekerja dalam perusahaan memiliki pencapaian berbeda-beda,  ada yang sukses,  ada yang biasa saja,  dan bahkan ada yang gagal dalam bekerja. Lalu hal-hal apa saja yang menyebabkan seseorang gagal dalam bekerja?  Ini perlu Anda pelajari agar tidak terjadi. 

Penyebab seseorang gagal dalam bekerja bisa disebabkan faktor internal maupun eksternal.  Faktor internal bisa disebabkan karena perilaku,  keahlian dan kebiasaan yang sering dilakukan dalam bekerja.  Sedangkan faktor eksternal bisa berasal dari luar atau terpengaruh hal-hal lain.  Agar lebih mudah dipahami,  berikut adalah contoh beberapa hal yang menjadi penyebab kegagalan dalam bekerja. Simak ulasannya berikut ini.

1. Tidak disiplin dalam menggunakan waktu bekerja dan waktu diluar bekerja

Yang namanya disiplin menggunakan waktu merupakan hal yang sangat penting. Ini juga salah satu hal yang menentukan gagal atau suksesnya Anda dalam bekerja.  Misalkan saja Anda mampu menggunakan waktu yang baik dalam bekerja pasti hasilnya akan lebih maksimal. Mulai dari selalu datang tepat waktu,  memanfaatkan jam kerja dan jam  istirahat dengan baik. 

Kemudian penting untuk menggunakan waktu diluar jam kerja dengan baik. Contoh jika di malam hari Anda tidur dengan cukup,  besoknya bekerja akan maksimal.  Kalau sering begadang,  dalam bekerja akan mudah sekali melakukan kesalahan.  Sampai disini Anda sudah tahu,  bahwa waktu keseharian Anda bisa mempengaruhi sukses atau tidaknya Anda dalam bekerja. 

2. Kurangnya motivasi untuk sukses dalam bekerja

Faktor selanjutnya adalah kurang motivasi dalam bekerja. Alias tidak mempunyai tujuan yang jelas dan bekerja dengan malas-malasan.  Kalau Anda termasuk orang yang seperti itu,  ya pasti akan gagal dalam menjalani pekerjaan Anda. Cara mengatasinya adalah dengan menaruh emosi-emosi positif. Agar aktifitas bekerja Anda menjadi lebih semangat.  Contohnya Anda bekerja demi orang yang Anda sayang,  bekerja demi impian besar yang Anda cita-citakan dan beberapa motivasi lain yang mampu menyemangati Anda. Dengan begitu Anda akan dijauhkan dari kegagalan dalam bekerja. 

3. Tidak fokus dalam bekerja

Faktor yang lain yang menyebabkan sesorang gagal dalam bekerja adalah tidak fokus. Misalkan saja bekerja dengan tekanan tinggi dari masalah-masalah dalam hidup. Biasanya bekerja selalu dengan fikiran terganggu. Atau mungkin ada faktor-faktor lain yang menyebabkan seseorang tersebut tidak fokus dengan apa yang dia kerjakan. Tentu jika tidak fokus hasilnya tidak akan maksimal. Solusinya adalah selesaikan masalah-masalah yang menggangu fikiran Anda tersebut agar Anda bisa kembali fokus dalam bekerja. 

4. Tidak mau disiplin mentaati peraturan dalam bekerja

Seorang yang bekerja akan diharuskan mentaati setiap peraturan yang Ada. Dan beberapa peraturan tersebut dibuat tentu untuk kebaikan perusahaan dan kebaikan karyawan itu sendiri. Jika seorang karyawan tidak taat aturan,  sudah pasti akan mudah gagal meniti karir dalam bekerja.  

Atau kalau memang Anda tidak cocok dengan aturan perusahaan, Anda lebih baik keluar dan menjadi wirausaha.  Daripada memaksakan diri bekerja bisa merugikan diri sendiri dan juga merugikan perusahaan

5. Tidak memiliki inisiatif dalam bekerja

Orang-orang yang sukses berkarir dalam bekerja adalah mereka yang memiliki inisiatif yang tinggi.  Selalu aktif dan bahkan banyak menyumbangkan pemikiran dan ide kreatif mereka pada perusahaan.  Lalu bagaimana jika tidak memiliki inisiatif apapun? Ya pasti akan menjadi biasa,  tidak punya nilai lebih dan pada moment penting sepeti pengangkatan karyawan tetap akhirnya tidak bisa terpilih,  artinya termasuk gagal dalam bekerja. 

6. Tidak mempunyai keahlian khusus dalam bekerja

Yang menjadikan seseorang menjadi spesial adalah mereka memiliki kelebihan. Begitu juga dalam bekerja,  yang membedakan biasanya adalah keahlian khusus. Kalau Anda memiliki keahlian khusus biasanya perusahaan akan mempertimbangkan Anda dengan baik. Kalau Anda biasa-biasa saja ya tidak akan di anggap spesial oleh perusahaan. 

Solusinya coba Anda tambah keahlian Anda dengan mengikuti sebuah kursus di hari libur. Atau bisa juga dengan mempelajari keahlian baru yang bisa dipergunakan dalam perusahaan Anda. Dengan begitu karir Anda dalam bekerja akan lebih mudah berkembang. 

Demikian adalah hal-hal yang menjadi penyebab kegagalan seseorang dalam bekerja. Dan tentu saja hal-hal tersebut harus Anda hindari agar bisa sukses karir Anda. Semoga yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat dan hidup Anda semakin menyenangkan. Terima kasih (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan