Kinerja Otak

Tanpa Disadar, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kinerja Otak

Dalam melakukan aktifitas sehari-sehari, semua gerakan tubuh dan aktifitas yang kita jalani dikontrol terpusat oleh otak. Artinya, kinerja otaklah yang menentukan aktifitas kehidupan kita.

Otak sendiri bisa melakukan semua fungsinya asalkan dalam keadaan sehat dan berfungsi dengan maksimal. Bicara mengenai kemampuan otak dalam bekerja dipengaruhi oleh 2 faktor, yakni faktor internal dari dalam tubuh dan juga faktor eksternal yang akan merangsang otak itu sendiri.

Otak akan menjadi lebih sehat dan bekerja secara maksimal apabila di dirawat dengan baik dan didukung dengan aktifitas yang bagus. Namun tanpa disadari seseorang kadang sering melakukan beberapa kebiasaan yang justru bisa menurunkan kinerja otak itu sendiri. Bahkan jika kebiasaan buruk tersebut terus dilakukan, maka akan menyebabkan kerusakan otak yang lebih parah.

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Dan Menurunkan Kinerja Otak

1. Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Loading...

Segala sesuatu yang kita konsumsi dan masuk kedalam tubuh kita akan memberikan dampak tertentu. Baik itu untuk kesehatan organ tubuh maupun untuk otak kita. Kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat yang menyebabkan kurangnya asupan protein, vitamin, omega 3 jelas akan menurunkan kinerja otak karena bahan yang dibutuhkan bekerja oleh otak tidak ada sangat terbatas.

Kemudian beberapa jenis makanan dan pola makan tidak sehat juga akan menjadikan kinerja otak menurun, antara lain sebagai berikut :

  • Sering makan terlalu kenyang
  • Kebanyakan makan garam
  • Konsumsi rokok dan alkohol
  • Konsumsi makanan cepat saji
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung zat kimia.

Maka dari itu penting sekali bagi kita memperhatikan apa yang kita makan setiap hari agar memiliki kondisi otak yang sehat dengan kemampuan kinerja yang maksimal.

2. Kurangnya Melakukan Olahraga

Olahraga adalah sebuah faktor penting yang menunjang kesehatan seseorang, tidak terkecuali untuk kesehatan otak kita. Orang yang rajin berolahraga akan memiliki peredaran darah yang lancar di seluruh tubuh termasuk otak kita. Selain itu olahraga juga bisa memberikan beberpaa manfaat untuk otak kita, anta lain seperti :

  • Meningkatkan fokus
  • Meningkatkan kemampuan daya ingat
  • Menjadikan suasana lebih rileks
  • Menjadikan otak lebih fresh untuk berfikir
  • Menjadikan otak lebih responsive

Melihat beberapa fakta diatas, tentu saja jika seseorang yang sangat kurang olaharaganya akan mengalami penurunan fungsi otak mereka.

3. Kebiasaan Melamun dan Malas Berfikir

Bagi sobat yang sering melamun, bermalas-malasan, dan juga malas dalam berfikir lebih baik diperbaiki kebiasaan tersebut karena juga bisa berpotensi merusak kinerja otak. Melamun akan membawa perasaan dan otak kita kedalam sesuatu yang tidak realistis dan akan mengurangi sensitifitas terhadap kejadian di sekitar kita.

Selain itu jika kita sering bermalas-malasan, sama halnya dengan sebuah alat yang tidak pernah diasah. Begitulah otak, semakin jarang dilatih akan semakin tumpul kemampuannya.

Loading...

Untuk menghindari dampak buruknya, usahakan untuk sobat banyak melakukan aktifitas daripada sering bengong dan bermalas-malasan. Selain bagus untuk otak, juga akan menjadikan diri kita lebih pandai dalam memanfaatkan waktu yang ada.

4. Sering Begadang dan Kurang Istirahat

Kebiasaan begadang juga memiliki dampak bagi kesehatan kita. Mulai dari kondisi imunitas yang lebih rendah, hingga menurunnya kinerja otak kita. Otak kita selalu membutuhkan waktu istirahat yang cukup setelah memikirkan banyak hal dalam aktifitas sehari-hari. Dan jika kita sering begadang, otak akan terus aktif, kelelahan dan lambat laun akan mengalami kerusakan.

Hal itu juga disebabkan ketika seseorang tidak cukup tidur tidak akan mampu memperbarui sel otak secara maksimal.

5. Tidak Segera Mengatasi Depresi

 Di dalam hidup kita yang namanya menghadapi suatu masalah dalam kehidupan ini memang sudah lumrah, dan biasa dialami semua orang. Namun jangan sampai membuat Anda depresi terlalu lama. Ini akan memberikan beberapa dampak yang tidak bagus untuk tubuh kita. Mulai dari imunitas menurun hingga kinerja otak yang kacau, melemah dan bahkan mengalami kerusakan.

Loading...

Sobat pasti pernah melihat orang stress yang kehilangan kesadaran mereka? Biasanya mereka disebabkan karena tekanan depresi tinggi yang tidak segera diatasi yang akhirnya merusak kinerja otak bahkan ke tingkat kesadaran.

Memang terkadang kita selalu menyepelekan beberapa aktifitas diatas. Namun sebelum terlambat dan merugikan diri sendiri, alangkah lebih baik jika kita melakukan pencegahan sejak dini sehingga otak kita menjadi lebih sehat, lebih cerdas dan bisa membawa kita pada pribadi yang sukses di kemudian hari. Bagaimanapun juga semua aktifitas yang kita lakukan adalah bermula dari otak kita, kalau otak kita sehat dan maksimal dalam bekerja, pastinya akan mendukung hasil yang maksimal dalam keseharian kita.

Baiklah sobat, demikian tadi beberapa contoh kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak kinerja otak yang perlu kita hindari. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan