Manfaat Anak Memiliki Hobi

Manfaat Anak Memiliki Hobi: Penting Diketahui!

Loading...

Manfaat Anak Memiliki Hobi – Ada banyak stigma dari orang tua tentang hobi anaknya. Mereka khawatir bahwa hobi anaknya berdampak buruk terhadap masa depan anak. Orang tua khawatir hobi anaknya akan mengganggu nilai akademis anaknya. Apalagi nilai akademis sekarang ini sering dipakai acuan kecerdasan seseorang.

Dari kekhawatiran itu orang tua membatasi bahkan melarang anak memperdalam hobinya. Stigma seperti ini perlu diluruskan karena tidak semua hobi akan berdampak negatif. Tergantung cara menyikapinya, hobi bisa menjadi sarana positif untuk anak.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat ulasan manfaat anak memiliki berbagai hobi berikut ini.

Mampu mengobati Stres

Manfaat anak memiliki hobi berikutnya adalah dapat mengurangi stres. Hobi adalah sesuatu yang menyenangkan. Hobi adalah sesuatu yang bisa dikerjakan berjam-jam dan tanpa beban. Anak yang memiliki hobi akan memiliki kesehatan jiwa yang bagus. Mereka akan bahagia menjalani hidup dan terhindar dari stres.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, di mana anak semakin bosan bila di rumah saja tanpa kegiatan. Ditambah dengan belajar dari rumah yang masih belum banyak diseting sebagai pembelajaran menyenangkan. Para guru dan orang tua masih khawatir hasil belajar mereka anjlok akibat belajar tanpa tatap muka.

Sebenarnya ini bukan salah mereka, juga bukan salah guru, apalagi orang tua. Hanya saja kita harus sadar bahwa sekarang ini memang kondisinya bukan kondisi yang wajar. Tidak perlu membebani semua pihak dengan beban yang seperti biasa, termasuk pada anak-anak.

Sebagai orang tua jangan membatasi hobi selama itu positif. Jika anak hobi bernyanyi biarkanlah ia bernyanyi dengan lagu ia suka. Jika dirasa anak memiliki potensi di sana, segera arahkan anak pada wadah yang tepat. Siapa tahu dimasa depannya ia akan menjadi penyanyi yang sukses.

Kalaupun tidak, mereka akan mengalami apa yang dinamakan belajar sendiri, yaitu kerangka belajar yang bertanggung jawab pada pembelajarannya sendiri. Ketika mereka belajar terkait dengan hobinya maka ia telah melakukan sebuah proses pembelajaran. Hal demikian tentu akan berdampak pula pada proses pembelajaran dari sisi akademik.

Meningkatkan fokus dan perhatian

Hobi yang dimiliki anak memiliki banyak manfaat positif untuk perkembangannya. Anak yang sedari dini sudah mengetahui hobinya akan memiliki proses berpikir yang bagus. Mereka akan lebih memahami hal-hal detail, ini penting untuk meningkatkan kreativitas mereka.

Mereka juga akan memiliki jiwa yang lebih kreatif dan yang paling penting hobi akan membuat mereka lebih mudah fokus pada tujuan dan penyelesaian masalah. Mereka akan lebih termotivasi untuk memecahkan masalah jika masalah itu terkait dengan hobi yang mereka sukai.

Memupuk Rasa Percaya Diri

Hobi adalah sarana yang bagus untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri anak. Terlebih bila kita memiliki anak yang pemalu, yang sulit memperlihatkan dirinya kepada orang lain. Memperkenalkannya pada hobi yang ia sukai. Akan perlahan membuat anak lebih terbuka dan percaya diri.

Ketika anak sudah mahir dalam hobi tertentu mereka akan lebih percaya diri dalam mengekspresikan perasaannya. Ia akan lebih percaya diri, karena merasa mampu melakukan sesuatu yang dianggap berharga.

Hargailah setiap progres capaian yang mereka lakukan. Biasanya mereka akan sangat suka menunjukkan hasil karyanya pada orang terdekat. Maka dari itu penting untuk orang tua mengetahui minat dan bakat anak.

Pintar bersosialisasi

Sosialisasi adalah aspek yang penting dalam kehidupan anak. Anak yang memiliki sosialisasi yang bagus akan memiliki peluang besar untuk sukses. Salah satu cara agar anak mudah bersosialisasi adalah membebaskannya memperdalam hobi.

Ajak anak mengikuti kursus, komunitas, atau lomba yang sesuai dengan hobinya. Dengan ini anak akan lebih mudah mendapatkan teman yang cocok atau mentor yang bisa membimbing anak mengejar mimpinya.

Mereka juga bisa masuk dalam komunitas hobi yang positif. Tak jarang dari sebuah komunitas hobi dapat membentuk portofolio keahlian mereka. Banyak kok dari para pakar yang telah sukses di bidangnya ternyata dimulai dari sebuah hobi yang ditekuni.

Manfaat anak memiliki hobi memang kadang berakhir pada karier profesional yang cemerlang. Sangat banyak contohnya, mulai dari fotografer, sineas, penyanyi, olahragawan, dan asih banyak lagi.

Anak akan mendapatkan ilmu dan pengalaman baru

Hobi memiliki hubungan dengan gairah dan passion seseorang. Hobi adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan anak tentang belajar hal baru dengan menyenangkan. Hobi bisa membuat anak betah belajar dalam kurun waktu yang lama. Anak juga akan mendapatkan pengalaman baru yang akan berguna untuk masa depannya kelak. Selama anak masih dalam koridor yang tepat sudah selayaknya lah orang tua mendukung anaknya.

Nah, saya kira cukup sekian bahasan saya tentang manfaat anak memiliki hobi. Selama itu positif sudah pasti banyak manfaat positif yang mereka dapat. Mudah-mudahan hobi anak-anak kita berakhir pada suatu ujung yang manis, yaitu kesuksesan bagi mereka, sukses dunia akhirat.

Semoga bermanfaat, salam sehat selalu dan belajar menyenangkan kapan saja di mana saja (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan