bagian-bagian mikroskop cahaya

Mengenal dan Menggunakan Mikroskop (Pembelajaran IPA Kelas 7)

Mikroskop adalah salah satu alat penting dalam pengamatan dan penyelidikan terutama pada obyek-obyek yang kecil. Sudah barang tentu ini sangatlah penting walaupun banyak orang menyepelekan hal-hal kecil, juga termasuk organisme mikro, walaupun sebenarnya justru kehidupan kita ini sangat ditentukan oleh organisme mikro tersebut.

Mikroskop berfungsi untuk melihat dan mengamati benda-benda yang sangat kecil. Benda-benda yang sangat kecil ini tidak bisa dilihat secara kasat mata (mata telanjang). Benda-benda ini disebut sebagai benda mikroskopis.

Orang hebat yang berjasa dalam menemukan mikroskop adalah Hans dan Zacharias Janssen. Hans Janssen dan anaknya, Zacharias Janssen, berasal dari Belanda adalah orang yang membuat kacamata di abad ke-16. Nah, suatu hari di tahun 1590-an, ayah dan anak ini memasang lensa pada ujung setiap tabung yang kemudian menjadi cikal bakal mikroskop.

Bagian-bagian Mikroskop

Pada Gambar di atas kamu dapat mempelajari mikroskop cahaya (gambar a) beserta bagian-bagian dan fungsinya. Selain itu, kamu juga akan mengenal mikroskop elektron (gambar b) yang biasa digunakan untuk melihat mikroorganisme yang tidak dapat dilihat dengan mikroskop cahaya.

Tabel Bagian-bagian Mikroskop dan Fungsinya

Bagian OptikBagian MekanikFungsi
Lensa okuler Lensa yang berhubungan dengan mata langsung pengintai atau pengamat yang berfungsi untuk memperbesar bayangan objek. Ada 3 buah lensa, yaitu dengan perbesaran 5 x, 10 x, dan 15 x.
Lensa objektif Lensa yang berada di dekat objek/ benda berfungsi untuk memperbesar bayangan benda. Susunan lensa biasanya terdiri atas 3 atau 4 buah dengan perbesaran masing-masing 4 x, 10 x, 45 x, dan 100 x.
Diafragma Untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk ke lensa objektif.
Cermin ada dua, yaitu cermin datar dan cekung Cermin berfungsi untuk mengarahkan cahaya pada objek. Cermin datar digunakan ketika cahaya yang dibutuhkan terpenuhi, sedangkan cermin cekung digunakan untuk mengumpulkan cahaya.
 Tabung mikroskop (Tubus)Untuk menghubungkan lensa okuler dan lensa objektif.
 Meja sediaan (meja preparat)Sebagai tempat meletakkan objek atau preparat yang diamati. Bagian tengah meja terdapat lubang untuk melewatkan sinar.
 Klip (penjepit objek)Untuk menjepit preparat agar kedudukannya tidak bergeser ketika sedang diamati.
 Lengan mikroskopUntuk pegangan pada saat memindahkan atau membawa mikroskop.
 Pemutar halus (mikrometer)Untuk menggerakkan (menjauhkan/mendekatkan) lensa objektif terhadap preparat secara pelan/halus.
 Pemutar kasar (makrometer)Untuk menggerakkan tubus ke atas dan ke bawah secara cepat.
 KondensorUntuk mengumpulkan cahaya yang masuk, alat ini dapat diputar dan dinaikturunkan.
 Sekrup (engsel inklinasi)Untuk mengatur sudut atau tegaknya mikroskop.
 Kaki mikroskopUntuk menyangga atau menopang mikroskop.

Silakan simak video ini untuk mengetahui bagian-bagian dari mikroskop cahaya beserta fungsinya.

Langkah-langkah menggunakan mikroskop

Menggunakana mikroskop tidaklah sulit. Silakan baca langkah-langkah penggunaan berikut ini:

1) Ambillah mikroskop dari kotak penyimpanannya. Tangan kanan memegang bagian lengan mikroskop dan tangan kiri memegang alas mikroskop. Kemudian, mikroskop diletakkan di tempat yang datar, kering, dan memiliki cahaya yang cukup.

2) Putar revolver, sehingga lensa objektif dengan perbesaran lemah berada pada posisi satu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi ”klik” pada revolver.

3) Pasang lensa okuler dengan lensa yang memiliki ukuran perbesaran sedang. Cahaya tampak terang berbentuk bulat (lapang pandang), seperti yang terlihat pada gambar. Hal tersebut dapat diperoleh dengan cara berikut.

  • Atur diafragma untuk mendapatkan cahaya yang terang.
  • Atur cermin untuk mendapatkan cahaya yang akan dipantulkan ke diafragma sesuai kondisi ruangan. Pengaturan dilakukan dengan cara melihat melalui lensa okuler (apakah lapang pandang sudah terang/jelas?).
Loading...

Ingat bahwa: beberapa mikroskop telah dilengkapi lampu, sehingga tidak perlu mencari cahaya, cukup mengatur posisi diafragma yang sesuai dengan kebutuhan cahaya terang dan lurus dengan lensa okuler dan objektif.

4) Siapkan preparat yang akan diamati, kemudian letakkan di meja. Aturlah agar bagian yang akan diamati tepat di tengah lubang meja preparat. Kemudian, jepitlah preparat itu dengan penjepit objek.

5) Aturlah fokus untuk memperjelas gambar objek dengan cara berikut.

  • Putar pemutar kasar (makrometer) secara perlahan sambil dilihat dari lensa okuler. Pemutaran dengan makrometer dilakukan sampai lensa objektif berada pada posisi terdekat dengan meja preparat. Ingat: Jangan memutar makrometer secara paksa karena akan menekan preparat dan menyebabkan peparat rusak/pecah/patah.
  • Lanjutkan dengan memutar pemutar halus (mikrometer), untuk memperjelas bayangan objek.
  • Jika letak preparat belum tepat, kaca objek dapat digeser dengan lengan yang berhubungan dengan penjepit. Jika tidak tersedia, preparat dapat digeser secara langsung.

6) Setelah preparat terlihat, untuk memperoleh perbesaran kuat gantilah lensa objektif dengan ukuran dari 10 x, 40 x, atau 100 x dengan cara memutar revolver hingga bunyi klik. Usahakan agar posisi preparat tidak bergeser. Jika hal ini terjadi, kamu harus mengulangi dari awal.

7) Setelah selesai menggunakan mikroskop, bersihkan mikroskop dan simpan pada tempat penyimpanan.

Simak video berikut ini sebagai contoh penggunaan mikroskop di sekolah

Mikroskop Elektron

Loading...

Mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang mampu untuk melakukan pembesaran objek sampai 2 juta kali. Ya, sampai dua juta kali, gak kebayangkan?. Mikroskop ini menggunakan elektro statik dan elektro magnetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar serta memiliki kemampuan pembesaran objek serta resolusi yang jauh lebih bagus daripada mikroskop cahaya. Contoh kemampuan pembesaran mikroskop elektron ini bisa kamu lihat di video berikut.

Latihan Soal tentang mengenal dan menggunakan mikroskop

NB:

Media pembelajaran online ini kami kembangkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara online hasil para guru-guru kreatif Indonesia. Adanya media ini juga untuk mendukung kreatifitas mereka, video pembelajaran yang kami gunakan kami ambil langsung dari channel YouTube mereka. Video-video tersebut kami embedd di media ini, sehingga tidak mengurangi viewer mereka, justru akan menambah viewer mereka serta meningkatkan rating pencariannya.

Mohon maaf, karena ribuan soal yang kami input jadi ada beberapa soal yang kunci jawabannya salah, mohon jangan kecewa karena itu semata-mata adalah kesalahan kami sebagai manusia. Bila menemukan kesalahan tersebut silakan kirim tangkapan layar (screenshot) kesalahan tersebut kepada kami di email ghofurach@gmail.com atau melalui Whatsapp di 085648017971. Bisa juga melalui komentar di laman ini disertai dengan keterangan subtema berapa. Terimakasih….

One comment

Tinggalkan Balasan