Penemuan Muslim Yang Mengubah Dunia

Penemuan Muslim Yang Mengubah Dunia

Loading...

Penemuan Muslim Yang Mengubah Dunia – Umat Islam pernah mengalami kejayaan pada era kekhalifahan sekitar abad ke 12. Umat Islam pada era itu mengalami kemajuan yang pesat-pesatnya. Bahkan peradaban Islam lebih maju daripada peradaban barat.

Memang, masa keemasan dunia tidak melulu berpusat di barat. Kita tahu bahwa peradaban kuno yang dianggap maju pada masanya pernah ada di Asia yaitu di Mesir dengan piramida sebagai bukti nyatanya. Pernah juga di Amerika dengan peninggalan tak terbantahkan dari suku Maya.

Keemasan dunia juga pernah berpusat di Eropa yaitu pada jaman kejayaan Yunani, setelah itu bergeser ke Asia lagi yaitu di sekitaran Arab ketika jaman keemasan Islam. Lalu bergeser lagi ke Eropa dan Amerika, dan saat ini ada tanda-tanda bisa bergeser ke Asia lagi.

Kita sudah tahu bahwa banyak sekali terobosan teknologi telekomunikasi yang terlahir dari Asia. Misalnya layar lengkung, di mana Korea Selatan hadir sebagai inovator utama. Teknologi 5G yang juga diinisiasi oleh negara Asia lainnya yaitu Tiongkok atau China yang sempat memanaskan hubungan Amerika dengan Cina dengan pembatasan produk-produk Huawei yang nota bene adalah andalan teknologi China.

Nah, itu tadi pergeseran pusat keilmuan dan perkembangan dunia yang pernah diwarnai oleh para ilmuan muslim di era kejayaan Islam. Namun, di era sekarang umat Islam seakan mengalami kemunduran hampir di segala bidang.

Kini umat Islam seakan menjadi penonton dari digdayanya peradaban barat. Untuk membangkitkan semangat kita sebagai umat muslim. Di artikel ini akan dibahas tentang penemuan penemuan umat muslim yang mengubah dunia.

Kamera

Yaps, kamera adalah penemuan penting yang ternyata ditemukan oleh seorang muslim. Seorang ilmuwan bernama Ibnu Haytam atau lebih dikenal dengan nama Al Hazen, merupakan orang yang mengembangkan kamera untuk pertama kalinya.

Berdasarkan ilmu optik yang sudah ditemukan di Cina. Ia mulai meneliti tentang konsep penglihatan dan pada akhirnya Ibnu Haytam menciptakan kamera pinhole. Penemuan ini akhirnya dijadikan rujukan oleh ilmuwan barat untuk membuat kamera yang lebih canggih.

AL Hazen adalah seorang ilmuwan Islam yang ahli di bidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafat. Ia juga banyak melakukan penelitian mengenai cahaya, dan telah memberikan banyak inspirasi pada ahli sains barat dalam menciptakan mikroskop serta teleskop.

Kopi

Menikmati rasa dan aroma kopi merupakan hal yang disukai banyak orang. Namun tahukah kita bahwa minuman yang satu ini ditemukan oleh peradaban muslim. Ditemukan pertama kali ditahun 1400 Masehi di daerah Yaman.  Kopi digunakan oleh para sufi untuk keperluan ibadah. Kopi dapat membantu mereka terjaga saat beribadah dimalam hari.

Dari sinilah akhirnya kopi berkembang ke berbagai tempat seperti: Kairo, Istanbul, dan Damaskus. Saat ini kopi bisa kita temui di seluruh belahan dunia mana pun.

Gitar

Gitar adalah salah satu alat musik paling banyak disukai di seluruh dunia. Gitar memiliki nada yang beragam dan bisa menjadikan sebuah lagu menjadi indah. Gitar juga merupakan penemuan Islam yang patut dibanggakan. Gitar pertama kali diciptakan oleh kaum Moor yang tinggal di semenanjung Arab.

Kemudian Islam menginvasi Andalusia ini membawa pengaruh juga pada budaya Islam yang juga ikut menyebar ke sana. Akhirnya gitar berkembang di Spanyol, dan terus meluas hingga seluruh dunia.

Aljabar

Pastinya kita yang pernah duduk di bangku sekolah pasti belajar aljabar. Aljabar adalah salah satu materi pada pelajaran matematika yang hingga kini masih diterapkan. Aljabar diciptakan oleh ilmuwan Islam, Muhammad Al khawarizmi .

Ilmu aljabar ia susun dalam buku Al kitab Al Mukhtasar fi hisab aljabar wa l muqabala. Al Jabar sendiri memiliki arti penyelesaian. Al Khawarizmi menjelaskan konsep dasar Al Qur’an dan penerapannya dalam perhitungan zakat. Ternyata penemuan ini adalah salah satu penemuan umat muslim yang mampu mengubah dunia.

Institusi pendidikan pertama

Hal yang patut kita banggakan sebagai orang muslim adalah penemuan institusi pendidikan pertama didunia pertama kali ditemukan oleh peradaban Islam. Pada awalnya, pusat pendidikan Islam berada di masjid. Kemudian semakin berkembang dan pada tahun 859 Masehi dibukalah. Institusi pendidikan formal pertama yang bernama Madrasah Karaouine di Maroko.

Di sana murid dan guru dikumpulkan dalam suatu tempat untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Baik ilmu agama maupun ilmu dunia. Sementara universitas pertama didunia adalah Universitas Al Azhar. Universitas ini adalah institusi pendidikan pertama yang memberikan gelar pada lulusannya.

Pesawat terbang

Canggihnya pesawat terbang yang ada sekarang tak lepas dari peran seorang muslim yang menemukannya. Ilmuwan pertama yang berhasil membuat pesawat adalah Abbas Ibnu Firnas. Ia mengembangkan pesawat pada usia 70an tahun. Dan melakukan berbagai percobaan untuk meneliti hasil buatannya.

Ia membuat rangka kayu yang dilengkapi mantel sebagai sayapnya. Ia menuruni bukit dan berhasil bertahan di udara hingga beberapa menit. Dan percobaannya itu ia menyimpulkan untuk menciptakan alat yang berjalan di udara dibutuhkan sebuah ekor pada bagian kendaraannya. Dan memang terbukti, penelitiannya tersebut terpakai hingga sekarang.

Nah, itu tadi sobat beberapa penemuan umat muslim yang mengubah dunia. Semoga tulisan ringkas ini ada manfaatnya dan bisa membuat sobat semua lebih giat belajar dengan cara yang menyenangkan. Salam sukses selalu…… (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan