ILMU EKONOMI

ILMU EKONOMI

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia di dalam memenuhi kebutuhannya yang relatif lebih besar dari ketersediaan sumber daya yang ada. Dengan menggunakan sumber daya yang ada itu manusia mengambil keputusan rasional dari alternatif-alternatif penggunaan (opportunity cost).

Ilmu ekonomi muncul karena adanya tiga kenyataan berikut:

  • kebutuhan manusia relatif lebih besar dari sumberdaya;
  • sumber daya disediakan secara cukup namun butuh penggunaan yang bijak; dan
  • masing-masing sumber daya mempunyai beberapa alternatif penggunaan.

Teori ekonomi bertujuan untuk meramalkan dan menjelaskan masalah ekonomi. Teori adalah suatu hipotesis yang telah berhasil dibuktikan melalui pengujian. Hipotesis diuji tidak oleh realitas asumsinya, tetapi oleh kemampuannya untuk meramalkan dan menjelaskan secara tepat, dan dengan memperlihatkan bahwa hasil suatu pengujian diperoleh secara logis dan langsung dari asumsi.

Tujuan teori tidak hanya terbatas pada teori ekonomi, tetapi teori pada umumnya yang meramalkan dan menjelaskan. Teori mengabstraksi rincian suatu peristiwa; menyederhanakan, menggeneralisasikan, dan mencoba untuk meramalkan dan menjelaskan peristiwa itu.

Bagaimana suatu teori dapat sampai ditemukan? Jika kesimpulan ini tidak sesuai dengan kenyataan, maka hipotesis itu ditinggalkan dan hipotesis baru dibuat. Jika kesimpulan seuai dengan kenyataan, maka hipotesis itu diterima sebagai suatu teori (jika terbukti bahwa kesimulan tersebut sesuai dengan asumsi secara logis dan langsung). Teori ekonomi terus berkembang dan menjadi realitas.

Ekonomi Mikro dan Makro

Loading...

Secara garis besar ilmu ekonomi dapat dipisahkan menjadi dua yaitu ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro. Ilmu ekonomi makro mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan). Variabel-variabel tersebut antara lain :

  • pendapatan nasional,
  • kesempatan kerja dan atau pengangguran,
  • jumlah uang beredar,
  • laju inflasi,
  • pertumbuhan ekonomi,
  • neraca pembayaran internasional.

Sementara ilmu ekonomi mikro mempelajari variabel-variabel ekonomi dalam lingkup kecil. Obyek studi ekonomi mikro biasanya adalah perusahaan dan rumah tangga atau individu.

Ekonomi Makro merupakan bagian dari Ilmu Ekonomi yang mengkhususkan mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan. Dengan demikian hubungan-hubungan kausal yang ingin dipelajari oleh Ekonomi Makro pada pokoknya ialah hubungan-hubungan antar variabel-variabel ekonomi agregatif.

Loading...

Tulisan tentang pembelajaran Ekonomi saya sediakan di dua kategori utama yaitu kategori ekonomi makro dan ekonomi mikro. Selain itu saya juga membahas perkembangan ekonomi terkini di kategori ekonomi digital.

Khusus untuk pembelajaran ekonomi mikro, saya sudah menyiapkan media pembelajaran interaktifnya dalam versi website dan Android. Silakan menikmati, dan jangan lupa beri masukan demi kemajuan blog saya ini. Wassalam….

Tinggalkan Balasan