Unsur Waktu Dalam Penawaran

Unsur waktu penawaran adalah suatu analisis mengenai jumlah barang yang akan ditawarkan, dilihat dari segi waktu yang tersedia. Unsur waktu penawaran dibagi menjadi tiga, antara lain:

1. Penawaran daily market (penawaran harian)

Merupakan keadaan penawaran yang dihadapi produsen dimana pada saat itu produsen tidak punya cukup waktu untuk menambah jumlah kapasitas produksinya. Jadi meskipun terjadi perubahan harga di pasar, produsen tidak dapat menambah atau mengurangi jumlah yang ditawarkan. Keadaan ini menyebabkan kurva penawaran produsen berbentuk garis vertikal atau inelastis sempurna seperti kurva berikut ini.

Kurva penawaran daily market
Kurva penawaran daily market

Dalam jangka sangat pendek, produsen tidak bisa merespon perubahan harga di pasar (dengan menambah jumlah barang yang ditawarkan). Hal ini karena produsen tidak dapat menambah jumlah input/faktor produksi baik input/faktor produksi tetap maupun variabel. Sehingga, berapun harga barang yang ada di pasar, penawaran produsen tersebut akan tetap. Penawaran dalam jangka yang sangat pendek ini disebut juga sebagai daily market.

2. Penawaran jangka pendek

Penawaran pasar jangka pendek adalah keadaan pasar yang mempunyai waktu yang relatif pendek, sehingga produsen dapat menambah jumlah kapasitas produksi dengan menambah faktor produksi variabel. Kurva penawaran jangka pendek  dijelaskan dalan kurva berikut.

Kurva penawaran jangka pendek
Kurva penawaran jangka pendek

Kurva di atas menunjukkan bahwa dalam jangka pendek, produsen bisa merespon perubahan harga di pasar atau menaikkan jumlah yang ditawarkan dengan menambah input variabel. Misalnya dengan cara menambah jam lembur karyawan.

Loading...

3. Penawaran jangka panjang

Penawaran pasar jangka panjang adalah keadaan pasar yang mempunyai waktu yang relatif panjang, sehingga produsen dapat menambah jumlah kapasitas produksi dengan jalan modal tetap. Kurva penawaran pasar jangka panjang umumnya adalah sebagai berikut.

Kurva penawaran jangka panjang
Kurva penawaran jangka panjang

Dalam jangka panjang, produsen dapat merespon perubahan harga yang terjadi di pasar. Karena dalam jangka panjang, produsen dapat menambah input tetap dan variabelnya sehingga kapasitas produksi dan jumlah yang ditawarkan juga semakin meningkat. 

Kurva penawaran jangka pendek dan jangka panjang berbeda elastisitasnya. Kurva penawaran jangka pendek cenderung inelastis artinya perubahan harga di pasar direspon oleh produsen dengan menambah kapasitas produksinya dengan jumlah yang kecil/terbatas karena produsen hanya bisa menambah input variabelnya saja. Namun, dalam jangka panjang produsen dapat merespon perubahan harga di pasar dengan meningkatkan kapasitas produksi yang lebih banyak karena dapat melakukan penambahan input variabel dan input tetapnya.

Media Pembelajaran Interaktif

Loading...

Untuk mempelajari ekonomi mikro secara cepat dan ringkas Anda juga bisa menggunakan media pembelajaran interaktif yang sudah saya kembangkan untuk Anda semua. Media ini saya sediakan dalam dua versi, yatu versi web dan versi Android. Untuk versi web hanya bisa digunakan secara online, sedangkan versi Android bisa digunakan secara offline jadi silakan install aplikasi ini terlebih dahulu di gawai Anda.

EkoMik Versi Web:

https://maglearning.net/EkoMik

EkoMik Versi Android:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.peunesa.ekomik

Tinggalkan Balasan