Perubahan Keseimbangan Pasar

Perubahan Keseimbangan Pasar

Keseimbangan pasar adalah suatu keadaan dimana pada tingkat harga tertentu, jumlah barang yang diminta adalah sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Kurva keseimbangan pasar ditunjukkan oleh kurva berikut.

Kurva keseimbangan pasar
Kurva keseimbangan pasar

Kurva di atas menjelaskan proses terbentuknya keseimbangan pasar. Permintaan pasar sebesar DD dan penawarannya sebesar SS. Perpotongan kurva SS dan DD merupakan titik keseimbangan pasar yaitu titik E. Pada titik E, jumlah barang yang diminta dan jumlah barang yang ditawarkan adalah sama yaitu sebanyak Qpasar. Sedangkan harga pasar yang terbentuk adalah sebesar Ppasar.

Perubahan penawaran dalam pasar

Dalam keadaan pasar yang terus berubah, tentu memungkinkan terjadinya perubahan pada jumlah permintaan barang/jasa maupun pada jumlah penawaran barang/jasa. Perubahan ini bisa terjadi dalam berbagai kondisi atau skenario

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa shift of demand curve dapat terjadi jika ada perubahan faktor yang mempengaruhi permintaan selain faktor harga barang tersebut. Begitu juga shift of supply curve dapat terjadi jika ada perubahan pada faktor yang mempengaruhi penawaran selain faktor harga barang tersebut.

Pergeseran keseimbangan saat permintaan tetap, penawaran turun
Pergeseran keseimbangan saat permintaan tetap, penawaran turun

Pada kurva di atas, awalnya permintaan kedelai di pasar sebesar DD dan penawarannya sebesar SS. Sehingga keseimbangan pasar yang terbentuk adalah E. Kenaikan harga bahan baku kedelai menyebabkan produsen mengurangi jumlah produksinya dan menyebabkan penawaran turun menjadi S’S’. Akhirnya, keseimbangan baru yang terbentuk di titik E’.

Perubahan keseimbangan saat permintaan tetap, penawaran naik
Perubahan keseimbangan saat permintaan tetap, penawaran naik

Pada kurva di atas, awalnya permintaan kedelai di pasar sebesar DD dan penawarannya sebesar SS sehingga keseimbangan pasar yang terbentuk di titik E. Jika  jumlah produsen di pasar semakin banyak sehingga penawaran pasar pun meningkat menjadi S’S’ dan keseimbangan baru yang terbentuk menjadi titik E’ dan terjadi Excess Supply sebesar E”(Q1Q3).

Perubahan permintaan dalam pasar

Selain pergeseran penawaran, pergeseran permintaan juga dapat menyebabkan terbentuknya keseimbangan baru. Kurva di bawah ini menunjukkan pada awalnya permintaan daging ayam di pasar sebesar DD dan penawarannya sebesar SS. Sehingga keseimbangan pasar yang terbentuk adalah E. Jika  pendapatan masyarakat meningkat, sehingga daya beli masyarakat naik. Permintaan pasar juga ikut naik menjadi D’D’ dan keseimbangan baru yang terbentuk  menjadi di titik E’, sehingga terjadi Excess demand pada EE” (Q1Q3). Akibat pergeseran permintaan tersebut menyebabkan harga naik dri P1 menjadi P2 dan jumlah keseimbangan dari Q1 menjadi Q2.

Perubahan keseimbangan saat permintaan naik, penawaran tetap
Perubahan keseimbangan saat permintaan naik, penawaran tetap
Loading...

Pada kurva di bawah ini menunjukkan bahwa awalnya permintaan pasar sebesar DD dan penawarannya sebesar SS. Sehingga keseimbangan pasar yang terbentuk adalah E. Selanjutnya, apabila  pendapatan masyarakat menurun sehingga daya beli masyarakat turun dan permintaan pasar juga ikut turun menjadi D1D1. Sehingga, keseimbangan baru yang terbentuk adalah titik E’.

Kurva Perubahan keseimbangan saat permintaan turun, penawaran tetap
Kurva Perubahan keseimbangan saat permintaan turun, penawaran tetap

Perubahan permintaan dan penawaran yang bersamaan

Perubahan permintaan dan penawaran juga terjadi secara bersamaan atau hampir bersamaan. Perubahan ini juga akan menyebabkan perubahan keseimbangan pasar. Pembentukan keseimbangan pasar karena perubahan permintaan dan penawaran secara bersamaan ditunjukkan kurva  berikut ini.

Perubahan Keseimbangan Saat Permintaan Turun, Penawaran Naik
Perubahan Keseimbangan Saat Permintaan Turun, Penawaran Naik

Pada kurva di atas, awalnya permintaan pasar sebesar D1 dan penawarannya sebesar S1. Sehingga keseimbangan pasar yang terbentuk adalah E1. Jika pendapatan masyarakat turun sedangkan di sisi lain teknologi produksi semakin maju, maka turunnya pendapatan menyebabkan permintaan pasar menurun menjadi D2 dan teknologi yang semakin maju menyebabkan penawaran pasar meningkat menjadi S2. Sehingga keseimbangan pasar yang baru sebagai akibat perubahan permintaan dan penawaran ini adalah titik E2.

Perubahan Keseimbangan saat Permintaan Naik, Penawaran Turun
Perubahan Keseimbangan saat Permintaan Naik, Penawaran Turun

Pada kurva di atas, awalnya permintaan pasar sebesar D1 dan penawarannya sebesar S1. Sehingga keseimbangan pasar yang terbentuk adalah E1. Jika pendapatan masyarakat naik sedangkan di sisi lain biaya bahan baku naik, maka naiknya pendapatan menyebabkan permintaan pasar meningkat menjadi D2 dan naiknya bahan baku menyebabkan penawaran pasar turun menjadi S2. Sehingga keseimbangan pasar yang baru sebagai akibat perubahan permintaan dan penawaran ini adalah titik E2.

Media Pembelajaran Interaktif

Loading...

Untuk mempelajari ekonomi mikro secara cepat dan ringkas Anda juga bisa menggunakan media pembelajaran interaktif yang sudah saya kembangkan untuk Anda semua. Media ini saya sediakan dalam dua versi, yatu versi web dan versi Android. Untuk versi web hanya bisa digunakan secara online, sedangkan versi Android bisa digunakan secara offline jadi silakan install aplikasi ini terlebih dahulu di gawai Anda.

EkoMik Versi Web:

EkoMik Versi Android:

Tinggalkan Balasan