mencari jurnal gratis

Cara mencari jurnal gratis di Microsoft

Banyak tempat dan cara untuk mencari jurnal gratis, salah satunya adalah di Microsoft Academic. Semua artikel yang ada di sini sebagian besar tersedia gratis dan fulltext. Jumlahnya berjuta-juta.

Bila dibandingkan dengan Google Scholar, secara pribadi saya menganggap artikel-artikel yang ada di dalamnya mempunyai kualitas yang lebih baik. Pasalnya setiap penulis tidak bisa mengunggah artikelnya secara manual, tidak seperti Google Scholar dimana penulis bisa saja mengunggah artikel yang sebenarnya kurang layak untuk diterbitkan.

Koleksi Microsoft Academic ini sudah mencapai sekitar 250 juta artikel dan juga sekitar 260 juta penulis. Jumlah ini sangat banyak dan sebagian besar diantaranya tersedia unduhan fulltext-nya secara gratis.

Jadi, sangat rugi bila kita tidak memanfaatkan koleksi artikel Microsoft Academic ini untuk melengkapi kajian pustaka penelitian kita. Cara mengakses artikel jurnal di sini juga sangat mudah.

Loading...

Pihak pengembang juga sudah memperbaiki kecepatan akses lamannya. Hal ini akan semakin memanjakan kita yang sedang membutuhkan artikel jurnal gratis. Setahun yang lalu akses laman ini sangat lambat, saya sering mengurungkan niat untuk masuk ke laman ini, tapi saat ini sudah berubah drastis.

Langkah-Langkah Mencari Artikel Jurnal Gratis

Baiklah, langsung saja kita akan mempraktikkan cara bagaimana mendapatkan artikel jurnal secara gratis di Microsoft Academic. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Kali pertama yang harus dilakuka adalah membuka browser Anda. Anda bisa menggunakan browser apapun, namun disarankan Chrome, Firefox, atau Edge.
  • Kunjungi laman https://academic.microsoft.com/home.
mencari jurnal gratis
  • Lanjutkan dengan mengetik kata kunci pencarian di kotak pencarian. Anda bisa mnggunakan kata kunci topik artikel, nama penulis, nama jurnal, atau kombinasi diantara semuanya.
  • Misalnya saya menggunakan kata kunci “pendidikan ekonomi interaktif”, kemudian tekan “enter” atau gambar “kaca pembesar”.
masukkan kata kunci
  • Hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini, dimana ditemukan sebanyak 585 artikel ilmiah.
hasil pencarian artikel
  • Anda bisa mengatur rentang tahun publikasi yang diinginkan.
atur rentang publikasi
  • Bila Anda menginginkan untuk menampilkan hasil dari artikel jurnal saja, silakan klik kotak di sebelah kiri “Journal publications”.
atur tipe publikasi

Cara Mendapatkan file PDF fulltext

Loading...

Tidak semua artikel tersedia file pdf fulltextnya. Namun, sebagian besar ada, bahkan ada yang disediakan beberapa link unduhan. Ikuti langkah-berikut ini.

  • Klik judul artikel yang Anda butuhkan.
klik judul artikel
  • Arahkan tampilan ke bawah abstrak, kemudian cari “View PDF” di bagian “Other Links”. Bila tidak ada maka Anda bisa mencoba mengunjungi bagian “Website(s)”. Bila masih tidak ada berarti file PDF tidak tersedia.
link pdaf gratis
  • Klik pada bagian link yang telah disediakan, lalu tunggu beberapa saat maka akan muncul hasil unduhan seperti gambar berikut ini.
hasil unduhan pdf gratis
  • Silakan buka file tersebut untuk mencocokkan apakah sudah sudah benar dan file terunduh dengan sempurna.
hasil pdf

Nah, begitulah prosedur untuk mendapatkan artikel jurnal gratis di Microsoft Academic. Semoga tulisan ini bisa sedikit membantu Anda yang sedang menyiapkan skripsi, tugas akhir, atau penelitian-penelitian lainnya.

Tinggalkan Balasan