elemen utama peta pasar online

Elemen Utama Peta Pasar Online

Memahami elemen utama peta pasar online adalah modal dasar setiap pemasar. Apa saja elemen-elemen tersebut?. Temukan jawabannya di artikel ini.

Dalam dunia nyata, pembelian kosumen dengan “pergi ke toko” adalah konsep yang sudah dipahami dengan baik karena bersifat umum. Tetapi, sedikit yang diketahui tentang berbagai pemicu (trigger) dan pengaruh yang dapat membentuk keputusan pembeli dan menginformasikan keputusan akhir pembelian mereka.

Pembelian sebenarnya hanyalah salah satu tahap dari proses pembelian konsumen. Ada setidaknya enam tahap pembelian konsumen dalam setiap keputusan pembeliannya. Proses ini terjadi berulang pada setiap pembelian konsumen, sebagian besar konsumen juga melakukan proses ini, disadari atau tidak.

Di dunia digital, prinsip dasar yang sama juga berlaku. Tetapi konsumen online menemukan lebih banyak touchpoints (pemicu dan pengaruh digital), yang memengaruhi pengambilan keputusan mereka (misalnya, situs web, konten media sosial, dan blog). Dengan penggunaan teknologi digital yang semakin meluas, touchpoints digital melalui banyak saluran digital dan dapat memengaruhi keputusan pembelian sebelum, selama, dan setelah pembelian.

Ini adalah kunci bagi pemasar modern untuk melakukan investasi terbaik untuk menampilkan merek mereka dan menyediakan konten yang relevan untuk mendukung proses pengambilan keputusan ini di setiap tahap pembelian konsumen. Terutama saat pelanggan berinteraksi dengan merek dalam konteks komersial dan sosial di beberapa titik kontak dengan penjual.

Bagaimana memahami pengaruh pada perjalanan konsumen online, ada gunanya mengetahui unsur utama dari peta pasar online. Banyak sekali segmen konsumen target yang dapat dipengaruhi oleh berbagai jenis situs digital.

Empat Elemen Utama Peta Pasar Online

Elemen utama dari peta pasar online adalah sebagai berikut:

Segmen Pelanggan

Analisis pasar membantu mengidentifikasi dan menguraikan segmen target yang berbeda, yang memiliki implikasi untuk pemasaran digital, dan membantu untuk memahami konsumsi media online kelompok sasaran, perilaku dan jenis konten digital yang relevan. Dalam kampanye digital atau proyek desain situs web, persona dapat digunakan untuk membantu memahami preferensi, karakteristik, dan perilaku online dari berbagai target pasar.

Mesin Pencari

Loading...

Mesin pencari mainstream diantaranya adalah: Google, Bing, Yahoo, dan Ask, tetapi yang lainnya tetap penting. Di beberapa pasar seperti China ada Baidu sebagai rajanya dan di Rusia Yandex sebagai penuasanya. Ada perusahaan yang menyediakan data khalayak khusus untuk memungkinkan pemasar digital menemukan kepentingan relatif dari mesin telusur tertentu (dan jenis situs lainnya). Perusahaan ini menyediakan banya data dari berbagai negara, misalnya: ComScore, Hitwise, SimilarWeb dan Nielsen.

Mesin pencari (search engine) mempunyai peran yang begitu signifikan sehingga tren pencarian mereka digunakan untuk memprediksi volume penjualan di masa depan. Data Google Trends pada volume pencarian sepanjang waktu sangat berguna untuk memprediksi tingkat tampilan.

Indeks kueri dari data Google Trends ini sering berkorelasi dengan berbagai indikator ekonomi dan mungkin berguna untuk prediksi ekonomi jangka pendek. Data Google dapat digunakan untuk memprediksi masa depan, tetapi dapat berguna untuk memprediksi masa kini (yang sedang berlangsung). Relevansi dengan pemasar digital adalah kemampuan untuk memahami dan mengidentifikasi trigger pembelian tertentu yang dapat memengaruhi kinerja ekonomi.

Penting bagi perusahaan untuk menggunakan sumber analitik pencarian yang andal seperti data pencarian pelanggan, peringkat, dan tautan antar situs. Perusahaan harus mengetahui situs mana yang efektif dalam memanfaatkan lalu lintas pencarian dan bekerja sama dengan mereka atau mencoba memperoleh bagian dari lalu lintas pencarian menggunakan teknik pemasaran mesin pencari dan pemasaran afiliasi.

Loading...

Merek terkenal dan tepercaya telah mengembangkan loyalitas pelanggan agar selalu berada dalam posisi yang baik secara online, karena perilaku konsumen pada umumnya adalah langsung membuka situs dengan memasukkan URL (direct link), dari bookmark atau email. Atau, mereka dapat mencari merek atau URL.

Dengan mengevaluasi jenis dan volume frasa yang digunakan untuk mencari produk di pasar tertentu, dimungkinkan untuk menghitung peluang potensial dan pangsa istilah pencarian (keyword) saat ini untuk sebuah perusahaan. Pangsa penelusuran (share of search) dapat ditentukan dari laporan analisis web dari situs perusahaan, menunjukkan frasa kunci yang tepat yang digunakan oleh pengunjung untuk menjangkau laman situs perusahaan dari mesin telusur yang berbeda.

Perantara, Influencer, dan Media atau Laman Publisher

Situs media dan perantara lainnya seperti pemberi pengaruh (influencer) individu, jejaring sosial, agregator, dan afiliasi seringkali berhasil menarik pengunjung melalui aktivitas pencarian konsumen atau langsung ke situs web mereka. Perusahaan perlu menilai media online potensial dan mitra distribusi yang tepat. Beberapa bentuk perantara itu adalah”

  • Portal atau situs media berita mainstream. Bisa laman media nasional maupun internasional, misalnya detik, kompas, CNN dan lainnya.
  • Situs media khusus / vertikal. Misalnya, konsultan, marketing, taua ceruk bisnis-ke-bisnis (B2B) dalam pemasaran.
  • Jaringan sosial. Misalnya Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn.
  • Situs perbandingan harga (juga dikenal sebagai agregator). Misalnya, Google Shopping, Pricegrabber, Shopping.com dan lain-lain.
  • Afiliasi super. Afiliasi mendapatkan pendapatan dari pedagang tempat mereka merujuk lalu lintas dengan diberi komisi berdasarkan proporsi penjualan atau tetap. Mereka adalah salah satu pemain penting di pasar e-retail, menyumbang puluhan persen dari penjualan.
  • Afiliasi atau blogger khusus. Mereka sering kali adalah individu, tetapi mereka mungkin sangat berpengaruh. Afiliasi dan blogger bisa menjadi penting secara kolektif. Dengan pertumbuhan jumlah pembaca dan interaksi sosial di blog, mengidentifikasi pemberi pengaruh online utama dalam pasar menjadi penting untuk membantu menjangkau target audien.

Situs Tujuan dan Platform

Situs tujuan adalah situs dimana pemasar mencoba menarik pengunjung, termasuk situs transaksional menurut ritel, layanan keuangan, perjalanan, produsen, dan perusahaan lain atau situs non-transaksional seperti situs merek atau membangun hubungan. Situs tujuan juga menyertakan kehadirannya di situs sosial lain seperti Facebook dan Twitter atau aplikasi seluler. Online Value Proposition (OVP) merupakan ringkasan dari fitur unik yang ditawarkan oleh merek dalam layanan dan kehadiran online mereka. OVP adalah aspek kunci untuk pertimbangkan dalam perencanaan. Pemasar harus mengevaluasi OVP mereka terhadap pesaing dan memikirkan tentang bagaimana mereka dapat menyempurnakannya untuk mengembangkan pengalaman online yang unik.

Tinggalkan Balasan