Mari Berperilaku Terpuji

PAI Kelas 4 Pelajaran 8: Mari Berperilaku Terpuji

Pada pelajaran delapan ini kita akan belajar tentang berperilaku terpuji. Beberapa perilaku terpuji diantaranya adalah sikap gemar membaca, pantang menyerah, rendah hati, hemat, dan sejenisnya.

Semua sikap dan perilaku terpuji itu diperintah oleh Allah Swt. Mari kita belajar berperilaku terpuji.

Gemar Membaca

Bagaimanakah cara kita menjadi pandai? Kita pergi ke sekolah untuk belajar dan mendapat ilmu pengetahuan. Dengan membaca, kita akan mendapatkan berbagai macam ilmu, yaitu ilmu agama dan ilmu pengetahuan.

Manfaat gemar membaca antara lain adalah:

  1. menjadikan kita pintar;
  2. menambah pengetahuan dan informasi; serta
  3. memperbanyak ide.

Pantang Menyerah

Pernahkah kamu bayangkan, jika harus berangkat ke sekolah dengan menyeberangi sungai melalui jembatan yang hanya terdiri dari beberapa titian bambu? Pernahkah kamu berputus asa ketika mengerjakan tugas sekolah yang sulit? Anak yang semangat, tidak cepat berputus asa dan gampang menyerah ketika menemui kesulitan.

Mudah menyerah menjadikanmu kalian tidak sabar. Bukti sikap pantang menyerah antara lain:  tetap semangat mengerjakan tugas sekolah, dan suka bekerja, tidak boleh berdiam diri.

Rendah Hati

Agama Islam melarang umatnya untuk menghina orang yang lebih miskin. Orang kaya tidak boleh memamerkan kekayaannnya di hadapan orang miskin.

Orang yang pintar tidak boleh menghina orang yang kurang pintar. Allah tidak menyukai orang yang sombong. Oleh karena itu, kita harus memiliki sikap rendah hati, karena sikap ini terpuji dan disukai oleh Allah.

Contoh sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

  1. Menyapa dan mengucapkan salam terlebih dahulu jika bertemu dengan orang lain.
  2. Menghargai orang lain dan tidak suka menghina.
  3. Tidak memamerkan kepintaran atau kekayaan harta.
  4. Suka menolong dan memberi kepada orang lain.
  5. Tidak membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman.
  6. Bersikap tenang dan sederhana.

Hemat

Air adalah karunia Allah yang sangat berguna. Kita dapat menggunakan air untuk mandi, wudu dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus hemat dan tidak boros (mubazir) menggunakannya. Cara menghemat air adalah dengan menutup kran air sesudah menggunakannya dan mengambil air secukupnya dari gayung.

Selain air, kita juga harus bisa menghemat uang jajan. Anak yang hemat tidak menghabiskan uang jajannya setiap pergi ke sekolah, tetapi menabung sebagian uangnya di tabungan/celengan. Kelak bila sudah terkumpul banyak, bisa digunakan untuk membeli sesuatu yang lebih bermanfaat.

Latihan Soal PAI Kelas 4 Pelajaran 8, Mari Berperilaku Terpuji

Kamu bisa mengasah pemahaman dan kemampuanmu menggunakan latihan soal versi online ini. Silakan klik tautan atau gambar di bawah ini!

Soal Mari Berperilaku Terpuji
Loading...

Latihan Soal PAI Kelas 4 Pelajaran 8

Untuk latihan soal PAI kelas 4 Seluruh Pelajaran silakan klik tautan di bawah ini

Latihan Soal PAI Kelas 4

Latihan Soal PAI Kelas 4 Versi Android

Soal PAI SD

AkbarHana Education

Bila kamu ingin belajar menggunakan latihan soal secara offline, silakan gunakan aplikasi latihan soal yang telah kami terbitkan di Android PlayStore. Untuk download aplikasi latihan soal PAI kelas 4 SD/MI versi Android silakan klik tautan di bawah ini:

Latihan SOAL PAI SD Kelas 4

Soal PAI kelas 4

Buku Digital PAI Kelas 4

Buku PAI versi digital (FlipBook) yang bisa kamu baca secara online pada tautan di bawah ini. Ukuran file buku digital ini sengaja dibuat lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline bisa diunduh di tautan yang telah disediakan. Ukuran file buku pdf juga sudah disesuaikan (lebih kecil) sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat dalam pengunduhan, serta tidak banyak mengurangi ruang penyimpanan.

Loading...

Silakan baca bukunya di sini:

FlipBook PAI Kelas 4

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

NB:

Media pembelajaran online ini kami kembangkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara online hasil para guru-guru kreatif Indonesia. Adanya media ini juga untuk mendukung kreatifitas mereka, video pembelajaran yang kami gunakan kami ambil langsung dari channel YouTube mereka. Video-video tersebut kami embedd di media ini, sehingga tidak mengurangi viewer mereka, justru akan menambah viewer mereka serta meningkatkan rating pencariannya.

Tinggalkan Balasan