Masjid Di atas Ruko

Masjid di Atas Ruko, Bagaimana Penampakannya?

Loading...

Masjid di Atas Ruko – Riau merupakan tanah melayu yang kaya dengan minyak bumi. Meski tanah melayu, tidak hanya mereka yang bersuku melayu yang dapat tinggal dan menetap di sana, ada banyak suku yang bisa Anda temui, mulai dari Melayu, Minang, Jawa, Batak, Mandailing, hingga Nias yang keseluruhannya hidup damai di atas minyak yang melimpah.

Di tanah melayu ini telah dibangun banyak masjid dan musholla yang Akan menemani perjalanan Anda. Salah satunya adalah Masjid Jami’ yang berada di Kota Duri. Masjid Jami’ ini dibangun sejak 1964, beralamat di Jalan Simpang Padang, Duri, Mandau, Bengkalis, Riau.

Posisi masjid sangat strategis, berada di pinggir jalan dan terletak di pusat kota, dekat dengan pasar dan pusat perbelanjaan. Luas bangunan masjid sebesar 950 m², dengan luas tanah 850 m² yang berstatus tanah wakaf.

Ukuran masjid terbilang cukup besar, mampu menampung lebih dari 200 jamaah, memiliki 36 remaja masjid, dan satu khatib. Masjid yang sudah berusia puluhan ini memiliki keunikan yang tidak dapat Anda temukan pada masjid lain. Kenapa? Karena masjid kokoh yang megah ini berdiri di atas ruko-ruko.

Awalnya, masjid yang memiliki dua lantai ini adalah ruko yang digunakan untuk berjualan, mulai dari pakaian hingga studio foto, namun untuk memudahkan para pedagang di pasar yang hendak menunaikan shalat, ruko yang berlantai dua dialih fungsikan menjadi tempat beribadah umat Muslim.

Dengan program yang matang, Masjid Jami’ telah banyak membantu kaum fakir dengan bantuan masyarakat sekitar. Banyak kegiatan keren yang dilakukan, mulai dari manasik haji, pengajian, dan lain sebagainya. Lokasinya yang strategis, lingkungan yang bersih, sangat membantu muslimah untuk menunaikan shalat, karena memiliki ruang khusus bagi ibu-ibu yang menyusui.

Dari masjid, atau lantai dua yang digunakan untuk shalat, Anda bisa langsung menyaksikan keindahan kota dengan hiruk-pikuknya yang tak pernah sepi pengunjung. Masjid di atas ruko ini memiliki bangunan unik yang terdiri dari jendela-jendela berukuran sedang yang jumlahnya enam belas buah. Dengan kubah besar berwarna putih, masjid ini terlihat sangat kokoh di tengah kota. Dengan warna cream dan merah, masjid ini terlihat sangat megah.

Bagian depan masjid merupakan parkiran bagi pengendara yang ingin mengunjungi masjid, dan digunakan juga sebagai tempat pemberhentian angkot, tidak heran jika lalu-lalang terjadi setiap detik. Banyak wisatawan yang berkunjung ke masjid ini, ada yang sekedar singgah untuk menunggu waktu shalat, ada juga yang bersengaja mampir untuk menikmati keindahannya.

Di dalam masjid, Anda akan menemukan banyak tiang-tiang elegan yang berdiri anggun dengan warna putih yang bersih. Pada bagian atap, terdapat arsitektur sederhana yang indah. Masjid atas ruko ini memiliki fasilitas yang sangat bagus.

Toilet bersih, tangga nyaman digunakan dengan ukuran yang tidak begitu besar, parkiran luas, mukena yang selalu harum, lingkungan masjid bersih, nyaman, air cukup, nyaman, dan sangat mudah diakses. Selain telah banyak membantu kaum fakir, lewat program kerjanya, masjid ini telah menyediakan sarana dagang bagi masyarakat berekonomi rendah.

Kegagahan masjid bisa Anda nikmati saat sore hari. Semburat warna jingga di langit menambah keanggunannya di tengah keramaian. Bagian belakang masjid, terdapat kantin masjid yang bisa juga Anda kunjungi ketika perut keroncongan. Melalui program terbaiknya, masjid ini memiliki sekolah yang berdiri di atas yayasan di pusat pasar.

Akses menuju masjid sangat mudah. Karena merupakan kota minyak, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan menakjubkan di beberapa jalan yang penuh dengan tumbuhan sawit berwarna hijau.

Bagaimana? Anda tertarik berkunjung ke masjid kokoh yang berdiri di atas ruko ini? (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan