Dewasa Bukan Soal Usia

Dewasa Bukan Soal Usia, Ini Dia Ciri Sebenarnya

Dewasa bukan soal usia namun lebih pada bagaimana seseorang bersikap dan bertindak. Sering kita dengar ungkapan “Bertambah tua itu pasti, namun bertambah dewasa itu pilihan” mungkin sederhananya begitu.

Ada orang yang sudah berumur cukup tua namun masih kekanak-kanakan, namun ada pula yang masih muda namun sudah cukup dewasa secara pemikiran, sikap, dan tindakan. Benar sekali, karena memang dewasa bukan soal usia, tapi soal pola pikir, sifat dan juga sikap dalam keseharian lah yang menjadikan seseorang benar-benar dewasa atau tidak.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang dewasa bukan soal usia, kenapa kita harus menjadi dewasa? Pernahkah sobat mempertanyakan hal ini? Karena memang hidup seharusnya ada sebuah peningkatan, menjadi lebih baik, lebih mandiri, tidak menyusahkan orang lain, menjadi lebih mampu dalam menghadapi masalah.

Loading...

Dan, hal-hal tersebut hanya bisa dilakukan ketika seseorang sudah mampu bersikap dewasa. Baiklah untuk lebih jelasnya berikut adalah ciri-ciri beserta hal-hal yang harus kita latih untuk manjadi lebih dewasa, antara lain :

1. Mandiri dalam menghadapi masalah

Ciri yang pertama ketika seseorang bersikap dewasa adalah ketika orang tersebut tidak mau menyusahkan siapapun ketika mengalami sebuah masalah. Orang tersebut akan menyelesaikan masalah dalam diam dan tidak mau melibatkan orang-orang yang dia sayang menjadi kepikiran bahkan ikut susah.

Bagaimana dengan Anda? Masih suka share masalah di media sosial? Jangankan untuk mengumbar masalah ke media sosial, bahkan orang yang bersikap dewasa ini akan menyimpan masalah tersebut dengan orang terdekat dan mampu menyelesaikannya sendiri.

2. Tegas dan bijak dalam mengambil keputusan

Ciri selanjutnya sebagai tanda bahwa seseorang bersikap dewasa adalah mampu bijak dalam memutuskan sesuatu. Hal ini biasa terjadi saat kita mempunyai sebuah pilihan dalam hidup, saat itulah ketegasa dan kebijakan kita diuji. Seseorang yang bersikap dewasa akan mempunyai pertimbangan yang matang dan berfikir jauh kedepan mengenai dampak apa saja yang akan terjadi dari keputusan yang diambil.

Selain itu seorang yang dewasa akan mengambil keputusan dengan objektif dan juga berusaha untuk tidak merugikan siapapun. Tentu hal ini bukanlah hal yang mudah karena kadang harus melawan keegoisan kita sendiri.

3. Mampu meredakan amarah diri sendiri

Seseorang yang dewasa ketika kemarahan mulai muncul, dia akan mampu untuk segera meredam agar tidak meledak-ledak. Jangan bangga jika sobat bisa marah-marah dan bahkan memaki orang lain. Karena orang yang paling kuat sebenarnya adalah orang yang mempu menahan marah. Dan hal ini juga menandakan seseorang sudah mampu bersikap dewasa.

4. Mau meminta maaf dan memaafkan

Loading...

Selanjutnya tanda bahwa seseorang bersikap dewasa, saat dia salah dia akan mengakui kesalahannya dan mau meminta maaf. Kemudian saat orang lain salah dia tidak mendendam dan mau memaafkan. Ini bukan perkara yang mudah karena dibutuhkan jiwa besar untuk melakukan kedua hal ini. Tidak semua orang bisa melakukan hal ini bahkan orang yang sudah berumur sekalipun. Dewasa memang bukan soal usia.

Tapi perlu diakui bahwa sebenarnya kata maaf merupakan kata yang cukup indah apabila digunakan secara tepat. Dengan kata maaf bisa menyelesaikan masalah, bisa mendamaikan pertengkaran dan juga bisa mempererat sebuah hubungan yang sempat renggang. Selain kata maaf juga bisa berwujud sebuh makna kesopanan kita kepada orang lain.

5. Tidak egois dan mau mengalah

Satu waktu seseorang yang bersikap dewasa bahkan rela mengesampingkan keinginannya demi kebaikan orang lain atau demi kebaikan suatu hal. Sikap mengalah bukanlah sesuatu yang mudah, karena memang kita sebagai manusia terlahir dengan keegoisan yang kuat. Maka dari itu jika kita mau menjadikan pribadi kita lebih dewasa, berlatihlah untuk tidak terus egois dengan apa yang kita inginkan.

6. Mau menerima kritik dan saran

Selain kelima hal diatas, seseorang dikatakan sudah dewasa ketika mau menerima kritik dan saran dari orang lain. Ini menunjukkan sebuah pola pikir terbuka dan juga dewasa. Orang yang seperti ini sadar bahwa dirinya tidak selalu benar dan sadar bahwa dirinya masih membutuhkan masukan-masukan baru dalam hidup yang bisa menjadikannya lebih baik.

Beberapa sifat dan sikap diatas kadang bisa mudah dilakukan namun kadang juga tidak mudah. Maka dari itu kita perlu membiasakannya demi membentuk pribadi dalam diri kita semakin baik lagi.

Demikian sobat pembahasan kali ini mengenai dewasa bukan soal usia beserta ciri-ciri orang yang bersikap dewasa. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan