Cara Melatih Diri Pandai Mengendalikan Emosi

Bisa mengendalikan emosi adalah modal penting bagi siapapun. Seseorang yang pemarah dalam keseharian sebenarnya adalah orang yang cukup menyedihkan. Karena dalam hati seorang pemarah ada sebuah pemberontakan yang luar biasa dengan keadaan yang ada.

Merasa tidak puas, tidak terima, menentang, gelisah dan khawatir semua hal tersebut terdorong keluar dan menciptakan sebuah kemarahan. Jadi banga jika sobat bisa memarahi orang lain, karena orang yang kuat di dunia ini adalah orang bisa menahan amarah, orang sering marah sebenarnya adalah orang yang lemah.

Kenapa kita harus mampu mengendalikan emosi dan tidak boleh menjadi pemarah? Karena ketika kita marah akan menjadikan diri kita tidak terkontrol dan memicu beberapa pebuatan negatif yang bisa merugikan diri kita sendiri dan juga orang lain.

Ketika seseorang sedang marah sebenarnya dia sedang dalam keadaan bodoh karena akal sehat sudah hilang. Jadi penting sekali untuk bisa menghilangkan sifat dan kebiasaan yang satu ini.

Loading...

Lalu bagaimana cara kita dalam melatih diri agar pandai mengendalikan emosi dan tidak murah marah? Tentu saja harus ada sebuah latihan yang benar. Karena untuk membentuk sifat dan karakter yang ada pada seseorang atau merubah karakter diri kita, bukanlah sesuatu hal yang mudah.

Pada kesempatan yang bagus ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips untuk mengatasi permasalahan tersebut. Antara lain sebagai berikut :

1. Berlatih Berdamai Dengan Keadaan Apapun

Tidak semua hal dalam hidup bisa kita dapatkan, maka dari itu penting bagi kita untuk berdamai dengan apapun yang sedang terjadi. Dalam bahasa lain adalah menerima dengan ikhlas apapun yang terjadi.

Kalau kita bisa menerima dengan baik apapun yang terjadi dalam hidup kita, tentu saja kita tidak akan protes dan tidak akan mudah marah.

Tentu ini bukan hal yang mudah, butuh sebuah kesabaran dan keihlasan yang lumayan tinggi. Tapi kalau kita ingin mempunyai kepribadian yang lebih baik tentu saja harus melatih hal tersebut.

2. Membiasakan Diri Untuk Tidak Egois dan Bisa Berjiwa Besar

Jika sobat ingin menjadi orang yang pandai mengendalikan emosi, maka latihlah diri Anda untuk tidak egois. Tidak semua keinginan Anda bisa dituruti, tidak semua yang dinginkan bisa terjadi.

Ini juga sebuah fakta yang harus Anda terima dengan baik bahwa kenyataan tidak selalu sesuai dengan angan-angan.

Jadi jangalah egois dengan mengutamakan kepentingan kita diatas yang lain. Cobalah sesekali untuk mengalah dan mengutamakan kepentingan yang lain.

Loading...

Kalau kita mampu menjadi orang yang tidak egois, maka kita akan lebih pandai dalam mengendalikan emosi kita.

3. Melakukan Beberapa Kegiatan Yang Membuat Otak Lebih Rileks

Selain dari mengubah pola pikir, kepandaian mengendalikan emosi dan tidak mudah marah juga bisa kita wujudkan dengan beberapa kegiatan yang efektif. Yakni mulai dari rajin berolahraga dan juga makan makanan yang sehat. Karena dengan begitu urat syaraf kita akan menjadi lebih rileks dan juga tidak tegang.

Selain itu beberapa aktifitas lain yang bisa melatih kita mengendalikan emosi adalah melakukan Yoga atau sebuah meditasi. Kemudian waktu tidur malam hari yang cukup juga akan berpengaruh pada mood dan emosi kita.

4. Menghindari Perdebatan Dalam Keseharian

Agar tidak mudah terpancing dalam sebuah kemarahan, alangkah lebih baik menghindari perdebatan dengan orang lain. Yang satu ini bisa kita latih dalam pergaulan sehari-hari.

Ketika kita tidak memaksakan diri dalam perdebatan sebenarnya kita sudah bisa menahan ego kita untuk terus menang dengan pendapat yang kita miliki. Dan saat itu juga kita melatih emosi kita menjadi lebih stabil.

Loading...

Bisa kita lihat dalam pergaulan, orang yang cuek akan lebih jarang marah. Karena orang cuek memang menghindari perdebatan yang tidak perlu.

5. Terus Berlatih Mengendalikan Diri

Langkah yang terakhir adalah terus melatih diri dengan baik. Karena memang merubah sifat dan karakter kita itu bukan perkara yang mudah. Dengan kita terus membiasakan diri mengontrol emosi dengan baik, lama-lama akan terbiasa.

Kemudian tahan kemarahan kita atas semua hal yang terjadi dengan sekuat mungkin. Semakin sering kita melakukannya, maka semakin terbentuk karakter kita yang baru.

Demikian sobat mengenai cara mengendalikan emosi dan tidak mudah marah, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan