Jenis Biaya Produksi Berdasarkan Jangka Waktu

Jenis biaya produksi berdasarkan jangka waktu, dibedakan menjadi biaya jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek adalah suatu periode dimana tidak ada penambahan biaya tetap dan hanya biaya variabelnya berubah. Sedangkan jangka panjang, adalah suatu periode semua biaya menjadi biaya variabel.

Average Cost dalam Jangka Pendek (short run)

Loading...

Jangka pendek atau short run (SR) adalah suatu jangka waktu, dimana perusahaan hanya dapat menaikkan hasil produksinya dengan jalan menambah tenaga kerja dan bahan mentah dan tidak menambah jumlah alat-alat produksi. Kurva biaya total rerata berbentuk huruf U, dimana kurva tersebut akan menurun dengan naiknya jumlah produksi, karena pemakaian yang lebih baik dari pada faktor produksi yang indivisible sampai mencapai proporsi yang optimal antara faktor yang satu dengan yang lain.

Sampai tingkat tertentu, jika hasil produksi ditambah maka biaya total rerata naik sebab faktor produksi yang indivisible dipakai dalam proporsi yang terlalu penuh. Dalam short run, biaya produksi semakin turun yang ditunjukkan oleh titik-titik A,B,C dan setelah titik C naik lagi (kurva di bawah). Titik-titik A, B dan C merupakan penampakan dari biaya ekonomis dan titik-titik D dan E menunjukkan penampakan adanya  biaya disekonomis. Hal ini terjadi karena faktor-faktor produksi adalah indivisible. Beberapa sebab di sini terjadi internal economies karena:

  1. labour economies
  2. technical economies
  3. marketing economies 
  4. managerial economies
Kurva  Short  Run Avarage Cost, Jenis biaya produksi berdasarkan jangka waktu
Kurva  Short  Run Avarage Cost

Avarage Cost dalam Jangka Panjang (long run

Dalam jangka panjang perusahaan dapat menyesuaikan skala perusahaan dengan tingkat produksi yang diperlukan melalui efisiensi. Disini faktor produksi indivisible dalam jangka pendek, dalam jangka panjang menjadi divisible. Kurva biaya jangka panjang ditampilkan dalam kurva ini.

Kurva  Long Run Avarage Cost, Jenis biaya produksi berdasarkan jangka waktu
Kurva  Long Run Avarage Cost

Dalam short run mempunyai tingkat optimum, yaitu tingkat produksi dengan biaya rata-rata minimum, sedang dalam jangka panjang perusahaan dapat menyesuaikan skalanya sedemikian rupa sehingga tiap produksi dapat dihasilkan pada tingkat optimum tersebut. Kurva LAC tersebut disebut Envelope curve. Envelope curve adalah kurva biaya jangka panjang yang menyampuli kurva-kurva jangkapendek.

Loading...

Dalam short run SAC1 produksi sebesar OQ1 dengan biaya OC1, produksi diperluas  mencapai OQ2 maka biaya produksi turun menjadi OC1. Jika ditambah biaya tetap menjadi SAC2 maka produksi sebesar OQ2 dengan biaya produksi sebesar OC2 lebih rendah dibandingkan jika tidak ada penambahan biaya tetap.

Media Pembelajaran Interaktif

Untuk mempelajari ekonomi mikro secara cepat dan ringkas khususnya tentang jenis biaya produksi berdasarkan jangka waktu Anda juga bisa menggunakan media pembelajaran interaktif yang sudah saya kembangkan untuk Anda semua. Media ini saya sediakan dalam dua versi, yatu versi web dan versi Android. Untuk versi web hanya bisa digunakan secara online, sedangkan versi Android bisa digunakan secara offline jadi silakan install aplikasi ini terlebih dahulu di gawai Anda.

EkoMik Versi Web:

EkoMik Versi Android:

Tinggalkan Balasan