Usaha Yang Hampir Bangkrut

Jalan Keluar Dari Usaha Yang Hampir Bangkrut

Loading...

Mempunyai dan menjalankan sebuah usaha pastinya ingin semuanya baik-baik saja, aman, terus berkembang dan bahkan semakin besar dan sukses. Namun pada kenyataannya, tidak semua usaha yang dijalankan bisa semulus yang diharapkan. Tidak sedikit pelaku usaha yang harus menurun omsetnya, merugi dan bahkan nyaris bangkut.

Lalu bagaimana cara yang efektif untuk menangani atau mengatasi sebuah usaha yang hampir bangkrut. Semua ada jalan keluarnya, karena di dalam rumus kehidupan bahwa semua masalah terlahir bersama dengan solusinya. Tergantung bagaimana cara kita dalam menyikapi dan mengambil tindakan yang tegas pada kondisi tersebut. Tindakan tegas dan cepat sangat dibutuhkan, apalagi jika sebuah usaha yang dijalankan memang sudah benar-benar kritis.

Cara Efektif Menyelamatkan Usaha Yang Hampir Bangkrut

1. Analisa Pengelolaan Keuangan Dalam Usaha

Pengelolaan keuangan merupakan pilar utama kesehatan sebuah bisnis atau usaha yang dijalankan. Bagaimana melakukan ploting keuangan akan sangat berpengaruh. Jangan-jangan usaha menjadi hampir bangkrut ini disebabkan karena kesalahan dalam pengelolaan keuangan.

Solusinya adalah segera lakukan pemangkasan anggaran keluar yang sekiranya tidak urgent dan bahkan tidak penting. Ketika usaha hampir bangkrut prioritaskan keuangan hanya untuk yang cepat menghasilkan keuntungan saja, pending semua pengeluaran keuangan yang balik modalnya lama.

Kemudian segera perbaiki jurnal keuangan dan sistem pembukuan yang selama ini berjalan agar menjadi lebih mudah dan jelas untuk dikoreksi kedepannya.

2. Analisa Semua Proses Dalam Usaha

Bagaimana semua alur dan proses yang Anda jalankan dalam mengelola sebuah usaha juga akan mempengaruhi kondisi usaha Anda. Proses-proses dalam usaha yang harus dianalisa meliputi :

  • Proses promosi
  • Proses pengadaan barang
  • Proses produksi
  • Proses distribusi
  • Proses pelayanan
  • dan proses lainnya yang ada dalam sebuah usaha

Koreksi semua proses yang berjalan. Tingkatkan efisiensi dan juga efektifitas dalam menjalankan sebuah proses bisnis yang anda kelola sekarang.

3. Analisa Kondisi Persaingan Pasar

Perhatikan kodisi pasar, ini penting sekali. Karena siapa yang memenangkan atau minimal bisa bertahan dalam persaingan pasar, dialah yang akan bertahan dan berkembang. Jangan-jangan penyebab kemerosotan perusahaan Anda karena kalah saing di pasaran atau bisa juga banyak yang salah menargetkan pasar sehingga memicu pengeluaran lebih yang kurang tepat.

Loading...

Analisakan kodisi pasar meliputi beberapa hal. Mulai dari produk atau jasa yang Anda tawarkan, apakah masih banyak peminatya atau tidak. Apakah kualitasnya kalah dengan yang lain. Apakah harganya kalah saing. Kalau ditemukan titik kesalahan segera perbaiki secepat mungkin.

Kemudian analisa kondisi persaingan pasar juga melihat bagaimana para kompetitor Anda bergerak. Ini penting, lihat kelebihan apa saja yang mereka miliki, dan dari situ Anda bisa menguatkan strategi untuk mengatasi persaingan tersebut.

4. Kuatkan Kualitas SDM

Jika Anda menjalankan usaha dengan adanya SDM di dalamnya, maka perhatikan juga hal tersebut. Jika Anda merupakan pelaku tunggal dalam usaha tersebut, maka perhatikan kinerja Anda sendiri selama ini.

Sebuah perusahaan yang cepat berkembang biasanya akan memiliki tenaga-tenaga ahli di dalamnya. Jadi coba untuk evaluasi kinerja para karyawan.

Jika memang di temukan bahwa kinerja mereka menurun, cari penyebab dan alasan kenapa kinerja mereka menurun. Berikan semangat dan juga solusi untuk mereka. Tanamkan lebih kuat rasa memiliki perusahaan kepada mereka, dengan begitu mereka akan bisa tergerak lebih hebat lagi kedepannya.

Untuk menjaga kualitas SDM agar cepat bagus biasanya perlu diadakan training secara berkala. pelatihan peningkatan keahlian dan sejenisnya juga dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas karyawan.

Loading...

Setelah selesai melakukan analisa dari berbagai sisi, segera lakukan perubahan atau resolusi secepat mungkin. Ini sangat dibutuhkan karena penanganan usaha yang hampir bangkrut harus mengeluarkan waktu yang efisien.

5. Menjalin Kerjasama Dengan Pihak Lain

Solusi selanjutnya adalah dengan menjalin sebuah kerjasama dengan pihak lain. Ini juga perlu, apalagi jika keuangan usaha Anda sudah benar-benar dalam kondisi kritis. 

Kerjasama bisa dilakukan dengan pengelola usaha lain, misalkan berbagi kepemilikan usaha atau saham. Berbagi keuntungan juga bisa, atau bisa juga dengan menjalin kerjasama dengan investor tertentu guna mendapatkan asupan dana untuk kembali mendongkrak usaha yang Anda jalankan sekarang.

Semua langkah penting memang harus ditempuh dan dilakukan secepat mungkin, agar bisa sesegera mungkin meningkatkan omset, penghasilan atau bisa juga memunculkan sebuah sumber penghasilan baru untuk mengcover kerugian usaha yang hampir bangkrut tersebut.

Langkah terakhir jika memang tindakan sudah banyak Anda lakukan adalah banyak berdoa. Jangan lupakan untuk berdoa karena kita sebagai manusia hanya bisa berusaha, sedangkan Tuhanlah yang lebih tahu apakah kita sudah pantas mendapatkan imbalan atau belum. Selama usaha kita dan doa kita terus berjalan dengan beriringan, InsyaAllah sebuah masalah akan cepat teratasi dengan baik.

Demikian sharing tips dari saya mengenai cara mengatasi usaha yang hampir bangkrut, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan