memilih investasi yang aman

Tips memilih investasi yang aman untuk pemula

Loading...

Mengetahui cara memilih investasi yang aman dan tepat wajib diketahui oleh setiap investor. Tidak hanya para investor pemula, para pemegang dana raksasa pun selalu melakukan pengumpulan data dan penghitungan yang masak sebelum mengambil keputusan investasi.

Investasi sangat penting untuk dilakukan setiap orang sebagai upaya sebagai upaya menabung dan sekaligus mengembangkan uang. Namun di dalam melakukan investasi sendiri tidak boleh sembarangan, kalau sampai salah bukannya untung tapi malah mengalami kerugian atau bahkan dirugikan oleh oknum yang tidak bertanggung.

Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui tips memilih investasi yang aman dan tepat untuk pemula apabila baru belajar melakukan investasi. Karena yang namanya investasi selalu mengandung resiko dan harus membutuhkan pertimbangan yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebelum melakukan investasi, silahkan perhatikan terlebih dahulu beberapa tips memilih investasi yang aman berikut ini, antara lain :

1. Tentukan berapa lama Anda akan berinvestasi

Yang namanya investasi Anda pasti sudah punya target. Berapa lama Anda akan menyimpan uang tersebut kemudian mengambilnya kembali. Apakah dalam waktu yang cepat hitungan bulan, hitungan 1 tahun atau bahkan ingin melakukan investasi untuk beberapa tahun ke depan.

Ini penting untuk menyesuaikan jenis investasi yang nantinya akan Anda pilih, apakah itu investasi jangka pendek ataukah jangka panjang.

Jika Anda ingin melakukan investasi jangka pendek usahakan memilih investasi dengan persentase yang lumayan besar, karena yang namanya jangka pendek tidak akan sering mendapatkan keuntungan namun sudah harus diambil kembali.

Berbeda dengan investasi jangka panjang, yang paling penting adalah memilih lembaga investasi atau produk investasi yang tidak jatuh dalam waktu yang lama. Anda bisa memilih perusahaan yang terpercaya atau memilih produk investasi yang sekiranya produk tersebut mampu terus bertahan untuk waktu yang lama.

2. Memilih investasi sesuai dengan modal yang dimiliki

Yang kedua adalah melihat modal yang dimiliki. Hal ini tentu saja untuk menyesuaikan jenis investasi yang Anda pilih. Beberapa jenis investasi bisa dilakukan dengan modal ratusan ribu rupiah dan beberapa lagi hanya bisa dilakukan dengan nominal yang cukup besar.

Contohnya misal modal Anda kecil bisa memilih investasi seperti reksadana, kemudian jika bermodal besar lebih baik untuk membeli saham perusahaan yang bonafit.

Disinilah Anda harus mengumpulkan beberapa sumber informasi untuk mengetahui investasi mana yang paling sesuai dengan modal yang Anda miliki.

3. Memilih Lembaga investasi yang resmi dan memiliki perizinan yang jelas

Jika sudah selesai mengumpulkan beberapa refrensi sebagai pilihan investasi Anda. Lalu cek legalitas dan juga perizinan dari Lembaga investasi tersebut. Apakah resmi terdaftar di bawah naungan badan pengawas keuangan seperti OJK dan BAPPETI atau tidak. Dan, pilihlah lembaga investasi yang paling lengkap perizinannya.

Ini penting sekali agar Anda tehindar dari yang namanya investasi bodong yang biasanya dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

4. Pilihlah investasi dengan penawaran profit yang masuk akal

Selanjutnya yang harus Anda perhatikan dalam memilih investasi yang aman adalah penawaran investasi yang Anda terima. Perhatikan apakah bunga atau profit yang ditawarkan masih masuk akan atau tidak.

Jika Anda menemukan investasi dengan penawaran keuntungan sangat tinggi, justru itu harus Anda hindari. Investasi yang realistis biasanya akan memberikan penawaran profit sekitar 1% hingga 5% dalam jangka waktu 1 bulan, bahkan banyak sekali investasi yang menawarkan 10% profit dalam waktu 1 tahun, itu masuk akal.

Namun jika Anda menemukan jenis investasi yang menawarkan keuntungan tinggi bahkan dijanjikan kelipatan dari modal, lebih baik Anda tinggalkan karena kemungkinan besar itu adalah penipuan.

5. Cari testimoni dan cerita dari yang sudah berpengalaman

Agar lebih yakin silahkan Anda mencari testimoni mengenai Lembaga investasi yang Anda temukan. Anda bisa mencarinya di internet atau bisa menanyakan di forum-forum online seperti di kaskus atau forum lainnya.

Ketika Anda mendapatkan banyak testimoni positif berarti Lembaga atau produk investasi tersebut bisa Anda percaya. Namun jika Anda tidak mendapatkan testimoni sama sekali mendingan Anda mencoba refrensi yang lain. Apalagi jika sudah ada testimoni negatif, maka Anda wajib meninggalkan investasi tersebut demi keamanan dana Anda.

6. Gunakan manajer investasi apabila belum paham, jangan terjun langsung

Mengikuti program reksadana adalah program yang cukup aman untuk seorang investor pemula. Karena di dalam reksadana uang Anda akan dikelola oleh manajer investasi. Dengan mengikuti reksadana Anda juga tidak perlu pusing mencari celah kapan waktunya investasi. Anda hanya perlu melakukan deposit dan mengikuti ketentuan awalnya saja.

Nah itu tadi sobat beberapa hal penting sebagai tips memilih investasi yang aman dan tepat untuk seorang pemula. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Loading...

Tinggalkan Balasan