Pentingnya Public Relation Dalam Organisasi

Pentingnya Public Relation Dalam Organisasi !

Loading...

Apa pentingnya public relation dalam organisasi? apakah setiap organisasi butuh public relations? Ya, setiap organisasi atau perusahaan sangat membutuhkan peran penting Public Relation. Public Relations dibutuhkan untuk melancarkan proses kegiatan organisasi atau perusahaan.

Tidak semua organisasi atau perusahaan memiliki divisi atau bagian kehumasan tersendiri. Meski begitu, mayoritas organisasi atau perusahaan mengelompokkan Public Relation ke dalam divisi atau bagian tertentu. Misalnya, Public Relations termasuk ke dalam tugas divisi atau bagian Penjualan. Bagian Penjualan ini biasanya mengurusi promosi produk atau jasa organisasi atau perusahaan.

Hal yang harus diperhatikan oleh Public Relations adalah sebisa mungkin Public Relations harus dapat meyakinkan masyarakat dengan saluran komunikasi yang dimilikinya. Dengan begitu, masyarakat pun menjadi percaya dan menyebarkan isu-isu atau ide-ide yang telah ditetapkan terlebih dahulu oleh Public Relations. Hasilnya, masyarakat pun merasa terpengaruh dengan apa yang direncanakan oleh Public Relations.

Hal ini pada akhirnya akan menguntungkan bagi semua pihak, terutama organisasi atau perusahaan tempat PR tersebut bekerja. Di sinilah pentingnya public relation dalam organisasi.

DASAR PERSYARATAN PUBLIC RELATIONS

Loading...

Menurut Jefkins (1988) dalam Soemirat (2010), terdapat lima persyaratan mendasar bagi seseorang yang berprofesi sebagai Public Relations (humas):

  1. Ability to communicate (kemampuan berkomunikasi). Seorang Public Relations harus mampu berkomunikasi dengan baik terhadap semua orang dan beragam karakternya. Kemampuan komunikasi ini berupa komunikasi lisan (misalnya, presentasi di depan publik) dan tertulis (misalnya, penulisan press release dan mengelola media atau majalah).
  2. Ability to organize (kemampuan mengorganisasikan). Kemampuan mengorganisasikan dapat diartikan sebagai kemampuan manajerial. Kemampuan ini berarti bahwa seorang Public Relations harus mampu mengantisipasi masalah internal maupun eksternal organisasi atau perusahaan. Seorang PR juga harus mampu menyusun rencana dan melaksanakan kegiatannya, termasuk membuat anggaran.
  3. Ability to get on with people (kemampuan bergaul atau membina relasi). Public Relations harus mampu menciptakan networking (jaringan) dengan berbagai pihak yang berhubungan dengan organisasi atau perusahaan. Kemampuan ini membutuhkan keluwesan dalam menjalin kerja sama dengan organisasi atau perusahaan lain serta selalu mencerminkan sikap simpatik kepada orang lain.
  4. Personal integrity (berkepribadian jujur). Kejujuran merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh seorang Public Relations. Kejujuran akan membentuk kredibilitas (kepercayaan) organisasi atau perusahaan lain.
  5. Imagination (memiliki imajinasi yang kuat). Seorang Public Relations harus penuh dengan gagasan atau ide-ide serta kreativitas yang tinggi. Seorang PR juga harus mampu memecahkan masalah yang sedang dihadapi, menyusun rencana yang orisinal, serta mampu membaca peluang yang dibutuhkan oleh organisasi atau perusahaan yang sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PUBLIC RELATIONS

Untuk memenuhi syarat sebagai profesi, Public Relations (baik secara individu maupun kelompok) dalam praktiknya harus beroperasi sebagai agen moral dalam masyarakat. Praktik profesional yang etis haruslah mengutamakan kepentingan publik dan tanggung jawab sosial di atas keuntungan pribadi. Public Relations juga harus mampu melakukan analisis rasional dalam menghadapi dilema etika. Oleh karena itu, sangat penting bagi organisasi atau perusahaan untuk memiliki Public Relations yang bertanggung jawab secara sosial.

Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa selain memiliki kelebihan, Public Relations juga memiliki kelemahan.

Berikut kelebihan Public Relations yang bertanggung jawab secara sosial dalam Cutlip dkk. (2011):

  1. Public Relations meningkatkan praktik profesional dengan melakukan kodifikasi serta menegakkan perilaku etis dan standar kinerja.
  2. Public Relations meningkatkan perilaku organisasi dengan menekankan perlunya persetujuan publik.
  3. Public Relations melayani kepentingan publik dengan mengakomodasi semua sudut pandang dalam forum publik.
  4. Public Relations melayani masyarakat yang terpecah-pecah dan berbeda-beda dengan menggunakan komunikasi dan mediasi untuk menghilangkan misinformasi dan perselisihan.
  5. Public Relations memenuhi tanggung jawab sosialnya untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dengan membantu sistem sosial beradaptasi dengan perubahan dan lingkungan.
Loading...

Sedangkan berikut adalah kelemahan utama Public Relations pada praktiknya dalam Cutlip dkk. (2011):

  1. Public Relations mendapat keuntungan karena mempromosikan dan mendukung kepentingan khusus yang terkadang malah mengorbankan kesejahteraan publik.
  2. Public Relations meramaikan saluran komunikasi yang sudah padat dengan berbagai kejadian yang dibuat-buat dan ungkapan-ungkapan palsu yang mengacaukan dan membingungkan.
  3. Public Relations terkadang menggerogoti saluran komunikasi dengan sinisme dan kesenjangan kredibilitas.

Sering kali pula, Public Relations justru lebih merancukan dan mengaburkan makna ketimbang menjelaskan isu publik yang kompleks.

Media Pembelajaran Interaktif Public Relation

Anda bisa belajar dengan mudah secara offline menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Android yang telah kami sediakan di Android Play Store. Silakan unduh aplikasinya di SINI.

ebook public relation android

Sekian dulu pembahasan kami tentang pentingnya public relation dalam organisasi. Semoga bermanfaat. (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan