Agar Bisa Berhenti Merokok

Tips Ampuh Agar Bisa Berhenti Merokok Paling Efektif

Loading...

Agar bisa berhenti merokok memang butuh perjuangan. Kadang pula ada hal yang membuat kita terpaksa melakukannya. Berikut ini ada beberapa tips ampuh untuk sobat yang ingin berhenti merokok.

Merokok adalah sesuatu yang sangat merugikan untuk kesehatan seseorang. Banyaknya zat kimia yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan tentu saja menjadi penyebab utama permasalahan ini. Lantas kenapa seseorang menjadi susah untuk berhenti merokok? Adakah tips yang ampuh untuk mengatasi permasalahan ini?

Sebenarnya semua orang yang merokok tahu dampak buruk daripada rokok itu sendiri. Namun kuatnya halusinasi akan kecanduan menjadikan seseorang tidak bisa berhenti. Harus ada sebuah langkah yang jitu dan juga efektif agar keinginan sobat bisa berhenti merokok bisa berhasil, antara lain sebagai berikut:

1. Munculkan Tujuan Besar Dari Keinginan Berhenti Merokok

Segala sesuatu dimulai dari niat, begitu juga dengan keinginan untuk berhasil menghentikan kegiatan merokok. Ketika Anda sudah niat untuk berhenti merokok, coba tetapkan sebuah tujuan besar agar Anda berhasil.

Contohnya stop merokok agar bisa menabung uang untuk keperluan yang spesial. Berhenti merokok demi keluarga dan beberapa tujuan besar lainnya menyesuaikan dengan apa yang sobat inginkan.

Ingatlah beberapa dampak serius bagi kehidupan Anda agar lebih serius dalam berhenti merokok. Karena memang dampak buruk dari rokok sendiri bisa mencakup beberapa aspek kehidupan kita.

Menaruh sebuah emosi positif untuk tujuan besar akan lebih efektif karena di situ sobat akan memiliki banyak energi untuk berjuang.

2. Buatlah Tulisan Pengingat Bahwa Anda Memutuskan Berhenti Merokok

Langkah selanjutnya agar bisa berhenti merokok adalah membuat sebuah tulisan mengenai cita-cita Anda yang satu ini. Tuliskan dalam sebuah kertas yang berukuran besar lalu tempelkan di kamar atau diruang kerja Anda.

Bisa juga dengan menuliskannya pada PC, laptop atau wallpaper handphone Anda bahwa Anda sudah memutuskan hal ini.

Cara kuno yang satu ini ternyata masih efektif hingga sekarang. Karena secara tidak sadar tulisan tersebut akan memberikan sugesti terus menerus pada Anda karena sering melihatnya.

Bisa juga dengan mengumpulkan berita korban rokok, foto-foto mengerikan korban rokok, Anda cetak dan Anda tempelkan biar Anda semakin yakin untuk berhenti merokok setelah melihatnya.

3. Mulai Beritahu Orang Di sekitarmu Bahwa Kamu Hendak Berhenti Merokok

Lanjut pada langkah kedua yakni beritahukan orang di sekitar Anda bahwa Anda mulai berhenti merokok. Dari sini Anda akan banyak terbantu, karena dengan memberitahu orang di sekitarmu kamu akan ada yang membantu mengingatkan Sobat.

Selain itu kalau kita sudah berikan pengumuman pada orang di sekitar kita pastinya kita akan merasa malu untuk sembarangan merokok di depan mereka.

4. Mencari Pelampiasan Lain Sebagai Pengganti Rokok

Kalau sudah kecanduan rokok banyak yang bilang kalau mulutnya terasa asam jika tidak mengkonsumsi rokok. Solusinya adalah cari pelampiasan lain saat keinginan merokok muncul. Misalkan saja dengan cara makan camilan, makan permen dan makan makanan lain yang bisa mengalihkan perhatian mulut kita dari yang namanya rokok.

Ini biasanya cukup membantu misalkan saja ke mana sobat pergi selalu membawa permen mint dan sejenisnya.

5. Bergaul Dengan Orang Yang Tidak Merokok

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah pergaulan. Banyak remaja yang akhirnya merokok pun karena di pergaulan mereka banyak yang sudah merokok.

Tipsnya perbanyak berkumpul atau berteman dengan orang-orang tidak merokok. Mereka juga bisa hidup dengan baik tanpa rokok selama ini. Anda akan banyak belajar dari orang-orang seperti ini. Dan juga tidak akan ada yang mempengaruhi Anda untuk kembali merokok di lingkungan yang satu ini.

Bisa juga dengan menciptakan sebuah ruang setiap hari Anda agar Anda tidak bisa merokok. Contohnya memasang AC di tempat biasa sobat merokok, dari sini secara tempat secara tidak langsung akan membantu mengingatkan Anda.

6. Melakukan Target Evaluasi Untuk Stop Merokok

Tips yang ke enam agar bisa berhenti merokok adalah lakukan sebuah teknis untuk memantau perkembangan program yang Anda lakukan sekarang. Buatlah sebuah coret-coretan yang menandakan pemantauan Anda terhadap program berhenti merokok.

Mulai dari tanggal pertama Anda memutuskan untuk berhenti, kemudian lakukan ceklist setiap 2 minggu sekali. Lanjut setelah itu manjakan diri Anda ketika sudah berhasil setiap melakukan ceklist tersebut.

Cara seperti ini bisa menjadikan Anda lebih tertarik dengan program yang Anda jalankan. Berikan sebuah hadiah pada diri Anda sendiri, misalkan setiap 2 minggu sekali Anda bisa bebas makan makanan kesukaan, bisa melakukan hal yang disukai dan sejenisnya.

Lakukan semua hal di atas secara bertahap dan konsisten. Kalau memang berat untuk langsung meninggalkannya bisa menguranginya sedikit demi sedikit. Misalkan biasanya sebungkus sehari jadi sebungkus 3 hari, kebiasaan ini tentu akan menjadikan diri Anda lebih baik dari sebelumnya. Kemudian kurangi terus dengan dibarengi beberapa tips di atas sampai Anda benar-benar bisa meninggalkan rokok.

Demikian sobat sharing dari saya mengenai tips ampuh agar bisa berhenti merokok. Semoga bisa memberikan manfaat, sehat selalu dan terima kasih (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan