cara disiplin dalam menabung

Ini Dia Cara Membuatmu Disiplin Dalam Menabung

Loading...

Cara disiplin dalam menabung bisa saja berbeda-beda bagi setiap orang. Namun, apa pun caranya kedisiplinan itu adalah kunci keberhasilan kita dalam menabung. Kadang butuh kuatnya komitmen dalam diri sendiri, namun tidak jarang faktor lingkungan yang menentukan.

Menabung merupakan sebuah aktifitas menyisihkan uang atau mengumpulkan kemudian disimpan. Yang namanya disiplin menabung sebenarnya sudah diajarkan semenjak dulu kala sobat masih di sekolah dasar bukan? Benar sekali, zaman dulu dikasih buku tabungan dan mendapatkan tanda tangan setiap selesai menabung. Biasanya kalau sudah mau naik kelas atau pergantian semester akan diambil atau dibagikan. Betapa senangnya ketika ternyata tabungan menjadi lumayan banyak waktu itu.

Tanpa terasa kebiasaan menabung lambat laun ditinggalkan, semakin dewasa semakin lupa akan menabung. Sampai akhirnya benar-benar lupa akan menabung, dan ketika hendak menabung kembali susahnya minta ampun.

Entah itu karena banyaknya kebutuhan atau karena memang gaya hidup yang digunakan sudah menghabiskan sepenuhnya penghasilan kita. Pada kesempatan yang baik ini saya akan coba memberikan beberapa tips agar sobat bisa menemukan cara disipilin dalam menabung.

5 Tips Menjadikan Kita Disiplin Menabung

1. Buat Target Dan Jadwal Menabung

Mulai dari awal buatlah perencanaan terlebih dahulu, karena semua hal bermula dari rencana. Tetapkan target menabung berapa lama dan berapa banyak yang akan di dapatkan. Selain itu buatlah juga kejelasan tujuan dari menabung tersebut akan digunakan untuk keperluan apa.

Pada tahapan ini biasanya akan mudah untuk dilakukan semua orang, bahkan gampang sekali untuk melakukan tahap pertama ini.

Buatlah besaran menabung adalah nominal yang realistis yang benar-benar bisa sobat capai. Lebih baik sobat membuat perencanaan yang standar namun bisa dijalankan daripada membuat rencana yang tinggi namun tidak terlaksana.

2. Buat Reminder dan Pengingat Di Tempat Yang Sering Dilihat

Yang kedua adalah tahapan jadwal dan juga pengingat, ini juga penting. Buatlah jadwal menabung anda secara berkala Anda tetapkan dan sesuaikan juga dengan arus keluar masuk keuangan yang sobat kelola. Langkah selanjutnya setelah jadwal jadi adalah membuat remind atau pengingat, entah itu kalender alarm atau sejenisnya.

Jangan lupa tuliskan dan tempelkan di kamar atau di tempat yang sering sobat lihat agar sobat bisa selalu ingat dan sering melihat pengingat tersebut.

3. Beritahu Orang Terdekat dan Minta Bantuan Mengontrol

Menabung sendiri kadang susah dijalankan dengan disiplin, ya begitulah dalam hidup paling mudah adalah ingkar janji terhadap diri sendiri. Biasa membuat komitmen diri akan tetapi sering putus ditengah jalan. Maka dari itu ajaklah orang terdekat atau orang yang Anda percaya agar ikut mengetahui bahwa sobat sudah berniat untuk menabung. Ini biasanya akan cukup membantu, karena kita akan ada yang mengingatkan dan juga membantu menasehati kita kalau kita lupa. Selain itu berilah akses kepada orang yang sobat percaya tersebut untuk memastikan bahwa tabungan sudah di top up secara rutin.

4. Tumbuhkan Rasa Senang Selama Aktifitas Menabung

Selanjutnya adalah tumbuhkan rasa senang selama proses menabung, dalam hal ini buatlah sesuatu yang selalu menimbulkan rasa bahagia bahwa sobat sudah menabung. Misalkan saja dengan mengingat tujuan utama menabung yang dilakukan. Ingatlah itu sebagai motivasi yang menyenangkan dan jangan dibuat sebagai sebuah beban.

Temukan cara menabung yang unik dan bikin semangat. Misalnya cara menabung di celengan agar tidak bisa diambil. Atau menargetkan nominal tertentu missalnya menabung 1 juta per bulan, atau juga target capaian yang menarik lainnya.

Tumbuhkan rasa senang dengan membanyangkan barang yang akan dibeli ketika uang sudah terkumpul atau hal apa yang ingin di lakukan ketika uang terkumpul. Rasa senang ini akan menjadikan Anda lebih konsisten dalam menabung.

5. Buat Proteksi Agar Kita Bisa Mengambil Uang Sendiri

Yang terakhir lakukanlah proteksi pada tabungan tersebut agar sobat tidak bisa mengambil uang sendiri. Saya akan memberikan sebuah cara, misalkan saja sobat berikan atm kepada orang tua atau orang yang dipercaya. Jangan diberitahu kode pin nya, begitu terus setelah selesai menyimpan uang. Dengan begitu uang dalam rekening tersebut tidak akan bisa diambil.

Cara lain adalah mengikuti program menabung tahunan oleh sebuah bank atau Lembaga tertentu. Intinya adalah batasi akses untuk mengambil uang selama proses menabung berlangsung. Karena kalau tidak dibatasi akan moment khilaf atau moment tertentu yang bisa menjadikan kita mengambil uang tabungan sebelum waktunya.

Demikain sobat sharing pada kesempatan kali ini mengenai tips bagaimana cara agar kita bisa disiplin dalam menabung. Bukan tidak mungkin dengan inovasi Anda sendiri kemudian Anda bisa menemukan cara menabyng 50 juta dalam setahun.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan terima kasih. (maglearning.id)

Loading...

3 comments

Tinggalkan Balasan