Dampak Buruk Banyak Mengeluh

Ini Dampak Buruk Banyak Mengeluh Bagi Kehidupan Kita

Loading...

Jangan banyak mengeluh, karena dampak buruk banyak mengeluh ternyata bisa sangat besar ada kehidupan kita. Walaupun ini sering tidak kita sadari, namun mencoba untuk bersabar dan menahan diri untuk tidak banyak mengeluh bisa membantu kita keluar dari masalah.

Di dalam hidup kita akan sering mengalami sebuah cobaan dan juga masalah, entah itu yang ringan atau yang berat, entah itu yang sepele atau yang rumit. Dan bahkan sering kali membuat kita terus mengeluhkan hidup, Apakah sobat pernah mengalami kondisi seperti ini? Saya yakin pernah. Namun yang perlu kita ketahui sobat, bahwa terlalu sering mengeluh justru akan membawa dampak yang buruk untuk kehidupan kita.

Apa sobat pernah menemukan seseorang yang setiap datang membawa keluhan baru? Panas dikeluhkan, hujan dikeluhkan, sampai perut kenyang saja dikeluhkan. Pernah menemukan orang seperti itu. Apa jangan-jangan sobat sendiri yang seperti itu? Rasanya tidak nyaman bukan bersama dengan orang yang seperti. Kurangilah keluhan yang ada dalam hidup kita sebelum memperburuk keadaan. Biar sobat segera menjadi pribadi yang tidak gampang mengeluh, coba simak beberapa dampak buruk berikut ini.

Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengeluh Dalam Hidup

1. Masalah Semakin Rumit

Dampak yang pertama ketika seseorang terlalu sering mengeluh dalam hidup adalah masalah semakin rumit, bukannya selesai masalah tapi semakin sulit. Ini sebuah fakta bahwa saat kita dihadapkan dengan sebuah masalah, keluhan tidak akan menyelesaikan apa pun. Semakin berat masalah, harusnya kita menjadi semakin tenang, bukan semakin banyak mengeluh.

Kita harus mengurangi keluhan kita ketika menghadapi banyak persoalan dalam hidup. Dengan begitu pikiran kita akan menjadi lebih terbuka lalu menjadikan diri kita lebih cepat menemukan sebuah solusi.

2. Mengundang Banyak Hal Buruk Terjadi

Sebuah sugesti yang kita ucapkan dan yang ada dalam pikiran kita akan mempengaruhi kejadian-kejadian yang akan datang. Dengan banyak mengeluh tidak akan menjadikan kita mengalami hal baik, tapi malah sebaliknya. Orang yang sering mengeluh juga akan memicu banyak prasangka buruk yang nantinya membuat orang tersebut benar-benar mengalami apa yang disangkakan.

Kurangi mengeluh dan perbanyak positif thinking, dengan begitu akan mengundang banyak hal baik terjadi dalam kehidupan kita.

3. Memicu Penyakit

Dampak buruk selanjutnya adalah memicu penyakit. Apa hubungannya mengeluh dengan penyakit? Banyak riset yang membutuhkan orang yang mudah depresi, sering gelisah dan mudah marah akan lebih mudah terserang penyakit. Banyak mengeluh juga di dalamnya mengandung depresi, marah dan juga protes pada keadaan.

Hal ini memicu kenaikan tensi darah dalam tubuh kita dan memicu ketegangan syaraf, dan apabila terjadi berulang-ulang akan memicu penyakit hipertensi

4. Menjadikan Kita Sulit Berkembang

Seseorang yang mudah berkembang dalam hidup adalah orang yang berpikir optimis, berpikir positif, tahan banting atas sebuah cobaan dan tentu saja orang-orang tersebut tidak banyak mengeluh. Kalau kita mengalami persoalan kecil saja banyak mengeluh pasti akan lebih sulit untuk berkembang.

Selain itu banyak kata-kata keluhan yang membuat kita tidak maju seperti, aduh, sulit, dunia tidak adil dan berbagai macam kata-kata negatif lainnya.

5. Dijauhi Teman Dalam Pergaulan

Seperti yang sudah saya singgung dalam pembukaan tadi, bahwa terlalu banyak mengeluh menjadikan seseorang membosankan dan membuat kita risih dan tidak nyaman. Apalagi jika terus terusan membawa keluhan dalam pertemanan atau pergaulan. Dalam pergaulan dan pertemanan harus ada kata “saling”, kadang juga teman kita punya masalah dan kalau kita terus yang mengeluh pasti akan membuat dia menjadi benci dengan diri kita.

6. Menjadikan Seseorang Tidak Dewasa

Dampak yang lainya adalah menjadikan seseorang tidak dewasa. Dengan banyak mengeluh artinya dia tidak mampu menyelesaikan masalahnya dengan tenang. Dengan banyak mengeluh artinya dia tidak bisa menyelesaikan masalahnya dalam diam tanpa diketahui oleh orang lain. Yang artinya orang tersebut tidak atau belum mampu bersikap dewasa.

Dari beberapa dampak buruk di atas kita harusnya menyadari bahwa banyak mengeluh bukanlah hal yang bagus. Belajar berdamai dan bersyukur dengan apa pun yang kita alami adalah tindakan yang seharusnya kita latih dan biasakan. Dengan begitu kita akan lebih mudah bahagia dalam hidup.

Demikian sobat mengenai dampak buruk terlalu banyak mengeluh, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan