Taman Muajolelo

Menghabiskan Senja di Taman Muajolelo

Loading...

Mencari rekreasi yang dekat, murah, nyaman, dan memiliki konsep ruang hijau terbuka bukanlah hal mudah di Riau, terutama Kecamatan Pinggir. Di kota minyak ini telah banyak dibangun gedung-gedung megah yang dijadikan sebagai rekreasi satu-satunya. Jadi tidak heran jika tempat rekreasi alam terbuka cukup sulit didapatkan di kota ini.

Namun, masyarakat tampaknya sudah mulai sadar akan pentingnya rekreasi ruang terbuka sehingga tidak heran di kota-kota besar mulai digencarkannya pembangunan taman-taman di pusat kota sebagai penyeimbang aktivitas kota yang menjadi penyumbang polusi terbesar. Dengan adanya taman di pusat-pusat kota, temperatur yang awalnya sangat panas bisa ditekan dengan keberadaan tumbuhan-tumbuhan. Selain itu, taman juga bisa digunakan sebagai daerah serapan air.

Begitu pun masyarakat di Kecamatan Pinggir, karena adanya kesadaran dibukalah taman yang indah di depan Kantor Camat Pinggir yang berlokasi di Jalan Bathin Muajolelo. Kamu bisa menyaksikan keramaian di taman ini tatkala senja menyapa.

Banyak street food di bagian pintu masuk yang akan menemani penjelajahanmu. Taman Bathin Muajolelo ini tetap mempertahankan ciri khasnya sebagai kota minyak, hal tersebut bisa kamu temukan saat pertama kali masuk ke sana. Kamu akan menyaksikan adanya miniatur kilang minyak yang berukuran cukup besar, keberadaannya dikelilingi oleh kolam yang dihiasi dengan air mancur. Meski terkadang air mancurnya mati, kamu tetap akan menemukan keindahan pada kilang minyak yang berwarna memukau tersebut.

Pada bagian tabungnya dibuat dengan warna hitam pekat yang terdapat lingkaran berbentuk jari-jari di depannya. Kilang minyaknya sebagai pemompa dibuat berwarna biru dan orange. Ini merupakan pemandangan yang indah dan match saat kamu menyaksikannya sekitar jam setengah 6. Tidak hanya kilang minyak, kamu juga akan mendapati spot-spot berolahraga ringan di sini yang semuanya dicat dengan warna putih hijau.

Waktu Berkunjung Yang Pas

Ada lebih dari lima spot olahraga yang bisa kamu coba. Selain itu, bagi kamu yang membawa anak, di taman ini juga disediakan permainan anak yang menyenangkan, ada ayunan, perosotan, jungkit-jungkit, dan lain sebagainya. Banyak tempat duduk yang bisa kamu gunakan istirahat sambil menikmati es cappuccino yang dijual di street food bagian depan. Tanaman-tanaman yang berada di taman pun beragam, mulai dari jenis, ukuran, dan warna sehingga membuat pemandangan menjadi sangat segar.

Untuk bisa merasakan sensasi indahnya, kamu harus ke sini saat sore hari, mulai dari pukul 17:00 sampai 19:00, karena saat siang taman tetap buka, tapi karena panasnya yang menyengat, tak ada yang datang saat siang-siang bolong. Angin sepoi-sepoi akan menemani senjamu di taman ini. Hanya saja, untuk bisa duduk dengan nyaman, terkadang kamu harus rela antri karena jumlah yang terbatas.

Sambil menunggu dapat tempat duduk, kamu bisa mengambil foto dan mengabadikan momenmu di satu-satunya rekreasi yang mudah dijangkau ini, apalagi hanya dengan modal Rp. 2.000 sebagai parkir kamu sudah bisa masuk ke dalam dan merasakan keindahannya. Rute yang harus kamu lewati juga cukup mudah, jika kamu dari arah Duri, maka kamu bisa melewati Jalan Lintas Sumatera menuju arah Pinggir, ketika sampai di simpang Pasar Pinggir, kamu terus berada di Jalan Lintas Sumatera sampai kamu menemukan turunan di pertigaan sebelah kanan jalan. Ambil kanan, dan terus berada di Jalan tersebut (Jalan Bathin Muajolelo), sampai kamu menemukan miniatur kilang minyak yang ramai di sebelah kanan jalan.

Untuk kamu yang melewati rute Kandis, kamu bisa berjalan di Jalan Lintas Sumatera menuju Pinggir, tepat setelah SD Semunai, kamu akan menemukan pertigaan di sebelah kiri. Belok kiri, lalu masuk ke dalam jalan Bathin Muajolelo tersebut sejauh 1 km. Tempat yang indah ini hanya bisa kamu akses menggunakan kendaraan pribadi, karena belum ada kendaraan umum yang mengarah ke sana.

Meski dibangun di pusat kota, belum ada penginapan dan penjual oleh-oleh di sekitaran taman. Sehingga ketika hendak ke Taman Muajolelo ini, kamu harus memastikan ada saudara atau teman yang akan kamu tumpangi. Jangan khawatir dengan harga jajanan di depan taman, karena bermodal Rp. 15.000 saja kamu sudah bisa kenyang kok. Jadi, kata siapa Pinggir tidak punya rekreasi terbuka? Yuk agendakan ke sini dan nikmati pemandangan indahnya (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan