Adab Makan dan Minum Menurut Islam dan Kesehatan

Adab Makan dan Minum Menurut Islam dan Kesehatan

Loading...

Sudah tahukah sobat tentang adab makan dan minum menurut Islam dan kesehatan ? Ternyata selain lebih nikmat, makan dan minum sesuai adab islami juga membuat hidup kita sehat. Mulai dari kesehatan sistem pencernaan sampai kesehatan jiwa, plus mendatangkan kebahagiaan dunia akhirat.

Semua hal sudah diatur dengan sangat sistematis dalam Islam, mulai dari pemeluknya bangun dari tidur hingga tidur kembali. Aturan tersebut juga bukan hanya sebatas aturan di dalam rumah, tapi juga di berbagai tempat. Ajaran dalam Islam telah menatanya dengan sangat indah tanpa membatasi gerak pemeluknya.

Hanya saja, yang namanya orang-orang yang sulit menerima kebenaran pasti akan mencari celah untuk menjatuhkan Islam dengan memanfaatkan situasi ini. Misalnya, ribet, masak segala sesuatu harus diatur. Padahal sebenarnya, aturan-aturan yang ditetapkan dalam Islam murni memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia itu sendiri.

Nah, salah satunya adalah adab makan dan minum. Meski kelihatannya sangat sepele, namun siapa sangka jika makan dan minum juga ada adabnya. Hal ini sudah dicontohkan oleh Rasulullah dalam menjalani kehidupan. Menerapkan adab makan dan minum menurut Islam dan kesehatan ternyata sangat bermanfaat.

Makan dan Minum dalam Keadaan Duduk

Yap, adab makan dan minum yang pertama adalah duduk. Meski sederhana, namun ternyata menurut medis, ada loh keuntungan makan dan minum dalam keadaan duduk. Bayangkan bagaimana Rasulullah bisa menganjurkan makan dan minum dalam keadaan duduk sementara di zaman beliau ilmu medis masih belum terjamah.

Ternyata, makan dan minum berdiri cukup berbahaya bagi tubuh. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan dan minum dalam keadaan duduk, karena jika Anda makan dan minum dengan berdiri, maka lambung tidak akan bekerja dengan maksimal, dan merasa terganggu, sehingga asam lambung Anda akan secara cepat naik menuju kerongkongan, lalu menghadirkan sensasi tidak baik.

Makan dan Minum secukupnya

Loading...

Adab makan dan minum menurut Islam dan kesehatan berikutnya adalah makan dan minumlah secukupnya dan jangan berlebihan, karena berlebihan adalah perilaku yang dibenci Allah dan merupakan temannya syaithan. Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam QS. Al-A’raf ayat 31.

Makan dan minum secukupnya juga tidak akan memberikan tekanan berlebih terhadap sistem pencernaan. Akhirnya metabolisme tubuh tidak akan terganggu.

Makan dengan Tiga Jari

Apakah bisa diterapkan saat ini? Why not. Sunnah makan yang satu ini tetap bisa Anda pakai kok, meskipun sudah ada sendok dan garpu karena eksistensi dari makan dengan menggunakan tiga jari adalah kesederhanaan dan tidak serakah.

Maka, jika Anda ingin makan makanan yang berkuah menggunakan sendok, maka ini sah-sah saja. Namun, jika ingin makan makanan yang kering, seperti nasi, ada baiknya Anda menggunakan tangan, karena selain mendapat pahala karena menjalankan sunnah, Anda juga akan mendapatkan kenikmatan yang lain jika dibanding dengan makan pakai sendok.

Berdoa

Ketika makan, jangan lupa untuk berdoa, meminta keberkahan dari makanan yang akan Anda makan kepada Allah agar menjadi sesuatu yang baik dalam tubuh. Makanan yang masuk disertai doa akan membawa energi positif ke dalam tubuh. Juga akan menghindarkan diri kita pada ketergesa-gesaan dalam makan.

Loading...

Akhirnya tubuh lebih siap menerima asupan makanan. Selain menghindarkan diri dari tersedak juga cegukan, kerja sistem pencernaan juga tidak banyak terforsir. Berdoa adalah salah satu adab makan dan minum menurut Islam dan kesehatan.

Mengambil yang Terdekat

Jika Anda sedang makan bersama, maka ambillah makanan yang paling dekat dengan posisi Anda. Sabda tentang hal ini pernah dikeluarkan Rosullah saat makan bersama cucunya.

Meresapi makna ada ini akan menghindarkan diri kita dari serakah dan melatih kesabaran. Dalam pergaulan juga demikian, bila kita sedang makan bersama maka orang di sekitar kita akan merasa dihormati serta mencontohkan sikap tidak tamak.

Tidak Mencela Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman dalam Islam tidak hanya sekedar urusan perut belaka. Ada dampak panjang yang menanti di dalamnya. Jika Anda ditawarkan sebuah makanan atau minuman yang tidak sama sekali Anda sukai, maka jangan mencela makanan tersebut. Cukup tolak dengan halus tanpa harus mencela makanannya.

Makan dengan Tangan Kanan

Poin ini tentu sudah sangat umum diketahui oleh siapa pun ya. Hal ini bermakna bahwa makan dan minum adalah perbuatan baik dan disertai niat baik untuk ibadah kepada Allah Swt. Juga dengan tangan kanan berarti bahwa kita harus selalu menjaga kesehatan ketika menerapkan adab makan dan minum menurut Islam dan kesehatan.

Demikian beberapa adab makan dan minum dalam Islam, jangan lupa untuk mempraktikkannya. Apa pun makanan yang Sobat santap, jangan lupa untuk tetap mengaplikasikan adab di atas, karena Anda akan mendapatkan bonus berupa pahala. Mari mulai berburu pahala dari hal-hal sederhana yang sudah digambarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah. Terimakasih (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan