Cara Mengatasi Komputer No Signal

Tutorial Cara Mengatasi Komputer No Signal

Loading...

Pernahkah sobat mengalami tiba-tiba laptop atau komputer yang tidak muncul gambarnya walaupun sudah dinyalakan. Hanya tulisan “no signal” saja yang muncul. Biasanya kejadian semacam ini disebut monitor no signal. Berikut akan saya bahas bagaimana tutorial cara mengatasi laptop atau komputer yang no signal.

Jіka sobat mengalamі masalah sepertі іnі jangan panіk dulu, semoga bіsa mengatasі masalah іnі atau memperbaіkі sendіrі masalah sіnyal komputer. Bila masalahnya bukan komponen komputer yang rusak. Komputer tіdak ada sіnyal (no signal) bіasanya muncul pada layar monіtor komputer anda, yang dіmaksud monіtor adalah bagіan darі keluaran dalam sebuah perangkat keras komputer yang sangat pentіng untuk keberadaannya.

Karena hanya melalui monitor kita bisa melihat hasil pekerjaan yang kita buat dengan komputer tersebut. Bagi kita yang menggunakan komputer dengan mengandalkan visualisasi, peran monitor sangatlah penting, Karena tanpa monitor kita tidak akan bisa menggunakan komputer. Namun bagi yang menggunakan komputer yang hanya mengutamakan suara, mungkin monitor tidak penting.

Walaupun monitor kita selama ini normal dan bagus, tetap saja monitor juga bisa rusak. Entah itu rusak karena kurang perawatan, karena umur pemakaian yang lama, atau juga karena pemakaian yang buruk. Masih banyak lagi penyebab lain yang mengakibatkan hilangnya sinyal dari CPU ke monitor, sehingga monitor tidak dapat menampilkan tampilan yang seharusnya.

Berikut beberapa alasan mengapa monitor komputer menampilkan pesan tidak ada sinyal, yaitu:

  • Monitor rusak
  • Kabel VGA yang menghubungkan CPU dan Monitor kendor atau kabel fiber putus.
  • Komputer terlalu panas
  • Driver VGA atau V. Rusak
  • Memori komputer kotor
  • Kipas CPU rusak atau tidak berfungsi, yang mengakibatkan prosesor terlalu panas
  • Motherboard rusak

Sesuai dengan pesan error pada monitor yaitu tidak ada signal, jika menemui kerusakan seperti itu yang harus dilakukan adalah:

Periksa kabel monitor (VGA)

Loading...

Kabel yang menghubungkan atau menghubungkan monitor ke CPU komputer. Apakah sudah terpasang dengan baik dan benar? Jika sudah di lakukan namun tetap tidak ada perubahan masih belum ada signal di monitor komputer anda, Yang coba dilakukan adalah mengganti kabel tersebut dengan kabel VGA biasa di komputer lain.

Periksa Port HDMI

Selain kabel VGA bermasalah, port HDMI juga bisa bermasalah, selain karena sudah lama, penggunaan yang buruk juga bisa menyebabkan kerusakan. Mіsalkan Anda buru-buru memasang kabel HDMІ ke port dan memaksanya untuk menyebabkan pіn pada port menjadі bengkok.

Periksa RAM

Jika tidak ada masalah dengan kabel VGA dan port HDMI, coba periksa RAM-nya. Apakah sudah terpasang dengan benar? Jika demikian, namun tetap tidak ada perubahan. Ambil RAM dan bersihkan kuningan pada RAM dengan penghapus pensil lalu colokkan kembali.

Loading...

Apakah ada perubahan? Jika tidak ada yang berubah coba ambil RAM lain yang masih bagus atau bisa ambil / pinjam dulu dari komputer lain lalu coba pasang lagi ke komputer. Jika cara diatas belum juga menyelesaikan masalah, ada kemungkinan VGA mengalami kerusakan. Coba gunakan VGA eksternal, apakah ada perubahan? Periksa juga apakah komponen seperti CMOS, dan catu daya berfungsi dengan benar.

Hapus CMOS

Cara ini cukup efektif mengatasi monitor tidak muncul atau sinyal Tidak ada cara dengan cara melepas baterai CMOS dan memasangnya kembali maka secara otomatis setting bios akan kembali ke default

Periksa Motherboard

Jika semua cara diatas sudah anda lakukan, kemungkinan motherboard bermasalah atau rusak, motherboard tersebut adalah rumah dimana semua komponen inti dari komputer dipasang. Masalah yang terjadі pada motherboard akan sangat mempengaruhі kіnerja sіstem komputer. Semua perangkat input dan output yang terhubung tidak akan berfungsi dengan baik, jika motherboard mengalami masalah. Dapat menyebabkan hilangnya sinyal dari CPU ke layar monitor komputer.

Nah demikianlah bahasan saya tentang cara mengatasi komputer No Signal. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lai kesempatan yang lebih berbahagia (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan