Penyebab Anak Tidak Sopan Kepada Orang Tua

Penyebab Anak Tidak Sopan Kepada Orang Tua

Loading...

Penyebab Anak Tidak Sopan Kepada Orang Tua – Ada stigma yang menyatakan bahwa anak zaman sekarang itu tidak sopan sulit diatur. Apakah hal ini seutuhnya benar ? Tentu saja tidak kenyataannya pada setiap zamannya baik dulu atau sekarang pasti ada yang namanya anak berperilaku buruk.

Anak yang berbuat tidak sopan pasti ada penyebabnya. Percayalah tidak ada anak yang benar-benar nakal. Mungkin ada hal-hal yang perlu dikomunikasikan dengan cara yang berbeda oleh mereka.

Untuk itu di artikel ini akan dibahas secara ringkas tentang penyebab anak bertindak tidak sopan kepada orang tua.

Kurangnya komunikasi anak dengan orang tua

Komunikasi itu penting dalam hubungan keluarga, jika komponen ini tidak tercukupi besar kemungkinan adanya gesekan salah satunya adalah perilaku anak yang kurang sopan. Orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya kadang membuat waktu bersama anak menjadi kurang. Alhasil anak tidak merasakan kedekatan emosional dengan orang tua.

Anak yang tidak dekat dengan orang tua bisa membuatnya menjadi pribadi yang tidak sopan. Mereka akhirnya melakukan berbagai hal negatif. Yang semata-mata tujuannya adalah agar orang tua bisa peduli kepadanya.

Tidak menemukan tempat sosialisasi yang tepat

Keluarga memanglah lingkungan sosial pertama bagi seorang anak. Anak mengenal ayah, ibu dan saudaranya ditingkatkan sosial ini. Namun anak juga perlu di ajak bersosialisasi dengan orang lain. Ini diperlukan agar anak bisa tumbuh rasa hormatnya kepada orang lain. Anak akan lebih paham tentang peranan sosialnya di dalam masyarakat.

Anak yang tidak diperkenalkan dengan tempat sosialisasi beragam. Akan terhambat dalam perkembangan simpati dan empati yang. Jika dibiarkan anak akan menjadi pribadi yang tidak sopan terhadap orang lain.

Tidak tegas terhadap anak

Salah satu penyebab anak tidak sopan kepada orang tua bisa jadi adalah orang tuanya sendiri. Sebagai orang tua kita memang wajib menyayangi anak. Tapi juga harus bersikap tegas saat anak melakukan kesalahan. Jika anak melakukan kesalahan dan orang tua melakukan pembiaran ini akan membuat anak menyepelekan apa yang telah diperbuat.

Perkenalkanlah anak pada nilai kebaikan dan menjauhi sifat buruk. Jika anak berbuat salah berilah teguran. Kebiasaan seperti ini akan membuat anak lebih menghargai nasehat yang diberikan orang tua.

Selalu dimanja orang tua

Boleh saja memberi hadiah saat anak mendapat prestasi membanggakan. Namun harus dalam kapasitas yang tepat. Jangan sampai kita memberikan sesuatu yang berlebihan. Anak-anak yang terlalu dimanjakan akan membuat mereka kurang menghargai perjuangan orang tua dan bisa bertindak tidak sopan.

Yang bagus adalah berusaha berlaku adil terhadap anak. Seimbangkanlah antara hak dan kewajiban. Jika anak mampu melaksanakan haknya maka pantaslah ia mendapat hadiah. Namun bila ia melakukan kesalahan jangan ragu berikan hukuman.

KESIMPULAN

Anak bisa menjadi tidak sopan karena ada faktor penyebab. Seperti kurangnya komunikasi keluarga, terlalu sering dimanja, faktor tempat sosialisasi dan yang lainnya. Orang tua harus memberikan kesadaran kepada anak tentang Budi pekerti luhur agar anak menghormati orang di sekitarnya.

Namun, ada yang lebih penting lagi, yaitu segera observasi lingkungan sekitar anak, siapa yang paling dekat dengannya, siapa yang menjadi panutannya, dan ajak ia berkomunikasi secara intens. Setelah ketemu titik masalahnya dan apa yang menjadi penyebab anak tidak sopan kepada orang tua, maka segera lakuan tindakan perbaikan. Semoga sukses dan bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan