Prospek kerja Lulusan Sastra Indonesia

Prospek kerja Lulusan Sastra Indonesia

Loading...

Prospek kerja Lulusan Sastra Indonesia – Ada anggapan bahwa seorang yang lulus dari jurusan sastra Indonesia tidak memiliki masa depan yang cerah, karena berasal dari jurusan yang sepi peminat, kurang populer bila dibandingkan jurusan lain seperti: kedokteran, akuntansi, teknik dan sejenisnya.

Lulusan sastra Indonesia tidak melulu berakhir menjadi guru atau sastrawan. Masih banyak profesi yang bisa dimiliki oleh lulusan sastra Indonesia dan memiliki peluang besar untuk sukses sama seperti jurusan lain.

Untuk lebih lengkapnya diartikel ini akan dibahas tentang prospek kerja lulusan sastra Indonesia:

Wartawan

Seorang wartawan membutuhkan kemampuan linguistik yang mumpuni dan itu adalah makanan sehari-hari seorang fresh graduate jurusan sastra Indonesia. Saat kuliah sastra Indonesia kita diajari menulis, kita diajari cara membuat berita, menganalisis fenomena sosial dan masih banyak hal lagi. Kemampuan ini sangat membantu bila kita ingin menjadi seorang wartawan.

Ketika menjadi seorang wartawan kita tidak akan hanya menulis berita di depan laptop saja, kita juga akan mendapat privilage seperti pergi ke suatu daerah gratis, bertemu orang-orang penting dan hal seru lainnya.

Penulis

Salah satu prospek kerja lulusan sastra Indonesia yang tidak ada matinya adalah menjadi seorang penulis. Bagi kamu lulusan sastra Indonesia yang hobi menulis, profesi tepat untuk menyalurkan hal itu adalah menjadi penulis. Dengan semakin berkembangnya sosial media ini menjadi wadah yang tepat untuk menuangkan ide tulisan menjadi karya.

Loading...

Kita bisa menjadi content writer, penulis novel, penulis script atau copy writer. Semua pekerjaan ini akan lebih mudah dijalani saat kita memiliki latar sebagai lulusan sastra Indonesia. Jangan salah menjadi penulis juga bisa mendapatkan penghasilan yang banyak lho.

Editor

Bila kamu memiliki jiwa perfeksionis serta teliti bisa jadi cocok untuk menjadi seorang editor. Apalagi bila kamu merupakan lulusan sastra Indonesia. Kemampuan menulis secara benar sudah menjadi santapan sehari-hari saat kuliah.

Editor sendiri merupakan orang dibalik layar dalam sebuah penerbitan karya buku. Editor bertugas untuk meneliti tulisan, mengoreksi tulisan, menambah atau mengurangi isi dari sebuah tulisan agar menarik. Intinya editor harus memastikan sebuah karya yang dieditnya menjadi sebuah karya yang bisa dinikmati semua orang.

Social media manager

Salah satu profesi baru di era Milenial yang menarik untuk dicoba adalah menjadi social media manager. Profesi sangat cocok buat kamu yang suka update dimedia sosial, kamu sangat tertarik untuk mempopulerkan akun media sosial. Apalagi jika kamu lulusan sastra Indonesia yang sudah dibekali pelajaran copy writing.

Loading...

Nah, ini adalah salah satu prospek kerja lulusan sastra Indonesia kekinian. Beberapa tahun lalu profesi ini masih belum ada. Apa lagi sekarang jamannya di mana reputasi bisnis adalah segalanya bagi perusahaan atau organisasi.

Social media manager memiliki tugas Mengurusi segala sesuatu dari media sosial klien. Seperti: meningkatkan engagement, mempopulerkan brand image, update content, serta melakukan promosi iklan. Profesi ini masih sangat menggiurkan karena masih sedikit orang mengetahui profesi ini.

Public relations

Menjadi bagian dari public relations atau humas sebuah organisasi atau perusahaan juga bisa lho dijadikan lulusan sastra Indonesia sebagai Indonesia. Apalagi profesi ini termasuk pekerjaan idaman banyak orang. Kemampuan komunikasi yang dilatih saat kuliah di jurusan sastra akan membuat kita punya nilai lebih di mata saat mengajukan diri bekerja dibidang ini.

Ketika menjadi bagian penting dari public relations kita dituntut untuk pandai berkomunikasi, mudah bergaul dan kuat menghadapi tantangan baru. Nah, para lulusan sastra pasti jago dan berpengalaman untuk urusan yang satu ini.

Demikianlah bahasan singkat kami tentang prospek kerja lulusan Sastra Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi sobat yang sedang bimbang dalam mengambil keputusan jurusan kuliah yang diminati. Semoga sukses dan salam belajar menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan