Cara Menjaga Daya Ingat Tetap Kuat

Cara Menjaga Daya Ingat Tetap Kuat

Loading...

Cara Menjaga Daya Ingat Tetap Kuat – Lupa adalah fenomena yang pernah dialami semua manusia. Otak memang tidak akan bisa mengingat semua hal, secara naluriah otak akan membuang ingatan-ingatan yang tidak terlalu penting.

Sifat pelupa juga bisa dialami manusia yang berada di usia muda. Lantas solusi seperti apa yang bisa membuat daya ingat otak terjaga saat usia muda ?

Simak ulasan singkat berikut ini. Ada beberapa cara untuk menjaga daya ingat kita tetap kuat baik di usia muda maupun ketika sudah tua.

Buat sticky note

Solusi sederhana yang bisa mengatasi masalah kelupaan adalah dengan membuat sticky note. Lupa yang terjadi berulang adalah tanda bahwa otak memiliki daya ingat yang menurun, maka dari itu membuat sticky note akan membantu tugas otak dalam mengingat sesuatu.

Tulis sesuatu yang penting dalam secarik sticky note, taruh benda ini di ruangan yang mudah diingat seperti didinding ruang tamu dan sebagainya. Sticky note yang berwarna-warni juga akan merangsang peningkatan long term memori pada otak.

Buat catatan khusus

Cara agar otak memiliki daya ingat yang kuat adalah dengan membiasakan menulis. Menulis adalah kegiatan yang bisa merangsang keaktifan otak. Catatlah hal penting yang sangat perlu diingat lalu bawa catatan itu seserius mungkin, agar saat kita lupa bisa langsung membuka catatan tersebut.

Dalam menulis catatan kita bisa menggunakan buku diary, jurnal atau aplikasi android. Sering untuk membuka catatan yang telah dibuat akan meminimalisir terjadinya lupa.

Kurangi makanan yang manis

Cara untuk menjaga daya ingat kita tetap kuat adalah dengan mengurangi makanan dan minuman yang manis-manis. Dikutip dari jurnal Behavioral Brain Research tahun 2016 menyatakan bahwa terlalu banyak konsumsi makanan manis akan menurunkan kemampuan mengingat otak.

Gula bukan hanya bisa menjadi penghambat kelancaran darah tapi juga bisa merusak sel otak. Maka dari itu makan itu harus memperhatikan porsi, Jenis makanan dan gizinya.

Sobat bisa mengganti gula dengan madu asli. Walaupun tidak terlalu manis madu bisa menambah kenikmatan makanan atau minuman.

Bermain permainan asah otak

Solusi untuk orang yang ingin belajar meningkatkan kemampuan otak tapi dengan cara yang menyenangkan adalah dengan bermain game edukasi. Permainan seperti puzzle, Lego, monopoli dan permainan sejenisnya.

Permainan tersebut memberi rasa kenyamanan, funny dan bagus dijadikan media mengingat sesuatu. Semakin rajin semakin cepat otak akan berkembang

Tidur yang cukup

Sesibuk-sibuknya kita dalam beraktivitas tetap jangan lupa untuk beristirahat. Tidur bukan hanya mengistirahatkan mata tapi juga bisa untuk mengistirahatkan pikiran. Otak adalah bagian tubuh yang sangat aktif, mereka bisa menyimpan berbagai ingatan dalam waktu lama. Maka dari itu kita harus menyiasati keadaan dengan mengontrol otak agar tidak terlalu overthinking.

Salah satu caranya dengan tidur, tidur dalam porsi 7-8 jam per hari sudah cukup untuk mengembalikan energi tubuh dan memperkuat ingatan otak.

Demikianlah bahasan kami tentang beberapa cara untuk menjaga daya ingat kita tetap kuat. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sehat selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan