Mengenal Jurusan Zoologi

Mengenal Jurusan Zoologi Cocok Untuk Pecinta Hewan

Loading...

Mengenal Jurusan Zoologi Cocok Untuk Pecinta Hewan – Di dunia perkuliahan ada banyak sekali jurusan non populer yang layak untuk dipelajari salah satunya jurusan zoologi. Gambaran mengenai jurusan ini bisa kita lihat di film-film dokumenter hewan seperti national geographic.

Untuk membuat film tersebut dibutuhkan kesabaran ekstra, karena kita harus meneliti tentang seluk-beluk hewan baik perilaku, ekosistem, cara berkembang biak dan sebagainya. Orang yang punya kompetensi ini disebut zoologist dan agar bisa menjadi zoologist kita perlu mengambil jurusan zoologi.

Pentingnya Jurusan Zoologi dan Perbedaannya dengan Kedokteran Hewan

Ilmu Zoologi dan kedokteran hewan sepintas memang seperti jurusan yang sama namun sebenarnya kedua jurusan ini berbeda lho. Jurusan kedokteran hewan lebih menitikberatkan pada penyakit yang terjadi pada hewan, obat dan perkembangan biakan hewan,

 sementara jurusan zoologi mempunyai spektrum yang lebih luas lagi belajar tentang anatomi hewan, evolusinya, perilakunya, dan ekosistemnya. Bisa dikatakan zoologi adalah cabang ilmu biologi namun khusus Membahas tentang hewan.

Meskipun termasuk jurusan non populer, nyatanya seorang lulusan zoologi sangat diperlukan keberadaannya. Terkhusus di Indonesia negara yang punya kekayaan flora dan fauna yang tersebar dari ujung barat hingga ujung timur.

Manusia sebagai pemimpin dunia punya kewajiban ekosistem alam, jika hewan terancam punah tentu akan berdampak buruk bagi manusia. Dan untuk mengemban tugas mulia ini diperlukanlah seorang zoologist

Karakter Orang Yang Cocok di Jurusan Zoologi

Yang pasti bila kamu serius terjun di bidang ini, kamu harus punya passion dalam dunia hewan. Karena jurusan ini memang akan membuat kamu meneliti segala hal tentang hewan, bahkan diperlukan study langsung ke habitat hewan.

Selain passion kamu juga harus punya keberanian dikarenakan Jurusan ini banyak melakukan praktik di lapangan, kamu harus siap berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan dihutan dan berbaur langsung dengan hewan. Kamu juga harus punya empati terhadap hewan, punya rasa untuk melindungi hewan dari kepunahan.

Mata Kuliah Jurusan Zoologi

Secara garis besar jurusan ini akan banyak mempelajari tentang anatomi hewan, psikologi hewan, dan cara hidup hewan. Detailnya di semester awal kita akan mempelajari tentang Anatomi Veteriner, praktikum anatomi dan embriologi veteriner. Dan pada semester akhir kita belajar tentang reproduksi, biokimia, penyakit hewan dan cara mengembang biakkan hewan.

Lapangan kerja lulusan zoologi juga luas. Kita bisa menjadi peneliti di kementerian kehutanan dan lembaga perlindungan hewan. Jika kita hobi menulis dan memotret cocok juga untuk menjadi wartawan hewan. Dan terakhir kita juga bisa menjadi volunteer dalam program-program penyelamatan hewan.

Itu tadi bahasan singkat kami tentang kuliah jurusan zoologi. Semoga tulisan ini bermanfaat. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Salam belajar menyenangkan, kapan saja di mana saja (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan