Manfaat Menyadari Kelemahan Diri Sendiri

Manfaat Menyadari Kelemahan Diri Sendiri

Loading...

Manfaat Menyadari Kelemahan Diri Sendiri – Tidak ada makhluk yang sempurna begitu juga manusia. Sesempurna sempurnanya manusia pasti juga pernah mengalami kesalahan. Namun ada beberapa kasus di mana sebagian orang merasa sulit, gengsi untuk mengakui kesalahannya. Merasa bahwa mengakui kesalahan adalah tindakan memalukan.

Padahal anggapan ini adalah salah. Tidak mengakui kesalahan sejatinya adalah kesalahan. Mengakui ketidaksempurnaan dan kesalahan adalah hal yang wajar. Dan seharusnya dibiasakan agar kita bisa berintrospeksi dengan diri kita sendiri.

Selain itu, ternyata banyak manfaat dari menyadari kelemahan diri sendiri yang akan kita dapatkan. Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah uraian ringkas mengenai manfaat menyadari kelemahan diri sendiri.

Sebagai motivasi agar menjadi pribadi yang lebih baik

Mengakui ketidaksempurnaan diri sendiri bukanlah berarti merendahkan diri sendiri. Ketika kita mengakui segala kekurangan apa yang kita punya membuat kita lebih sadar untuk memperbaiki diri.

Kita akan termotivasi menjadi pribadi yang lebih baik. Mengamati setiap kekurangan dan berusaha memperbaikinya. Kita juga akan lebih menerima bila ada kritik dari orang lain.

Terhindar dari sikap arogan

Sikap percaya diri memanglah bagus tapi kalau berlebihan bisa menjadi bumerang buat kita. Kita bisa menjadi sombong, arogan, merasa paling benar sendiri dan itu bukanlah sikap yang baik. Sifat seperti itu tidak akan membuat kita menjadi pribadi yang diterima orang.

Arogan hanya akan membuat kita semakin buta dan menjauhkan kita dari yang namanya kesuksesan.

Lebih menghargai orang lain

Dengan belajar mengakui kelemahan dan ketidaksempurnaan diri sendiri akan membuat kita lebih peka dengan kondisi di sekitarnya. Ada banyak sekali orang didunia ini mengalami kondisi yang tidak beruntung. Baik secara ekonomi, keluarga, mentalitas dan hal-hal lain.

Kita tidak akan merasa sendiri menghadapi segala masalah. Toh masih banyak orang yang nasibnya jauh lebih buruk dari Kita. Dengan mengakui ketidaksempurnaan itu artinya kita berhasil berdamai dengan kekurangan kita. Kita berhasil mengatasi rasa malu dan menjadikan apa yang kita punya sebagai alasan untuk bersyukur.

Menerima apa pun yang telah Tuhan berikan

Manfaat Menyadari Kelemahan Diri Sendiri berikutnya adalah hidup menjadi lebih tenang. Berdamai dengan kekurangan kita akan berdampak penting dengan cara kita memandang dunia. Kita akan menerima dengan apa yang telah diberikan tuhan terhadap kita. Ketika kita mendapat ujian kita akan bersabar, ketika kita mendapat rezeki kita akan bersyukur.

Kita akan dihindarkan dari sifat rakus dan kufur nikmat. Dengan mengakui ketidaksempurnaan kita akan memiliki jiwa besar untuk menerima apa pun yang telah direncanakan oleh yang di atas. Apa pun pemberian-Nya kita tidak akan mengeluh.

Tidak pantang menyerah saat menghadapi kegagalan

Yang namanya hidup pasti penuh cobaan, tidak ada yang berjalan mulus begitu saja. Sekalipun kita ingin kehidupan yang sempurna, pada kenyataannya hidup akan selalu mempertemukan kita dengan berbagai kendala.

Ketika kita mengakui ketidaksempurnaan, kita akan lebih sabar saat menerima kegagalan. Kita tidak akan Menyalahkan keadaan dan memilih untuk berjuang kembali. Sebaliknya jika kita tidak berdamai dengan kekurangan, kita akan lebih sulit move on saat usaha kita tidak berjalan sesuai rencana.

Lebih mudah bekerja sama

Orang mau menyadari kelemahan diri sendiri akan membuat mereka lebih mudah bekerja sama dengan orang lain. Bekerja sama sejatinya adalah saling melengkapi kekurangan masing-masing.

Bekerja sama tidak hanya dalam masalah kehidupan sehari-hari dalam keluarga dan bermasyarakat, juga bisa dalam hal bisnis atau pun urusan pengembangan profesionalitas. Ketika kita saling bekerja sama maka kelemahan-kelemahan akan tertutupi dan sekaligus menjelma menjadi kekuatan yang luar biasa.

Lihat saja contohnya dalam bisnis, perusahaan besar pun perlu bekerja sama untuk menjadi lebih baik. Lihat saja bagaimana Avanza dan Xenia bertahun-tahun merajai pasar mobil Indonesia sebagai buah karya kerja sama antara Toyota dan Daihatsu.

Kerja sama yang cerdas ini kemudian terus berlanjut dan bahkan mulai banyak ditiru oleh para pesaingnya. Bila perusahaan besar saja bekerja sama, mengapa kita tidak?

Nah, itu tadi bahasan singkat saya mengenai apa saja Manfaat Menyadari Kelemahan Diri Sendiri. Semoga bermanfaat dan salam belajar menyenangkan (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan