Kumpulan Doa Muslim Untuk Mendoakan Orang Tua

Kumpulan Doa Muslim Untuk Mendoakan Orang Tua

Loading...

Kumpulan Doa Muslim Untuk Mendoakan Orang Tua – Agama Islam sangat menjunjung tinggi peran orang tua. Seorang muslim diwajibkan berbakti kepada orang tua. Kita harus menyayangi, menghormati dan mencintai orang tua.

Anak yang berbakti dengan orang tua akan mendapatkan Berbagai kemudian dari Allah dan senantiasa mendapat ridho dari-Nya. Amalan Sholeh yang bisa dilakukan anak dengan orang tuanya adalah berdoa.

Berikut ini adalah macam-macam doa yang bisa kita panjatkan kepada orang tua, agar senantiasa sehat, di beri barokah dan harapan baik lainnya:

Doa untuk orang tua yang masih hidup

Allahumma fighfirlii wa liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shokhiroon 
Artinya: 

“Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku. Baik ibu maupun bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.” 

Doa ini merupakan bentuk permohonan anak, agar orangtuanya diampuni segala dosanya oleh Allah, dan permohonan agar Allah menyayangi kedua orang tua kita sebagaimana besarnya mereka menyayangi kita.

Doa untuk orang tua agar diangkat penyakitnya

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama. 

Artinya: 
“Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia 
kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali 
kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.” 

Ketika orang tua sedang sakit, doakanlah mereka agar Allah segera angkat penyakitnya dan diberi kesembuhan, karena hanya Allah yang bisa menyembuhkan penyakit.

Doa orang tua yang mengidap sakit serius

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli. 

Artinya: 
“Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.” 

Hanya Allah dzat yang mengatur umur manusia, maka dari itu serahkan segala keputusan hanya kepada Allah termasuk saat orang tua sakit keras. Bila Allah masih meridhoi, Allah akan memberikan kesembuhan, namun bila Allah berkehendak lain maka itu adalah jalan terbaik.

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ 
madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas. 

Wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: 
“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah dia di tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan dan dosa seperti baju putih yang bersih dari kotoran. 

Dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga-Mu, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.” 

Walaupun orang tua kita sudah meninggal, ada amalan yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka saat berada di akhirat yaitu mendoakannya. Doa Anak Sholeh akan didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT. Kita mohon agar Orang tua diberikan tempat terbaik, diberikan kelapangan jalan untuk di surga dan dijauhkan dari api neraka. Aamiin…… (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan