Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Ribet

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Ribet

Loading...

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Ribet – Di era serba digital ini fungsi laptop tidak bisa dipinggirkan. Kebutuhan untuk berinternet, transaksi online hingga belajar online bisa dilakukan oleh perangkat yang satu ini. Apalagi di masa Pandemi ini, yang memaksa orang harus beradaptasi dengan gaya hidup baru yang lebih mengutamakan interaksi secara virtual, praktis laptop sangat diperlukan.

Namun sama seperti perangkat lainnya, laptop kinerjanya bisa menurun, laptop menjadi lemot dan tidak maksimal untuk dipakai. Ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah ini seperti terlalu banyak aplikasi atau instrumen laptop yang perlu upgrade.

Juga kadang terlalu banyak file yang tidak perlu yang memenuhi ruang penyimpanan, bahkan ada yang sampai mengganggu eksekusi kerja sistem operasi. Namun, jangan terburu-buru untuk mengganti laptop baru, karena kita bisa kembalikan performa laptop seperti sediakala, bahkan bisa lebih cepat dari waktu kali pertama beli.

Kali ini kita akan membahas 5 cara mengatasi laptop lemot tanpa ribet. Berikut ini kelima cara tersebut:

Pakai SSD

Jika penyimpanan laptop masih menggunakan Hardisk, sangat disarankan untuk diganti jadi SSD untuk menghindari kinerja yang lemot. SSD jauh lebih cepat dari HDD. Kinerja laptop akan lebih cepat bila menggunakan SSD. Pertimbangan lain dari sisi harga, ada kok yang harganya setara HDD walaupun dengan kapasitas yang lebih kecil. SSD bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Bila mengganti HDD dengan SSD ini laptop kita akan menjadi kencang seperti sediakala, bahkan jauh lebih cepat dari barunya dulu. Tapi dengan asumsi semua komponen lainnya masih normal lho ya.

Sedikit tips untuk menghindari lemot, pastikan SSD laptop selalu memiliki ruang minimal 15 % dari total ukurannya. Hapus file yang tidak dibutuhkan agar laptop terjaga kelancarannya. Terutama yang ada dalam drive C.

Tingkatkan RAM

Cara mengatasi laptop lemot tanpa ribet selanjutnya adalah uprade RAM. Laptop keluaran lawas biasanya hanya dilengkapi 1 Gb sampai 2 Gb RAM Saja, dan tentu akan tidak maksimal bila menjalankan aplikasi-aplikasi terbaru. Tidak usah terburu-buru beli laptop anyar. Cukup upgrade saja RAM nya. Misalnya dari 2 Gb menjadi 4 Gb.

Laptop dengan RAM lebih tinggi dan biasanya dua RAM tentu akan membuat performa laptop lebih kencang dan tentunya akan meningkatkan user experience. Untuk kebutuhan masa sekarang setidaknya laptop harus punya RAM minimal 8 GB, jika kurang dari itu bisa di upgrade lagi menjadi 16Gb. Namun, saya kira untuk pekerjaan kantoran dan keperluan mahasiswa normal 4Gb sd 8Gb sudah bisa diandalkan.

Tutup Tab Browser

Jika masalah lag sering terjadi saat mengakses internet, mungkin dikarenakan fitur tab yang terlalu banyak digunakan. Fitur tab memang akan meningkatkan mobilitas tapi harus digunakan secara bijak. Karena tab yang terlalu banyak akan menyebabkan lah pada laptop. Jika sudah seperti ini tak ada pilihan selain menutup tab yang tidak perlu.

Hapus File Tak Perlu

Menumpuknya file yang jarang digunakan sebaiknya harus segera dihapus. Terlebih bila file tersebut juga memuat cache, cookies dan proses instalasi yang berukuran besar.

Sediakan aplikasi task manager seperti CC Cleaner agar kita bisa memonitor aplikasi yang menumpuk. Untuk langkah penghapusan silakan ikuti instruksi ini: Pilih Menu: Start -> All Programs -> Accesories -> Systems Tool -> Disk Cleanup.

Install Ulang

Jika laptop mengalahkan lemot yang parah, ada cara jitu untuk mengatasinya yaitu dengan install ulang. Pastikan data-data penting sudah dibackup terlebih dahulu. Pasalnya dalam install ulang, laptop akan menghapus semua file dan kembali pada settingan awal.

Demikianlah bahasan ringkas tentang 5 cara mengatasi laptop lemot tanpa ribet yang kami rekomendasikan. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan