Keutamaan Seorang Muslim Membaca Sholawat

Keutamaan Seorang Muslim Membaca Sholawat

Loading...

Keutamaan Seorang Muslim Membaca Sholawat – Sebagai seorang muslim kita harus menjunjung tinggi suri tauladan kita Nabi besar Muhammad Saw. Nabi dengan segala pengorbanannya berjuang untuk tegaknya agama Islam. Islam masih tegak berdiri hingga sekarang karena jerih payahnya.

Sholawat adalah bentuk pengungkapan rasa cinta kita kepada nabi Muhammad Saw. Kita panjatkan doa dan Rahmat kepada beliau beserta keluarga dan sahabatnya.

Membaca sholawat bagi seorang muslim sangat dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan. Apa saja keutamaan dan kegunaan seorang muslim dalam membaca sholawat? Berikut ini adalah ulasan ringkasnya:

Bentuk cinta

Keutamaan pertama dari sholawat adalah sebagai bentuk pengungkapan rasa cinta kita kepada Baginda nabi Muhammad Saw. Meskipun beliau sudah wafat bahkan jauh sebelum kita dilahirkan. Tapi hangatnya kasih sayang beliau ke pada pengikutnya akan tetap abadi hingga akhir zaman.

Sholawat adalah media yang ampuh untuk mendekatkan kita kepada nabi Muhammad. Dan untuk itulah kenapa kita dianjurkan untuk bersholawat kepadanya.

Lebih dekat kepada sang pencipta

Sholawat juga bisa mendekatkan kita kepada pencipta kita Allah SWT. Setiap langkah kaki yang tergerak, setiap hembusan udara yang dihirup, dan setiap mata yang melihat ada campur tangan Allah. Kita tidak bisa menghitung nikmatnya.

Kita juga tidak bisa membalas semua karunia Allah. Sebagai bentuk syukur kita kepadanya, kita harus dekat dengannya. Sholawat mampu membuat kita lebih dekat kepadanya.

Janji Rosul kepada orang yang bersholawat

Keutamaan bersholawat yang diinginkan oleh semua muslim adalah bertemu nabi Muhammad dan hidup bersama disurga. Nabi menyuruh kita untuk mengingat dirinya, menyebut namanya dan mengirimkan Rahmat untuknya.

Karena Rosulullah berjanji “barang siapa dari umatku yang selalu ingat diriku dan senantiasa melantunkan shalawat kepadaku, maka di akhirat kelak aku duduk di sebelahnya di surga kelak”

Menghilangkan Dosa

keutamaan dan kegunaan seorang muslim dalam membaca sholawat berikutnya adalah diampuninya dosa-dosa. Manusia adalah makhluk yang berlumuran dosa. Baik yang disengaja maupun tidak. Manusia sering lalai terhadap tuntunan agamanya. Manusia sering lalai melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Sholawat jika kita niatkan dengan sungguh-sungguh akan membuat dosa kita diampuni Allah.

Karena Sholawat berisi ungkapan tentang penyesalan diri seorang hamba. Maka dari itu kita harus rajin bersholawat agar kita senantiasa berat timbangan kebaikannya daripada keburukannya.

Derajatnya Akan di angkat

Siapa yang tak ingin mendapatkan derajat yang tinggi Dimata Allah ? Allah tidak butuh harta kekayaan kita, Allah tidak butuh jabatan kita karena Allah sudah mempunyai itu semua. Seorang hamba tidak diukur dari kaya dan miskinnya tapi Allah melihat hambanya melalui amal.

Sholawat bisa kita jadikan ladang amal yang kelak akan meringankan beban kita saat di hari kiamat. Sholawat akan mengangkat derajat kita Dimata Allah. Dan menjadi penolong kita saat hari perhitungan.

Demikianlah ulasan singkat dari kami tentang keutamaan dan kegunaan seorang muslim dalam membaca sholawat. Terimakasih telah berkunjung ke maglearning.id. Semoga bermanfaat dan salam bahagia tanpa batas.

Loading...

Tinggalkan Balasan