IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 “Ciri-Ciri Makhluk Hidup”

Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 “Ciri-Ciri Makhluk Hidup”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online, kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 dengan kajian tentang Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Ada banyak makhluk hidup di sekitar kita.

Makhluk hidup adalah manusia, hewan, dan tumbuhan. Makhluk hidup merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Semua makhluk merupakan kekayaan yang harus kita syukuri.

Setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri tertentu. Sebagian besar makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang sama, yaitu bergerak, bernapas, berkembang biak, tumbuh, makan, dan peka terhadap rangsang.

Mari kita pelajari lebih lanjut makhluk hidup di sekitar kita. Mari mengamati keadaan yang ada di rumahmu. Perhatikan dan lihatlah. Apa saja yang ada di sana?

Di sana kamu bisa melihat kegiatan makhluk hidup. Mungkin di sekitar kamu ada ayam, bunga, pohon, dan kelinci. Semua itu adalah makhluk hidup. Namun ada pula benda mati.

Dapatkah kamu membedakannya? Apa perbedaan makhluk hidup dengan benda mati? Dapatkah kamu membedakan keduanya? Marilah kita pelajari bersama.

Makhluk hidup terdiri dari manusia, hewan, dan tumbuhan. Setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri. Adapun ciri-ciri makhluk hidup antara lain:

  1. Memerlukan makan
  2. Dapat bergerak
  3. Dapat bernapas
  4. Mengalami pertumbuhan dari kecil menjadi besar
  5. Dapat berkembang biak

Seluruh makhluk hidup memiliki kebutuhan. Yang termasuk kebutuhan makhluk hidup adalah:

  1. Membutuhkan udara untuk bernapas
  2. Memerlukan air
  3. Membutuhkan makanan
  4. Membutuhkan tempat untuk hidup

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Makhluk hidup terbagi menjadi tiga macam. Yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan. Semua makhluk hidup mempunyai ciri-ciri khusus.

Makhluk hidup adalah segala yang bernapas. Semua makhluk hidup membutuhkan makanan. Pohon pisang, pohon jambu, dan belalang adalah makhluk hidup. Mereka juga bernapas dan butuh makanan.

Batu, kerikil, air, dan udara adalah benda tidak hidup. Makhluk hidup berbeda dengan benda tidak hidup. Benda mati tidak bernapas. Mereka juga tidak membutuhkan makanan. Benda mati tidak dapat tumbuh.

Apa saja ciri-ciri makhluk hidup? Berikut adalah ciri-ciri makhluk hidup:

  1. Membutuhkan makanan
  2. Dapat bergerak
  3. Dapat bernapas
  4. Dapat tumbuh dari kecil menjadi besar
  5. Dapat berkembang biak

1. Makhluk hidup memerlukan makanan

Manusia, hewan dan tumbuhan memerlukan makanan. Makanan sangat berguna bagi manusia. Karena dengan makanan manusia dapat mempertahankan hidup.

Setiap hari kita makan tiga kali, pagi, siang, dan sore. Makanan yang kita makan harus bergizi seimbang. Makanan tersebut mengandung zat yang diperlukan tubuh. Yaitu zat karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Sumber makanan yang kita makan bisa kita dapatkan dari hewan dan tumbuhan. Makanan yang berasal dari tumbuhan misalnya nasi, jagung, gandum, dan ubi. Makanan tersebut mengandung karbohidrat. Karbohidrat berguna untuk menghasilkan tenaga.

Kedelai, kacang panjang, kacang hijau, telur, daging, dan ikan asin mengandung protein. Sedangkan gajih, dan keju merupakan makanan yang mengandung lemak. Protein dan lemak berguna bagi pertumbuhan tubuh.

Sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin. Zat ini berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

Demikian halnya dengan hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan memerlukan makan untuk hidup.

Makanan manusia terbagi menjadi dua. Yaitu makanan yang berasal dari hewan. Misalnya daging, telur dan susu. Ada pula yang berasal dari tumbuhan. Misalnya sayur-sayuran, buah, padi, dan sebagainya.

Tumbuhan juga membutuhkan makanan untuk hidup. Tumbuhan memiliki cara makan yang lain. Tidak seperti manusia dan hewan.

Tumbuhan memiliki daun yang berwarna hijau. Warna hijau pada daun tumbuhan disebut klorofil. Tumbuhan berklorofil dapat membuat makanan sendiri.

Tumbuhan menyerap air dan zat hara dari dalam tanah. Zat hara adalah campuran dari berbagai zat. Misalnya Natrium, Kalium, Karbon dan sebagainya.

Zat hara dibutuhkan tumbuhan agar subur. Agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Tumbuhan mengambil gas karbon dioksida dari udara. Air dan karbon dioksida diolah menjadi makanan.

Tumbuhan membuat makanannya di daun dengan bantuan sinar matahari. Dari daun, makanan diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan. Dengan demikian setiap bagian tubuh tumbuhan mendapatkan zat makanan.

2. Makhluk hidup dapat bergerak

Semua makhluk hidup bisa bergerak. Karena ciri-ciri makhluk hidup dapat bergerak. Manusia dan hewan dapat bergerak dengan berbagai cara.

Manusia berjalan menggunakan kaki. Dengan kaki manusia dapat berpindah tempat. Katak juga bergerak dengan menggunakan kaki. Ikan bergerak dengan sirip. Burung terbang ke udara menggunakan sayap. Belut dan cacing bergerak dengan perut. Tiap makhluk hidup berbeda cara geraknya.

Apakah tumbuhan bisa bergerak? Tentu saja bisa. Gerakan tumbuhan bukan berpindah tempat. Bukan pula bergerak karena terkena angin. Atau bergerak karena didorong oleh manusia.

Gerakan pada tumbuhan berbeda dengan gerakan pada hewan dan manusia. Petani dapat berjalan pergi ke sawah. Sedangkan pedagang juga dapat pergi ke pasar. Maka petani dan pedagang mengalami perpindahan tempat.

Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat. Tumbuhan bergerak ketika mengalami proses pertumbuhan. Tumbuhan juga bisa bergerak mengikuti arah sinar matahari. Gerakan tumbuhan kebanyakan sangat lambat sehingga hampir tidak terlihat.

3. Makhluk hidup bernapas

Bernapas adalah kegiatan menghirup dan menghembuskan udara. Semua makhluk hidup memerlukan udara. Udara digunakan untuk bernapas.

Udara adalah benda yang berwujud gas. Gas untuk bernapas adalah oksigen. Saat bernapas kita mengambil oksigen. Lalu kita hembuskan gas karbon dioksida.

Gas karbon dioksida diserap oleh tumbuhan. Kegiatan itu terjadi pada siang hari. Karbon dioksida digunakan untuk proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan.

Setiap makhluk hidup memiliki alat pernapasan. Cara bernapasnya juga berbeda-beda. Makhluk hidup sangat banyak jenisnya. Alat pernapasannya juga berlainan.

Manusia bernapas menggunakan paru-paru. Paru–paru terletak di rongga dada. Ketika kita menghirup udara, oksigen masuk ke paru-paru. Oksigen masuk ke paru-paru melalui hidung.

Ketika menghembuskan nafas, kita mengeluarkan gas karbon dioksida. Karbon dioksida dikeluarkan tubuh melalui hidung.

Hewan memiliki alat pernapasan khusus. Ada hewan bernapas dengan paru-paru. Contohnya kambing, sapi, kerbau, dan sebagainya. Ada hewan yang bernapas dengan insang. Contohnya adalah ikan.

Sedangkan cacing bernapas dengan kulit. Katak dewasa bernapas dengan paru-paru dan kulit. Setiap makhluk hidup bernapas. Manusia setiap saat bernapas. Hewan dan tumbuhan juga bernapas.

Tumbuhan bernapas melalui daun, batang, dan akar. Udara dapat masuk melalui mulut daun. Mulut daun juga disebut stomata. Udara masuk melalui lubang kecil pada kulit batang.

Lubang kecil pada batang tumbuhan disebut lentisel. Melalui akar, udara dapat masuk dalam tubuh tumbuhan. Akar tersebut disebut akar napas.

4. Makhluk hidup dapat tumbuh

Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan diawali dari kecil menjadi besar.

Pertumbuhan diawali sedikit demi sedikit. Manusia, hewan dan tumbuhan dapat tumbuh. Mereka tumbuh dari kecil menjadi besar.

Manusia tentu juga mengalami pertumbuhan. Pertumbuhannya ditandai dengan tambahnya tinggi badan. Berat badan yang semakin bertambah. Bentuk fisik badan yang semakin berubah. Misalnya ketika masih kecil ukuran pakaian kecil. Namun setelah dewasa pakaian sudah tidak terpakai.

5. Makhluk Hidup Berkembang biak

Semua makhluk hidup berkembang biak. Artinya makhluk hidup memiliki keturunan. Yaitu memiliki anak agar tidak punah. Itulah tujuan makhluk hidup berkembang biak.

Ayam bertelur adalah salah satu contoh perkembangbiakan. Dengan berkembang biak, makhluk hidup bertambah banyak.

Cara hewan berkembang biak bermacam-macam. Ada hewan yang berkembang biak dengan bertelur. Contohnya angsa, itik, dan burung. Ada juga hewan yang berkembang biak dengan melahirkan anak. Contohnya sapi, kambing, kerbau, dan kuda.

Tumbuhan juga berkembang biak. Cara berkembang biak tumbuhan berbeda-beda. Ada tumbuhan yang berkembang biak secara alami. Ada pula yang berkembang biak dengan buatan.

Perkembangbiakan buatan contohnya cangkok dan stek. Padi berkembang biak dengan biji. Jahe dan kencur berkembang biak dengan tunas.

Jambu dan mangga dengan okulasi. Cangkok dilakukan pada tumbuhan tertentu. Contohnya rambutan, mangga, jeruk, jambu, dan sebagainya

Video Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 “Ciri-Ciri Makhluk Hidup”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 tentang Ciri-Ciri Makhluk Hidup di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 “Ciri-Ciri Makhluk Hidup”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 tentang Ciri-Ciri Makhluk Hidup di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

Demikianlah Modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 tentang Ciri-Ciri Makhluk Hidup yang bisa digunakan sebagai program pembelajaran mandiri di saat pandemi. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan