Materi IPA Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 “Gangguan Sistem Pernapasan”

Materi IPA Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 “Gangguan Sistem Pernapasan”

Loading...

Melalui modul BDR online ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 dengan kajian Gangguan Sistem Pernapasan. Mengenal tentang apa saja mengenai gangguan sistem pernapasan ini sangat penting. Terutama untuk mencegah agar kita semua tidak mengalaminya.

Faktor-Faktor Penyebab Gangguan Pernapasan

Apa saja penyebab terjadinya gangguan pernapasan? Berikut faktor-faktor penyebab gangguan pernapasan.

  1. Faktor Fisik. Adanya kelainan pada organ pernapasan dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Misalnya pada bayi terlahir dini (prematur) organ pernapasannya mungkin belum sempurna sehingga memerlukan alat bantu pernapasan.
  2. Faktor Penyakit. Banyak penyakit menyebabkan gangguan pada pernapasan. Misalnya influenza, asma, bronkitis, emfisema, dan kanker paru-paru.
  3. Faktor Lingkungan. Kita bernapas untuk menghirup oksigen. Lingkungan kotor, asap kendaraan, asap pabrik, dan asap rokok mencemari udara. Udara tercemar menyebabkan ketersediaan oksigen menipis sehingga kita merasa sesak saat bernapas.

Penyakit pada Sistem Pernapasan

Organ pernapasan manusia terdiri atas hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Setiap organ tersebut dapat mengalami gangguan akibat kuman penyakit yang berasal dari lingkungan atau kebiasaan hidup tak sehat.

Berikut beberapa contoh gangguan pada sistem pernapasan manusia.

  1. Emfisema, merupakan penyakit pada paru-paru. Paru-paru mengalami pembengkakan karena pembuluh darah pada paru-paru kemasukan udara.
  2. Asma, merupakan kelainan penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi debu, bulu, atau perubahan cuaca. Kelainan ini dapat diturunkan dan dapat kambuh jika suhu lingkungan cukup rendah atau keadaan dingin.
  3. Kanker paru-paru. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit paling berbahaya. Sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali. Penyakit ini lama-kelamaan dapat menyerang seluruh tubuh. Salah satu pemicu kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok.
  4. Tuberkulosis (TBC), merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Jika penyakit ini menyerang dan dibiarkan semakin luas, dapat menyebabkan sel-sel pada paru-paru mati. Akibatnya paru-paru akan menguncup atau mengecil. Hal tersebut menyebabkan para penderita TBC napasnya sering terengah-engah.
  5. Bronkitis, merupakan gangguan pada cabang batang tenggorokan akibat infeksi. Gejalanya adalah penderita mengalami demam dan menghasilkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan. Akibatnya penderita mengalami sesak napas.
  6. Influenza (flu), merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini timbul dengan gejala bersin-bersin, demam, dan pilek.

Penyakit Asma

Asma adalah penyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi. Pencetus alergi misalnya udara dingin, rambut, bulu, kotoran, debu, atau tekanan psikologis.

Gejala awal penyakit asma berupa:

  1. batuk terutama pada malam atau dini hari,
  2. sesak napas,
  3. napas berbunyi yang terdengar jika pasien mengembuskan napasnya,
  4. rasa berat di dada, dan
  5. dahak sulit keluar.

Dalam perkembangannya pasien berpenyakit asma dapat mengalami gejala berat. Gejala berat adalah keadaan gawat darurat yang mengancam jiwa. Gejala berat asma meliputi:

  1. serangan batuk hebat,
  2. sesak napas yang berat,
  3. napas tersengal-sengal,
  4. sianosis (kulit kebiruan) yang dimulai dari sekitar mulut,
  5. sulit tidur (posisi tidur yang nyaman adalah dalam keadaan duduk), dan
  6. kesadaran menurun.

Bila mengalami gejala-gejala tersebut, memeriksakan diri ke dokter adalah langkah terbaik. Sebab kasus ini bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan kita bila tidak segera ditangani dengan tepat.

 

Video Materi IPA Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 “Gangguan Sistem Pernapasan”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 tentang Gangguan Sistem Pernapasan di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 “Gangguan Sistem Pernapasan”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 tentang Gangguan Sistem Pernapasan di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5d821b883c5f7d001a0d010d/start

Contoh Soal Materi IPA Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 “Gangguan Sistem Pernapasan”

Contoh Soal Materi IPA Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 “Gangguan Sistem Pernapasan”

1.      Berikut adalah faktor penyebab gangguan pernapasan, kecuali ……..

a.       Faktor fisik             b. Faktor penyakit                   c. Faktor lingkungan               d. Faktor keamanan

2.      Penyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi adalah……..

a.       Asma                      b. TBC                                    c. Bronkitis                              d. Emfisema

3.      Berikut ini adalah penyakit yang menyerang organ pernapasan, kecuali……….

a.       Asma                      b. Magh                                   c. Bronkitis                              d. Emfisema    

4.      Gejala awal penyakit asma adalah…

a.       Batuk pada malam hari       b. Serangan batuk hebat          c. Sulit tidur    d. Napas tersengal-sengal

Demikianlah modul BDR online Materi IPA Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 dengan bahan kajian tentang “Gangguan Sistem Pernapasan” lengkap disertai dengan video pembelajaran dan latihan soal online beserta kunci jawabannya. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan