Kandungan Makanan Yang Bagus Untuk Menangkal Polusi Udara

Kandungan Makanan Yang Bagus Untuk Menangkal Polusi Udara

Loading...

Kandungan Makanan Yang Bagus Untuk Menangkal Polusi Udara – Polusi udara adalah salah satu penyebab tertinggi orang mengalami kematian. Menurut perhitungan statistik dari WHO menunjukkan bahwa ada sekitar 7 Juta orang didunia ini meninggal setiap tahunnya disebabkan oleh berbagai masalah yang ditimbulkan dari polusi udara.

Penyakit seperti sesak nafas, pilek menahun, infeksi paru-paru dan sejenisnya adalah contoh betapa ganasnya polusi udara bila tidak segera ditangani. Untuk langkah pencegahan bisa dimulai dengan membiasakan memakai masker terlebih dahulu. Baru kemudian kita harus mengonsumsi makanan-makanan bergizi yang bisa untuk menguatkan sistem pernafasan kita.

Berikut ini adalah daftar kandungan dalam makanan yang bagus untuk menangkal polusi udara.

Vitamin C

Untuk menguatkan sistem pernafasan kita perlu mengonsumsi makanan bervitamin C tinggi. Seperti buah jeruk, jambu biji, lobak, pepaya, strawberry dan sebagainya. Hal ini dikarenakan vitamin c memiliki tingkat kandungan antioksidan yang tinggi. Dan mempunyai fungsi untuk menormalisasi fungsi kerja paru-paru.

Vitamin C Juga berfungsi membersihkan kotoran-kotoran lendir yang mengganggu sistem pernafasan kita. Setidaknya kita memerlukan 40 mg vitamin C per hari untuk mendapatkan hasil yang ideal.

Vitamin E

Untuk menjaga ketahanan fungsi alat pernapasan kita dari polusi adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin e. Vitamin ini sangat mudah diserap tubuh dan bersifat sebagai anti radikal bebas.

Vitamin e mampu menahan zat-zat beracun dari polusi udara seperti karbon monoksida, asam sulfur, nitrogen dioksida dan lainnya. Kita bisa menemukan vitamin e pada makanan seperti: kedelai, kacang almond, susu, yoghurt, telur, ikan salmon dan lainnya.

Beta karoten

Kandungan makanan yang bagus untuk menangkal polusi udara berikutnya adalah betakaroten. Polusi udara yang terendap dalam tubuh lama-kelamaan akan menjadi kondisi peradangan yang berbahaya. Untuk itu kita perlu melakukan langkah pencegahan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung betakaroten.

Betakaroten sendiri adalah pigmen merah yang biasanya terdapat buah dan sayur-sayuran. Betakaroten mampu menetralisir efek peradangan dan diubah menjadi vitamin A yang bagus untuk metabolisme tubuh. Betakaroten dapat ditemukan pada makanan seperti: wortel, lobak, kangkung, ubi jalar, bayam, teh dan lainnya.

Biji Rami

Bagi orang yang mengidap penyakit pernafasan seperti asma, bronkitis, kanker paru-paru dan sejenisnya. Sudah sepantasnya memperhatikan organ tubuhnya dari serangan polusi udara. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi biji rami.

Biji rami mengandung omega 3 dan fitoestrogen yang tinggi. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan alami untuk tubuh. Mengonsumsi secara rutin biji rami mampu menguatkan imun tubuh dan mengurangi gejala alergi yang didapatkan karena polusi udara.

Omega 3

Jantung adalah organ penting dalam sistem pernafasan manusia. Ketika jantung terganggu maka sistem metabolisme tubuh juga terganggu. Untuk menguatkan fungsi Jantung kita perlu rajin mengonsumsi makanan bergizi omega 3 tinggi.

Makanan seperti biji kenari, kedelai, ikan salmon, ikan teri, sayuran hijau, tiram dan masih banyak lagi memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Konsumsi secara rutin akan membuat organ pernapasan tetap sehat walau menghadapi polusi udara.

Demikian ulasan ringkas kami tentang kandungan makanan yang bagus untuk menangkal polusi udara. Biasakan untuk memakan makanan ini secara rutin tiap waktu dan semoga kita semua selalu dikaruniai kesehatan dan kebahagiaan lahir batin oleh Allah Tuhan yang Maha Esa (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan