Macam Macam Tulang Pada Sistem Rangka Manusia

Macam Macam Tulang Pada Sistem Rangka Manusia

Loading...

Macam Macam Tulang Pada Sistem Rangka Manusia – kali ini kita masih akan membahas mengenai Sistem rangka yang ada pada manusia, khususnya mengenai pengelompokan tulang, yang tentu saja hadirnya artikel ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sobat semuaa, yakni pengelompokan rangka pada manusia, pengelompokan tulang pada manusia, kelompok kerangka manusia, tulang-tulang rangka aksial, pengelompokan tulang berdasarkan bentuk, dan apa fungsi rangka bagi tubuh kita?

Nah mari kita langsung saja membahasnya. Kerangka manusia dapat di bedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu seperti diilustrasikan pada gambar berikut ini.

Macam Macam Tulang Pada Sistem Rangka Manusia
  • Skeleton aksial, yang meliputi tengkorak, ruas-ruas tulang belakang, tulang dada, dan tulang iga atau rusuk
  • Skeleton apendikuler, yang meliputi tulang-tulang lengan, tulang telapak tangan, tungkai, telapak kaki, pinggul dan bahu.

Untuk penjelasan lengkap tentang macam macam tulang pada sistem rangka manusia ini mari kita simak satu persatu di bawah ini :

TULANG AKSIAL

1. Tulang-tulang Tengkorak

tulang tengkorak, Macam Macam Tulang Pada Sistem Rangka Manusia


Tulang-tulang tengkorak terdiri atas 28 buah tulang. Fungsinya sebagai pelindung organ tubuh yang lemah dan amat vital fungsinya. Seperti otak, mata dan telinga bagian dalam. Sebagian tulang lagi membentuk wajah, seperti tulang pipi, rahang atas dan bawah, tulang hidung, tulang dagu, dan lain-lain.

2. Ruas-Ruas Tulang Belakang

tulang belakang, Macam Macam Tulang Pada Sistem Rangka Manusia


Ruas-ruas tulang belakang (verteberata) terdiri atas 33 buah ruas tulang. Tulang tersebut terbagi menjadi beberapa bagian. Yaitu ruas-ruas tulang leher (servieal), Ruas-ruas tulang punggung (torakal), Ruas-ruas tulang pinggang (torakal), ruas-ruas tulang sakrum, dan ruas-ruas tulang ekor (koksigea). Tulang leher terdiri atas 7 ruas tulang.

Ruas teratas atau pertama adalah tulang atlas, yang menghubungkan tulang belakang dengan tulang tengkorak. Sendi yang menggabungkan tulang atas dengan tulang tengkorak di sebut sendi atlas. Sendi itu memungkinkan gerakan kepala menggeleng ke kiri dan ke kanan, mengangguk ke depan, menengadah serta berputar, ke kiri dan ke kanan dengan wajah tetap menghadap ke depan. Tulang punggung terdiri atas 12 ruas, pada sisi kiri dan kananya melekat tulang-tulang rusuk.

3. Tulang Pinggang, Tualang sakrum, dan Tulang Ekor

Macam macam tulang pada sistem rangka manusia dimana tulang pinggang terdiri atas 5 ruas, Tulang sakrum terdiri atas 5 ruas dan tulang ekor terdiri atas 4 ruas tulang. Baik tulang sakrum maupun tulang ekor, Tulang-tulangnya telah menyatu semenjak masa embrio.

4. Tulang Rusuk

tulang rusuk, Macam Macam Tulang Pada Sistem Rangka Manusia


Tulang rusuk terdiri atas 12 Pasang. Ujung belakangnya melekat pada ruas-ruas tulang belakang. Tulang rusuk ini dapat di bedakan menjadi tiga macam, Yakni sebagai berikut ini :

  • Tulang Rusuk sejati berjumlah 7 pasang, bila ujung belakangnya melekat pada ruas-ruas tulang punggung, sedang ujung depanya melekat pada tulang dada.
  • Tulang rusuk palsu berjumlah 3 pasang, bila ujung belakangnya melekat pada tulang rusuk di atasnya.
  • Tulang rusuk melayang, berjumlah 2 pasang, bila ujung belakangnya melekat pada ruas-ruas tulang belakang, sedangkan ujung depanya tidak melekat pada tulang mana pun.

5. Tulang Dada
Tulang dada berserta tulang rusuk dan tulang punggung membentuk dinding kuat yang melindungi alat-alat tubuh penting yang terdapat dalam rongga dada, seperti jantung dan paru-paru.

Tulang dada terdiri atas tiga bagian, yaitu kepada tulang dada, badan tulang dada, dan taju pedang. Pada kepada tulang dada melekat tulang selangka. Tulang selangka ini menghubungkan tulang dada dengan taju paruh gagak dari tulang belikat.

TULANG APENDIKULER

Macam macam tulang apendikuler pada sistem rangka manusia dimana tulang apendikuler terdiri atas tulang anggota gerak atas/depan dan tulang apendikur bawah/belakang.
Tulang apendikuler atas bersambungan dengan tulang aksial pada tulang bahu. Bahu manusia tersusun atas tulang-tulang selangka dan tulang-tulang belikat. Tulang selangka menghubungkan tulang dada dengan taju paruh gagak tulang belikat. Pada ujung tulang belikat inilah bersambungan tulang anggota gerak (tungkai) atas.

Tungkai atas tersusun dari tulang-tulang :

  • Tulang lengan atas (humerus)
  • Tulang lengan bawah, terdiri atas pengumpil (radius) dan hasta (ulna)
  • Pergelangan tangan (karpal) berjumlah 8 buah
  • Telapak tangan (merta karpal) berjumlah 5 buah
  • Ruas jari tangan (palanges) berjumlah 14 buah

Anggota gerak/tungkai bawah bersambungan dengan tulang aksial pada gelangan pinggul

Gelangan Pinggul terdiri atas :

  • Tulang sakrum yang merupakan persatuan 6 ruas tulang
  • Tulang usus sepasang kiri dan kanan
  • Tulang duduk sepasang kiri dan kanan
  • Tulang kemaluan sepasang kiri dan kanan

Pada Tulang duduk terdapat cekungan seperti mangkok, disebut asetabulum, yang merupakan tempat persendian tulang aksial dengan tulang gerak bebas belakang. Karena adanya fungsi khusus pada wanita, yaitu melahirkan anak maka bentuk tulang gelangan pinggul wanita berbeda dengan bentuk tulang gelangan pinggul pria.

tulang pinggul pria dan wanita

Tulang anggota gerak belakang/bawah tersusun atas tulang-tulang :

  • Paha atau femur
  • Tempurung lutut atau patela
  • Kering atau tibta
  • Betis atau fibula
  • Ruas pergelangan kaki atau tarsal, berjumlah 7 buah
  • Telapak tangan atau metatarsal, berjumlah 5
  • Ruas jari kaki atau falanges berjumlah 14 ruas

Struktur tulang pinggul berbagai hewan dan manusia berbeda karena menyesuaikan dengan kebiasaan berjalan. Struktur tulang pinggul manusia sesuai untuk berdiri tegak di atas dua tungkai bawahnya, atau biasa dikenal dengan makhluk berpostur bipedal. Hewan-hewan mamalia lain memiliki struktur tulang pinggul yang sesuai untuk berdiri dengan empat kakinya, atau memiliki postur kuadripeda.

Tubuh manusia yang berdiri tegak di atas kedua kakinya, memungkinkan tangan tidak menanggung beban menyangga berat badan dan dapat berkembang untuk menyesuaikan dengan fungsi lain, misalnya untuk memegang. Dengan kemampuan ini memungkinkan manusia dapat melakukan pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh makhluk hidup lain.

Demikianlah bahasan kami mengenai macam macam tulang pada sistem rangka manusia yang terdiri dari dua golongan besar yaitu tulang aksial dan tulang apendikuler. Semoga tulisan ringkas ini ada manfaatnya. Selamat belajar dengan cara yang menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan