Peran Kalsium Dalam Proses Pembentukan Tulang

Peran Kalsium Dalam Proses Pembentukan Tulang

Peran Kalsium Dalam Proses Pembentukan Tulang  – Ini adalah pengetahuan umum bahwa kalsium memainkan peran penting dalam kesehatan tulang, tetapi mekanisme yang menggunakan kalsium pada tingkat sel yang belum banyak dikenal. Selain membantu tulang tetap keras dan kuat, sistem kerangka berfungsi sebagai tempat penyimpanan kalsium cadangan dalam darah. Orang-orang membutuhkan kalsium sepanjang seluruh hidup mereka untuk mempertahankan sistem kerangka yang sehat.

 

Kekuatan tulang

Selama pertumbuhan tulang, kalsium diserap oleh sistem pencernaan dan diendapkan pada permukaan tulang. Ikatan kalsium pada permukaan organik dari sel-sel tulang baru dan mereka mengeras.

Lapisan-lapisan keras bahan tulang dan kalsium adalah apa yang membuat sistem kerangka menjadi kuat. Beberapa mineral dalam tulang adalah kalsium fosfat, kalsium fluorida dan kalsium karbonat. Kombinasi mineral membantu menjaga tulang tidak mudah hancur atau patah.

 

Pertumbuhan tulang

Pertumbuhan tulang adalah proses yang terus sepanjang masa tersebut. Kalsium adalah mineral penting dalam proses pertumbuhan tulang. Selama pertumbuhan tulang, sel yang disebut osteoklas mencerna sel tua, sel-sel tulang yang lemah yang memiliki kalsium kurang dari ketika mereka masih baru.

Untuk tulang baru dapat terbentuk, vitamin D merangsang sel-sel yang disebut osteoblas. Osteoblas memanfaatkan kalsium untuk membuat lapisan baru dari sel tulang untuk menggantikan yang dihancurkan oleh osteoklas. Jadi peran kalsium dalam proses pembentukan tulang manusia sangatlah penting.

 

Penyimpanan kalsium

Ketika osteoklas menghancurkan sel-sel tulang lama, kalsium sisa dalam sel-sel dilepaskan ke dalam aliran darah. Pada awal kehidupan, asupan kalsium sangat penting karena membantu untuk membangun penyimpanan kalsium berharga dalam sistem kerangka.

Pada orang dewasa yang lebih tua, sistem usus menyerap kalsium dari makanan lebih sedikit. Hal ini akan memaksa tubuh untuk memanfaatkan simpanan kalsium dari sistem kerangka untuk mempertahankan kadar kalsium darah yang memadai. Sistem rangka akan menjadi rapuh dan lemah jika terlalu banyak kalsium larut dari tulang, sehingga mengonsumsi kalsium yang cukup pada awal kehidupan sangat penting untuk kesehatan tulang di kemudian hari.

 

Sumber Kalsium

Kalsium tidak dapat dihasilkan oleh tubuh manusia, sehingga harus berasal dari sumber luar seperti makanan atau makanan suplemen. Selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum mengubah pola asupan kalsium Anda. Kalsium dapat ditemukan dalam produk susu, sayuran hijau tua berdaun, kacang-kacangan dan makanan yang diperkaya kalsium.

Beberapa contoh makanan yang mengandung kalsium adalah susu, keju, yoghurt, bok choy, brokoli dan almond. Makanan yang biasanya diperkaya dengan kalsium di AS seperti jus jeruk, sereal, roti, minuman kedelai dan produk tahu.

 

Demikianlah bahasan kami mengenai peran kalsium dalam proses pembentukan tulang manusia, khususnya pada sistem rangka. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di bahasan menarik lainnya (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan