Fungsi Utama Prosesor Komputer

Fungsi Utama Prosesor Komputer, Sudah Tahu ?

Fungsi Utama Prosesor KomputerKomponen yang paling penting dari sebuah komputer adalah central processing unit, atau CPU, juga disebut prosesor. Prosesor bertindak sebagai otak komputer, menjalankan program dan mengirim dan menerima sinyal ke perangkat yang terpasang untuk menjaga komputer berjalan.

Apakah Anda menggunakan komputer atau perangkat mobile untuk mengirim email, mengambil gambar, posting online atau browsing di Internet, prosesor Anda menangani semua data dan menjalankan semua program yang memungkinkan Anda untuk menyelesaikan tugas ini.

 

Apa fungsi utama prosesor komputer

Sebuah CPU memiliki dua tugas utama, yaitu pengolahan data dan mengeksekusi instruksi. Prosesor berisi jam kuarsa yang mengirimkan pulsa kecil listrik secara berkala. Setiap kali jam berdetak, CPU dapat memproses satu bagian dari data atau mengeksekusi satu instruksi.

Sementara itu mungkin tampak bahwa prosesor dapat melakukan banyak tugas sekaligus, itu benar-benar dapat memproses satu instruksi pada satu waktu. Namun, proses instruksi sangat cepat sehingga tampaknya menjadi multitasking. Sebuah CPU dengan clock speed 3 GHz, misalnya, dapat memproses tiga ribu juta instruksi per detik.

 

Interupsi prosesor

Ketika Anda memasukkan DVD ke dalam optik drive, program yang Anda jalankan mungkin berhenti sejenak. Sementara CPU sibuk melakukan pemrosesan instruksi untuk program ini, perangkat seperti DVD drive, printer atau kamera mungkin membutuhkan sumber daya CPU untuk menyelesaikan operasi.

Untuk membiarkan prosesor tahu itu membutuhkan perhatian, perangkat sinyal interupsi. Ketika prosesor terganggu, akan menyimpan kondisi saat ini dalam memori, mengeksekusi instruksi untuk perangkat, dan kemudian mengembalikan keadaan sebelum dan terus menjalankan program yang mana ia tinggalkan.

 

Prosesor untuk Perangkat Mobile

Perbedaan antara komputer yang lambat dan komputer yang cepat adalah kekuatan dan kecepatan prosesor, yang didorong oleh jumlah transistor pada chip prosesor dan siklus clock. Kemajuan teknologi telah memungkinkan produsen prosesor untuk menempatkan peningkatan jumlah transistor pada sebuah chip prosesor tunggal untuk membuat prosesor yang kuat yang cocok di perangkat kecil seperti ponsel dan tablet.

Sebuah smartphone khas memiliki sekitar 193.000 persen transistor lebih banyak pada chip prosesor dari komputer pribadi sejak 1990-an, dan jam yang berjalan sekitar 16.600 persen lebih cepat.

 

Lebih dari Satu Processor pada sebuah Chip

Sebuah komputer dengan dua prosesor berjalan hampir dua kali lebih cepat daripada komputer dengan prosesor tunggal. Menempatkan beberapa prosesor pada satu chip adalah metode lain yang umum digunakan oleh para pembuat komputer yang lebih cepat.

Menampilkan grafis komputer membutuhkan sejumlah besar siklus prosesor, yang dapat memperlambat tugas-tugas lain yang melakukan komputer. Untuk meringankan CPU, produsen mengembangkan unit pengolahan grafis, atau GPU. Sebuah CPU sering memiliki GPU built-in pada chip yang sama. Kedua prosesor bekerja bersama-sama untuk menyediakan sumber daya yang diminta oleh perangkat.

 

Demikianlah ringkasan kami mengenai apa fungsi utama prosesor komputer. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi. Selamat belajar dengan cara yang menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan