Bacaan Istighfar Lengkap Beserta Artinya

Bacaan Istighfar Lengkap Beserta Artinya

Loading...

Bacaan Istighfar Lengkap Beserta Artinya – Sebagai seorang muslim kita harus mengutamakan Allah daripada seluruh Hal didunia ini. Karena kebahagiaan sejati adalah saat Allah meridhoi segala amalan dan memasukkan kita dalam surganya.

Doa adalah salah satu media paling dianjurkan sebagai sarana komunikasi hamba dan Tuhan-nya. Berdoa menjadi momen yang tepat untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Doa bisa Berisi bermacam-macam mulai dari permohonan harapan hingga sebagai media mohon ampun kepada-Nya. Manusia adalah makhluk Allah yang tak luput dari segala dosa, baik dosa besar maupun dosa kecil.

Sudah semestinya manusia selalu minta ampun kepada Allah agar dosanya di ampuni seperti dalam Surat Al Baqarah ayat 199:

ثُمَّ اَفِيْضُوْا مِنْ حَيْثُ اَفَاضَ النَّاسُ وَاسْتَغْفِرُوا اللّٰهَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Terjemahan

Kemudian bertolaklah kamu dari tempat orang banyak bertolak (Arafah) dan mohonlah ampunan kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Untuk lebih lengkapnya mengenai macam bacaan istighfar silakan simak artikel berikut ini:

Bacaan Istighfar Dari Surat Ali Imron ayat 147

“ربَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا، وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا، وانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ“.

“Robbanâghfirlanâ dzunûbanâ wa isrôfanâ fî amrinâ, wa tsabbit aqdâmanâ, wanshurnâ ‘alal qoumil kâfirîn”.

Artinya: “Wahai Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebihan (dalam) urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami. Serta tolonglah kami terhadap orang-orang kafir”. QS. Ali Imran (3): 147.

Bacalah ayat ini agar Allah mengampuni dosa dan dihindarkan dari segala tindakan yang berlebihan. Ayat ini juga bisa sebagai benteng iman kita dari segala godaan duniawi.

Bacaan Istighfar Surat Ali Imran ayat 16

“رَبَّنَا إِنَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ“.

“Robbanâ innanâ âmannâ faghfirlanâ dzunûbanâ wa qinâ ‘adzâbannâr”.

Artinya: “Wahai Rabb kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah dosa-dosa kami dan lindungilah kami dari siksaan neraka”. QS. Ali Imran (3): 16.

Sebagai tanda orang beriman adalah selalu meminta ampun dan memohon lindungan dari segala narabahaya yang menjerumuskan dari api neraka. Hanya Allah-lah maha penolong.

Bacaan Istighfar Surat Al Mu’minun ayat 109

“رَبَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ“.

“Robbanâ âmannâ faghfir lanâ warhamnâ wa Anta khoirur rôhimîn”.

Artinya: “Wahai Rabb kami, sungguh kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat, Engkau adalah pemberi rahmat yang terbaik”. QS. Al-Mu’minun (23): 109.

Terkadang kita sering menduakan Allah, melakukan perbuatan-perbuatan syirik yang akhirnya menjauhkan kita dari jalan kebenaran. Maka dari itu istighfar jadi salah satu jalan untuk kembali kepada Allah.

Bacaan Istighfar Surat At-tahrim ayat 8

“رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ“.

“Robbanâ atmim lanâ nûronâ waghfirlanâ, innaka ‘alâ kulli syai’in qodîr”.

Artinya: “Wahai Rabb kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu”. QS. At-Tahrim (66): 8.

Ingatlah bahwa kita hidup di dunia ini tak lain karena kuasa Allah SWT. Ia yang menyiptakan bumi sebagai naungan. Ia yang menciptakan dataran dan lautan untuk dimanfaatkan. Ia juga yang menciptakan air hujan yang memberikan hawa Kehidupan. Atas dasar itu kita sebagai hamba yang lemah ini, harus selalu ingat Rizki ini dan istighfar kepadanya.

Bacaan Istighfar dari Surat Ali Imron ayat 193

“رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا، رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا، وَتَوَفَّنَا مَعَ الأبْرَارِ“.

“Robbanâ innanâ sami’nâ munâdiyan yunâdî lil îmâni an âminû birabbikum fa âmannâ. Robbanâ faghfir lanâ dzunûbanâ wa kaffir ‘annâ sayyi’âtinâ, wa tawaffanâ ma’al abrôr”.

Artinya: “Wahai Rabb kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu), “Berimanlah kalian kepada Rabbmu”, maka kami pun beriman. Wahai Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti”. QS. Ali Imran (3): 193.

Sungguh beruntung orang-orang yang membawa bekal iman dan taqwa sampai akhir hayatnya. Karena Allah tidak akan menilai hambanya dari kekayaan materi tapi oleh menilai seseorang dari iman dan taqwa.

Semoga kita termasuk hamba pilihan yang bisa mencium baunya surga karena iman dan takwa kita. Semoga dengan bacaan istighfar yang senantiasa kita panjatkan akan membawa kita lebih dekat kepada Allah SWT. Diberi rezeki berlimpah baik di dunia maupun di akhirat. Dipermudah jalannya saat menghadapi hari akhir kelak, Aamiin….

Demikianlah bahasan kami tentang bacaan istighfar lengkap beserta artinya. Semoga bermanfaat  (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan