Materi IPA Kelas 3 Tema 4 Subtema 4 “Menjaga Kesehatan Lingkungan”

IPA Kelas 3 Tema 4 Subtema 4 “Menjaga Kesehatan Lingkungan”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 4 Subtema 4 dengan kajian tentang Menjaga Kesehatan Lingkungan.

Semua orang berhak mendapat lingkungan yang hijau dan bersih. Akan tetapi, masih banyak saluran air yang tertutup sampah. Pohon-pohon juga banyak yang habis ditebang bukan? Bagaimana perasaanmu mengenai hal ini?

Memelihara Kesehatan Lingkungan

Rumah dan sekolah adalah lingkungan tempat tinggal kita. Lingkungan yang sehat menjadikan badan sehat. Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih.

Kebiasaan hidup sehat dimulai sejak kecil. Agar tubuh selalu sehat. Kita wajib memelihara kesehatan lingkungan. Beberapa cara untuk memelihara lingkungan. Berikut adalah cara memelihara lingkungan:

1. Membersihkan Saluran Air

Lingkungan yang bersih adalah lingkungan sehat. Lingkungan yang sehat akan terhindar penyakit. Penyakit datang karena tempat yang kotor.

Memperhatikan saluran air mencegah datangnya penyakit. Oleh karena itu saluran harus dibersihkan. Supaya air mengalir dengan baik. Air yang menggenang menjadi sarang penyakit. Misalnya penyakit malaria.

Penyakit ini disebarkan oleh nyamuk Anopheles. Nyamuk ini bertelur pada tempat yang kotor. Terutama pada genangan air di selokan atau jamban.

Namun masih ada jenis penyakit lain yaitu penyakit demam berdarah. Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini bertelur di penampungan air yang bersih.

2. Menanam Tumbuhan

Tumbuhan menghasilkan oksigen. Oksigen digunakan semua makhluk hidup. Tumbuhan bisa dikatakan sebagai paru-paru kota.

Tumbuhan juga menyerap karbon dioksida. Karbon dioksida digunakan untuk proses fotosintesis. Karbon dioksida berasal dari pernapasan manusia. Oksigen kita perlukan untuk bernapas.

Ada cara untuk meningkatkan jumlah oksigen. Yaitu menanam tumbuhan di sekitar lingkungan kita.

Tumbuhan memerlukan perawatan dan pemeliharaan sehingga tumbuhan menjadi besar dan memiliki daun lebat. Tumbuhan yang besar menghasilkan lebih banyak oksigen.

Dengan demikian udara sekitar menjadi bersih dan segar. Itulah pentingnya tumbuhan bagi kehidupan makhluk hidup.

3. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Salah satu cara untuk mengurangi pencemaran lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Barang yang tidak terpakai disebut sampah. Sampah harus dibuang atau dibakar.

Sampah dapat menimbulkan bau tidak sedap. Jika dibuang ke sungai, sampah dapat menyumbat aliran air.

Jika aliran air tersumbat, maka akan menimbulkan banjir. Banjir juga dapat menimbulkan berbagai kerugian. Salah satunya menimbulkan wabah penyakit antara lain diare, disentri, penyakit kulit, dan sebagainya.

Lingkungan Hijau

Dayu ke sekolah berjalan kaki. Jalan di dekat rumah Dayu dipenuhi pohon rindang. Udara terasa sejuk dan segar.

Jalan di depan sekolah Dayu gersang. Tidak ada pohon besar yang hijau. Di siang hari udara terasa panas. Dayu menutupi kepalanya dengan buku saat pulang.

Dayu ingin jalan di dekat sekolahnya sejuk. Dayu berdiskusi dengan teman-temannya. Mereka sepakat menanam pohon di sekitar sekolah.

Mereka akan mengajak orang tua bekerja sama. Ibu Guru mendukung keputusan anak-anak.

Di Kantor Kelurahan

Siti sangat senang dapat ke sekolah lagi. Siti sudah tidak demam. Siti dan teman-temannya mengunjungi kantor kelurahan. Mereka mengajukan permintaan bibit pohon angsana.

Mereka membawa surat dari sekolah. Pak Lurah sangat senang dikunjungi anak-anak. Beliau menyampaikan agar semua orang menjaga lingkungan. Lingkungan harus bersih dan hijau.

Setiap anak seharusnya memiliki satu pohon untuk dirawat. Pak Lurah memberikan anak-anak beberapa bibit pohon angsana untuk ditanam.

Anak-anak merasa sangat senang menerima bibit pohon angsana tersebut. Tidak lupa mereka mengucapkan terima kasih kepada Pak Lurah. Mereka berjanji untuk menanam dan merawat pohonnya dengan baik.

Jalan yang Bersih

Beni dan teman-temannya pulang sekolah bersama-sama. Mereka melewati jalan umum. Jalan umum itu tampak kotor. Di sudut jalan ada tumpukan sampah yang menggunung.

Sampah juga berserakan di sepanjang jalan. Tukang jajanan membuang sampahnya di pinggir jalan. Mereka sedih melihat kondisi jalan.

Beni ingin jalanannya terlihat bersih. Semua warga seharusnya mengurangi produksi sampah.

Mereka juga seharusnya membuang sampah pada tempatnya. Sampah seharusnya diolah menjadi barang yang berguna. Beni ingin mengajak teman-temannya peduli sampah.

Video Materi IPA Kelas 3 Tema 4 Subtema 4 “Menjaga Kesehatan Lingkungan”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 4 Subtema 4 tentang Menjaga Kesehatan Lingkungan di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 4 Subtema 4 “Menjaga Kesehatan Lingkungan”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 4 Subtema 4 tentang Menjaga Kesehatan Lingkungan di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5e157e15f4a259001b75b5dd/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 4 Subtema 4 “Menjaga Kesehatan Lingkungan”

Demikianlah materi Menjaga Kesehatan Lingkungan IPA Kelas 3 Tema 4 Subtema 4 untuk belajar secara hybrid yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan