Mengapa Skill Berkomunikasi yang Baik Penting Dalam Dunia Kerja

Mengapa Skill Berkomunikasi yang Baik Penting Dalam Dunia Kerja

Loading...

Mengapa Skill Berkomunikasi yang Baik Penting Dalam Dunia Kerja – Persaingan di dunia kerja memang semakin hari semakin ketat, hanya individu-individu dengan kompetensi terbaiklah yang akan keluar jadi juara. Jika ingin sukses dalam dunia kerja bukan hanya hardskill saja yang diperlukan tapi juga soft skill yang kompleks termasuk di dalamnya adalah skill komunikasi yang baik.

Bahkan di era abad 21 ini kemampuan berkomunikasi adalah kemampuan utama yang harus dimiliki oleh setiap tenaga kerja. Hampir semua penelitian internasional merekomendasikan skill ini agar bisa bertahan hidup di era digital.

Skill berkomunikasi yang baik meliputi skill berbicara, berkomunikasi melalui tulisan, gesture atau bahasa tubuh, kemampuan negosiasi, dan pemahaman akan pesan yang diterima adalah hal penting yang harus dikuasai. Kemampuan inilah yang akan membantu siapa saja untuk mengembangkan kariernya di dunia kerja.

Mengapa demikian? berikut ini adalah beberapa alasan mengenai betapa pentingnya skill berkomunikasi yang baik dalam dunia kerja. Silakan simak ulasan singkat di bawah ini:

Lebih Mudah Diterima Kerja

Ketika seseorang melamar pekerjaan, pasti ia akan menghadapi yang namanya proses seleksi. Dan penggunaan skill komunikasi sangat diperlukan pada fase ini. Terutama saat mengikuti tes wawancara. Seorang calon pekerja harus bisa menerapkan komunikasi yang baik. Seperti dalam penyampaian pemikiran, menyampaikan kelebihan dan kekurangan dan menyampaikan tujuan kenapa mendaftar pekerjaan.

Menerapkan komunikasi yang baik memang bukan perkara gampang tapi hal ini masih bisa dipelajari oleh siapa pun. Mengingat seseorang dengan skill komunikasi yang bagus akan lebih gampang diterima kerja.

Mempercepat Adaptasi

Pentingnya skill berkomunikasi yang baik juga diperlukan oleh karyawan baru agar cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Kemampuan ini akan mendorong proses adaptasi sosial menjadi lebih cepat dan relatif lebih mudah.

Ada banyak kasus seseorang kesulitan menerima situasi baru di tempat kerjanya, sehingga berdampak pada kariernya yang tidak mengalami kemajuan.

Hal ini tentu bisa dihindari dengan skill komunikasi yang baik. Kita bisa percaya diri saat berkenalan dengan rekan kerja, kita juga lebih lancar saat mengutarakan pendapat. Komunikasi juga akan menambah level kepercayaan diri, karena kita bisa berbicara di khalayak umum.

Kerja jadi lebih Efisien

Komunikasi yang baik juga akan meningkatkan efisiensi kerja. Penguasaan softskill ini akan diperlukan saat menyampaikan pesan dan menerima pesan. Kita jadi lebih tahu maksud dari rekan kerja dan mereka juga akan tahu keinginan dari kita. Komunikasi yang baik akan menjembatani keperluan masing-masing.

Jangan sampai terjadi yang namanya Mis komunikasi karena akan berakibat pada hasil pekerjaan. Perkuat chemistry antar rekan kerja demi efisiensi.

Ide akan lebih mudah dipahami orang

Mungkin kita memiliki ide brilian untuk memajukan tempat kerja, namun akan jadi masalah bila kita tidak bisa menyampaikannya dengan baik. Maka dari itu skill komunikasi yang baik harus bisa dikuasai. Mulai berlatih untuk menyuarakan pendapat, berlatih menyusun kata yang tepat, dan berlatih gesture.

Ketika seseorang bisa menyampaikan idenya dengan baik. Maka orang lain akan paham dan menerima gagasan tersebut terlebih bila ide tersebut adalah solusi dari permasalahan yang ada di tempat kerja.

Apa lagi kalau kita mampu memvisualisasikan ide-ide kita dengan baik dan lebih konkret maka akan menjadi lebih mudah lagi.

Lebih mudah bekerja sama

Kerja sama adalah hal penting di era yang semakin kompleks, dinamis dan sangat cepat ini. Siapa pun akan tertinggal bila tidak mampu menjalin kerja sama yang baik.

Bahkan banyak sekali platform digital yang dikembangkan dengan basis kerja sama. Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak aplikasi open source yang menjadi pilar penting kehidupan digital kita.

Nah, skill berkomunikasi yang baik adalah salah satu modal dasar dalam menjalin kerja sama dengan siapa pun. Kerja sama saat ini sudah semakin luas dan mengglobal. Jadi, kita harus siap berhadapan dengan orang-orang yang berasal dari seluruh penjuru dunia dengan bahasa dan budaya yang berbeda-beda.

Bisa dibayangkan bila kita tidak punya kemampuan komunikasi yang baik, kita menjadi sulit berkembang dan tergerus oleh ketatnya persaingan kerja. Sudah pasti sobat sekalian tidak akan mau menghadapi situasi seperti ini.

Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, maka kita akan lebih mudah bekerja sama dengan siapa pun. Apalagi untuk urusan pekerjaan di mana kita menggantungkan masa depan kita.

Saya kira demikianlah ulasan singkat tentang mengapa skill berkomunikasi yang baik penting dalam dunia kerja. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan