Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 “Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 dengan kajian tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.

Tanaman sama dengan makhluk hidup lainnya yang mengalami pertumbuhan. Tanaman pun memiliki daur hidup dan cara yang berbeda dalam perkembangbiakan.

Ada tanaman yang mengalami perkembangbiakan secara alami. Ada juga tanaman yang mengalami perkembangbiakan secara buatan.

Perkembangbiakan alami dapat dengan biji atau tunas. Selain itu dapat juga dengan umbi atau spora.

Contoh tumbuhan yang berkembang biak secara alami dengan biji adalah pohon mangga, jeruk, dan semangka. Tanaman yang berkembang biak dengan tunas contohnya pohon pisang, bambu, dan bunga cocor bebek.

Perkembangbiakan buatan adalah proses perkembangbiakan tumbuhan dengan bantuan manusia. Salah satu contoh perkembangbiakan tumbuhan dengan bantuan manusia adalah pencangkokan.

Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Biji

Sebagian besar tumbuhan berkembang biak dengan biji. Tumbuhan dewasa akan berbunga dan menghasilkan buah. Di dalam buah terdapat biji.

Biji berkembang menjadi tanaman baru. Tanaman baru tumbuh menjadi dewasa dan berbuah. Perputaran tahapan perkembangan tersebut membentuk sebuah siklus atau daur hidup.

Perhatikan gambar bagian-bagian biji di bawah ini.

Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Tunas

Selain dengan biji, tumbuhan berkembang biak dengan tunas. Tunas adalah anakan yang tumbuh di dekat tumbuhan induknya. Ada juga tunas yang tumbuh di daun induk, contohnya tanaman cocor bebek. Salah satu contoh tumbuhan yang bertunas adalah pisang dan cocor bebek.

Tunas pisang tumbuh dari batang yang ada di dalam tanah. Tunas pisang tumbuh menjadi tumbuhan baru di sekitar induknya. Tumbuhan cocor bebek berkembang biak dengan tunas daun. Tunas cocor bebek tumbuh di tepi daun.

Pohon bambu juga berkembang biak dengan tunas. Anakan pohon bambu akan tumbuh di dekat tumbuhan induknya.

Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Umbi

Perkembangbiakan tumbuhan juga dapat dilakukan dengan umbi. Ada umbi batang, umbi lapis, dan umbi akar. Contohnya adalah sebagai berikut :

  • Kentang dan ubi jalar adalah contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi batang.
  • Bawang dan bunga bakung berkembang biak dengan umbi lapis.
  • Wortel dan singkong berkembang biak dengan umbi akar.

Perkembangbiakan dengan Spora

Perkembangbiakan tumbuhan juga dapat dilakukan dengan spora. Spora adalah satu atau beberapa sel yang terbungkus oleh lapisan pelindung.

Tumbuhan yang berkembangbiak dengan spora antara lain seperti paku, jamur, ganggang dan suplir. Spora terdapat pada daun tumbuhan bagian belakang, berbentuk serbuk dan disimpan di dalam kotak spora yang disebut dengan sporangium.

Perkembangbiakan Secara Buatan

Perkembangbiakan buatan adalah perkembangbiakan tanaman dengan bantuan manusia. Perkembangbiakan buatan di antaranya dengan mencangkok, stek, dan menempel.

Mencangkok tanaman adalah cara paling murah dan mudah untuk mengembangbiakkan tanaman. Keuntungan mencangkok adalah tanaman tumbuh lebih cepat dari biasanya. Mutu tanaman biasanya lebih baik dari tanaman induknya.

Kekurangan tanaman hasil cangkokan adalah lebih mudah roboh. Tanaman yang berasal dari perkembangbiakkan dengan biji biasanya kebih kuat. Akar tanaman hasil mencangkok lebih rapuh.

Video Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 “Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 “Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5dce8e4e4dec7d001ba2fd05/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 “Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan”

Demikianlah modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan yang bisa kami sediakan. Silakan gunakan sebagai bagian dari program pembelajaran individu kalian semua. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan