Reproduksi Vegetatif Alami Tumbuhan

Reproduksi Vegetatif Alami Tumbuhan, Contohnya !

Loading...

Reproduksi Vegetatif Alami Tumbuhan, Contohnya ! – Tahukah Sobat secara umum sistem reproduksi vegetatif pada tumbuhan biji dapat dibedakan menjadi dua, yakni reproduksi vegetatif alami dan vegetatif buatan. yang mana pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai reproduksi vegetatif alami.

Tahukah sobat apa itu reproduksi vegetatif.? Reproduksi vegetatif merupakan cara reproduksi makhluk hidup secara aseksual yakni tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Reproduksi vegetatif bisa terjadi secara alami maupun buatan. Reproduksi ini dapat kita bagi menjadi 7 bagian, yang mana untuk lebih lengkapnya mari kita bahas satu-persatu pembahasan tentang reproduksi vegetatif alami tumbuhan di bawah ini.

1. Pembentukan Tunas

Reproduksi Vegetatif Alami Tumbuhan, Contohnya ! tunas


Reproduksi dengan pembentukan tunas dapat di temukan pada tumbuhan pisang, bambu, gelagah, tebu, dan lain-lainya. perkembangbiakan ini hanya terjadi pada tumbuhan yang hanya mata-mata tunas pada batang yang terdapat di dalam tanah. melalui mata-mata tunas inilah dapat tumbuh individu baru. individu baru yang terjadi karena pembentukan tunas, letaknya tidak jauh dari induknya. Akibatnya, melalui perkembangan cara ini dapat menyebabkan terjadinya koloni atau rumpun.

2. Tunas Adventif

Reproduksi Vegetatif Alami Tumbuhan, Contohnya ! cocor bebek

Pada umumnya tunas dapat tumbuh pada ketiak daun atau ujung ranting. Namun demikian, ada beberapa jenis tumbuhan yang pada akar atau daunnya dapat tumbuh tunas. Tunas yang tumbuh tidak pada ketiak atau ujung ranting di sebut tunas adventif. contoh reproduksi vegetatif alami tumbuhan yang mampu menghasilkan tunas adventif adalah sukun, kesemek, cemara dan cocor bebek.

3. Umbi Lapis

Reproduksi Vegetatif Alami Tumbuhan, Contohnya ! bawang

Perkembangbiakan dengan umbi lapis di temui pada bawang merah. umbi lapis sebenarnya pelepah daun yang tersusun pada batang dengan ruas-ruas amat rapat. pelepah daun yang tersusun rapat itulah yang membentuk umbi lapis. pada setiap lapisnya terdapat calon tunas. calon tunas tersebut di sebut dengan siung, sedangkan batang yang ruas-ruasnya amat rapat dan tertanam di dalam tanah disebut dengan cakram.

4. Umbi Batang

Umbi batang adalah batang yang tumbuh ke dalam tanah serta berbuah fungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. pada beberapa tempat dari umbi batang tersebut terdapat calon tunas. apa bila umbi tersebut di tanam maka calon tunas tersebut akan tumbuh menjadi individu baru. cara reproduksi vegetatif alami tumbuhan dengan umbi batang di jumpai pada tumbuhan gandum, kentang, ubi, gelibi dan lain sebagainya.

5. Umbi Akar

Umbi akar adalah akar yang tumbuh membesar dan mengandung banyak cadangan makanan. sebenarnya umbi akar sendiri tidak dapat berfungsi  sebagai alat reproduksi. reproduksi dapat terjadi hanya apabila  pada umbi akar tersebut masih tertinggal pangkal batang yang bermata tunas. pangkal batang yang bermata tunas inilah yang akan bertumbuh menjadi individu baru apa bila umbi akar tersebut di tanam.

perkembangbiakan atau reproduksi vegetatif alami tumbuhan secara umbi akar di jumpai pada tanaman dahlia, ketela pohon dan ketela rambat. khusus pada ketela rambat, umbi akarnya dapat bertunas. tunas tersebut termasuk tunas adventif.

6. Rhizoma atau Akar Tinggal (Rimpang)

Reproduksi Vegetatif Alami Tumbuhan, Contohnya ! jahe

seperti halnya umbi batang, Rhizoma ini sebenarnya adalah batang yang tumbuh mendatar dari dalam tanah. Rhizoma memiliki sifat seperti batang misalnya berbuku-buku. daunnya bermodifikasi menjadi bangunan seperti sisik. Pada tiap ketiak, sisik dan ujungnya terdapat calon tunas Juga pada ujungnya. calon-calon tunas itulah yang dapat tumbuh menjadi individu baru. contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan Rhizoma adalah alang-alang, irut, lengkuas, kunyit.

7. Stolon atau Geragih

Stolon atau Geragih adalah batang tanaman yang tumbuh menjalar di atas permukaan tanah. stolon ini berbuku-buku. dan tiap buku ini dapat tumbuh tunas ke atas dan akar-akar ke bawah. Tunas-tunas tersebut selanjutnya menjalar di atas permukaan tanah. tunas-tunas tersebut hidupnya tidak tergantung pada tumbuhan induk. contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih adalah rumput teki, pegagan dan stroberi.

Demikianlah bahasan kami tentang macam-macam reproduksi vegetatif alami pada tumbuhan disertai dengan contohnya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan