Tips Membangun Usaha Ala Founder Dapur Solo

Cara membangun usaha dari nol Ala Founder Dapur Solo

Loading...

Cara membangun usaha dari nol Ala Founder Dapur Solo – Sejak awal berdirinya pada tahun 1988, Dapur Solo telah meramaikan khasanah kuliner Nusantara. Banyak makanan utamanya khas solo diangkat oleh usaha ini. Kepopulerannya bukan hanya sebatas di Jawa tengah saja tapi sudah mencakup wilayah nasional.

Pencapaian Dapur Solo tak lepas dari peran pendirinya yaitu Ibu Karina Rosalin Kumarga atau lebih familiar dipanggil nyonya Kwan. Selama lebih dari 33 tahun, Bisnis ini terus bertahan bahkan bisa memiliki 42 Cabang restoran diseluruh Indonesia

Lalu bagaimana caranya untuk bisa sesukses, berikut ini adalah tips-tips Cara membangun usaha dari nol Ala Founder Dapur Solo:

Selalu Menanamkan Optimisme

Seorang pengusaha hanya bisa berhasil bila optimis. Karena dunia usaha itu penuh tantangan dan bisa berubah begitu cepat. Untuk menghadapi itu semua diperlukan mental yang kuat dan ulet. Jangan mudah menyerah.

Terjun pada bisnis yang memang disukai, agar menjadi trigger bagi kita untuk tetap bersemangat. Bisnis itu tidak hanya soal modal saja, tapi kesiapan mental itu penting untuk dilatih.

Belajar Promosi Yang Bagus

Dalam bisnis untuk dan rugi adalah hal yang tak bisa dihindarkan. Seorang pengusaha harus siap menerima konsekuensi tersebut. Namun Nyonya Swan membagikan rahasia khususnya agar bisnis terhindar dari skenario terburuk yaitu promosi.

Promosi adalah aspek penting agar bisnis bisa menjangkau orang banyak. Nyoya Kwan juga memberikan tips agar pelaku usaha pintar beradaptasi dan menggunakan platform media sosial untuk menjaring pasar. Kita juga dituntut kreatif memberikan penawaran agar pelanggan puas dengan layanan.

Bernegosiasi dengan pihak lain

Seorang pengusaha harus pintar mengalokasikan anggaran. Seperti untuk sisi marketingnya bisa dialokasikan 3 % hasil dari omzet. Apalagi dimasa Pandemi seperti ini, pengusaha harus pintar memutar otak. Maksimalkan promosi via platform digital.  Misalnya dengan bergabung dalam program kampanye tanggal cantik. Yang biasanya disediakan oleh platform pembayaran digital seperti shopee pay.

Nyonya Kwan juga menuturkan , bisnisnya mengalami kenaikan orderan via aplikasi online di akibatkan masa Pandemi terlebih dengan aturan PPKM yang diputuskan pemerintah. Ia juga menyebabkan berbagai promo menarik seperti diskon buy 1 get 1.

Perluas Koneksi Dengan Orang Lain

Pengusaha yang baik tidak hanya mementingkan profit tapi juga kepuasan pelanggan. Selama membangun Dapur Solo, Nyoya Kwan selalu menganggap pelanggannya sebagai teman. Prinsip ini ia terapkan selama 33 tahun.

Seorang pengusaha dituntut untuk bisa ramah dan bisa memperluas Koneksi Dengan Orang Lain. Menanamkan suasana kekeluargaan yang hangat dan menyapa konsumen dengan senyuman inilah yang jadi rahasia kenapa Dapur Solo bisa mempertahankan pelanggannya.

Ada satu pesan lagi dari Nyonya Kwan, bahwa setiap pekerjaan yang kita lakukan harus dilalui dengan sepenuh hati. Bekerja itu harus dengan passion karena inilah yang pada akhirnya membuat kita berkembang termasuk dalam menjalankan bisnis.

Demikianlah ulasan singkat kami mengenai cara membangun usaha dari nol Ala Founder Dapur Solo yang bisa Anda terapkan di bisnis Anda. Bisnis baru atau lama tidak jauh berbeda. Semoga sukses dan sampai jumpa lagi (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan